Mengenal Jenis Speaker dan Fungsinya, Suara Lebih Nyaman Didengar

Juli

9

0 comments

JETE Indonesia – Hai JETE Lovers! Jika kamu hobi mendengarkan musik atau butuh suara yang keras dan terdengar nyaman, menggunakan speaker adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan. Namun, banyaknya jenis speaker yang tersedia di pasaran sering kali membuat orang kebingungan saat memilihnya. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa jenis dan fungsi speaker yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya! 

Apa Itu Speaker?

jenis speaker
sc: The New York Times

Secara umum, speaker adalah hardware atau perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan suara dari audio perangkat elektronik lain seperti komputer, televisi, smartphone, dan sebagainya. Pada aktivitas sehari-hari, biasanya speaker digunakan untuk penyiaran radio, memutar musik, hingga pengeras suara pada toa masjid. 

Melalui fungsinya, tak heran jika speaker menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki setiap orang. Untuk bisa menghasilkan suara, speaker memiliki berbagai komponen yang terdiri atas Conus, Membran, Kumparan, dan Magnet. Adapun penjelasan setiap komponen yang ada di speaker bisa kamu lihat berikut ini:

  • Conus: Menghasilkan gelombang (bunyi) yang diperoleh dari udara.
  • Membran: Menerima gaya induksi untuk menghasilkan getaran atau suara. 
  • Kumparan: Menyalurkan getaran yang diterima ke conus untuk menghasilkan bunyi. 
  • Magnet: Menghasilkan induksi untuk menghasilkan medan magnet pada speaker.  

Baca juga: 7 Rekomendasi Speaker Mini Terbaik dan Tips Memilihnya

Fungsi Speaker

jenis speaker
sc: Shutterstock

Dalam konteks teknologi, fungsi speaker adalah merubah gelombang listrik dari perangkat yang menghasilkan suara menjadi gelombang getaran yang lebih maksimal. Sederhananya, fungsi speaker adalah mendukung suara yang dikeluarkan semakin maksimal dan nyaman didengarkan. 

Adapun proses output yang dihasilkan oleh speaker dimulai ketika aliran listrik dari penguat suara (amplifier) mengalir ke dalam kumparan speaker. Aliran listrik tersebut menciptakan gaya magnet pada kumparan yang kemudian akan dipengaruhi oleh kuat atau lemahnya arus listrik. 

Selanjutnya, gaya magnet akan menyebabkan kumparan bergerak untuk menggerakan membran speaker. Getaran pada membran inilah yang kemudian menghasilkan gelombang suara yang bisa kamu dengar. 

Dengan kata lain, sinyal listrik dari sumber audio diubah menjadi getaran mekanis yang menghasilkan gelombang suara, sehingga kamu dapat mendengar musik, suara, atau audio lainnya.

Baca Juga: 7 Speaker Terbaik JETE, Ada yang Super Waterproof! 

Jenis Speaker Berdasarkan Frekuensi

Setelah memahami pengertian dan fungsi speaker. Berikut ini adalah beberapa jenis speaker berdasarkan frekuensi yang dihasilkan. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan kualitas suara yang cocok pada setiap speaker yang dipilih.  

1. Woofer

jenis speaker
sc: Liputan6

Jenis speaker yang pertama adalah Woofer. Cocok bagi kamu yang mengutamakan suara dengan bass yang tinggi. Dengan suara rendah mencapai 40 Hz – 100 Hz, speaker ini memiliki suara yang jernih ketika kamu dengarkan. Biasanya speaker woofer juga memiliki ukuran yang tidak terlalu besar berada di kisaran 4-12 inci. 

2. Mid Range

jenis speaker
sc: Audiocom Kenya

Selanjutnya adalah speaker mid range. Dengan frekuensi mencapai 500 Hz – 5000 Hz, speaker ini mampu menghasilkan suara dengan nada tinggi yang optimal. Selain itu, ukuran speaker ini juga sangat kompak karena memiliki ukuran yang cukup kecil berada di kisaran 4-6 inci. 

3. Full Range

jenis speaker
sc: Electro Voice

Ada juga full range yang sering kali ditemui saat konser berlangsung. Speaker ini cukup populer karena suara yang dihasilkan sangat fantastis dan dapat menjangkau nada rendah dan tinggi sekaligus. Adapun frekuensi yang dimiliki speaker ini umumnya adalah 40 Hz – 2 kHz. 

4. Tweeter

jenis speaker
sc: Servonet

Jenis speaker berdasarkan frekuensi yang terakhir adalah tweeter. Dengan frekuensi suara berada di kisaran 3.500 Hz – 20 kHz, speaker ini mampu menghasilkan nada rendah dan tinggi dengan baik. Ukuran pada tweeter speaker juga terbilang kecil karena hanya sebesar 0,5 – 4 inci. 

Baca juga: 7 Cara Memilih Speaker Karaoke yang Tepat & Berkualitas

Jenis Speaker Berdasarkan Lokasi dan Ukuran

Saat memilih speaker, kamu juga bisa mempertimbangkan jenisnya berdasarkan lokasi dan ukuran, karena kedua faktor ini akan sangat mempengaruhi kualitas dan suara yang dihasilkan. Oleh karena itu, berikut ini adalah jenis speaker berdasarkan lokasi dan ukuran yang perlu kamu tahu. 

1. Tower 

jenis speaker
sc: PSB Speaker

Jenis speaker berdasarkan lokasi dan ukuran yang pertama adalah tower speaker. Sesuai namanya, speaker ini ditempatkan berdiri menyerupai tower di lantai atau dinding. Dengan ukuran yang tinggi, biasanya speaker ini digunakan sebagai pelengkap sistem home theater atau speaker TV agar suara semakin maksimal. 

2. Electrostatic Loudspeaker

jenis speaker
sc: Sthereophile

Selanjutnya adalah Electrostatic Loudspeaker atau biasa dikenal speaker panel datar. Untuk bisa menggunakan jenis speaker ini, kamu harus menghubungkannya dengan stop kontak listrik. Selain itu, komponen pada speaker ini terdiri atas satu motor dan membran tipis yang tersebar di dua panel konduktif dan statis. 

3. In-wall and In-celling 

jenis speaker
sc: ADVCON

Ada juga In-wall and In-celling yang biasanya dipasang di langit-langit atau dinding. Tampilan speaker ini juga terbilang lebih canggih dari speaker lainnya karena desain yang tidak bisa dilihat dari luar. Uniknya lagi, meskipun begitu suara yang dihasilkan tetap optimal dan mampu menjangkau area yang luas. 

4. Portable Bluetooth 

jenis speaker
sc: JETE Indonesia

Terakhir adalah Portable Bluetooth. Berbeda dari sebelumnya yang ditempatkan pada lokasi tertentu. Speaker ini bisa kamu bawa kemana saja karena ukurannya yang kecil. Seperti speaker dari JETE yang mudah digunakan karena hanya perlu menyambungkannya dengan bluetooth. Bahkan portable bluetooth speaker juga dilengkapi fitur charger untuk memastikan speaker dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. 

Baca Juga: 7 Cara Merawat Speaker Bluetooth Agar Awet Dipakai 

Jenis Speaker Berdasarkan Konektivitasnya

Ada juga jenis speaker berdasarkan konektivitasnya yang memudahkan kamu untuk menggunakannya secara fleksibel. Jenis speaker pada kategori ini terbagi menjadi dua jenis yang terdiri dari:

1. Wireless Speakers

jenis speaker
sc: JETE Indonesia

Wireless speakers adalah speaker yang paling praktis diantara jenis speaker lain. Hal ini dikarenakan, speaker ini tidak membutuhkan kabel tambahan untuk terhubung dengan audio. Cukup dengan menghubungkannya melalui bluetooth,  RF atau WiFi, kamu bisa menikmati suara dengan mudah. Selain itu, speaker ini juga bisa kamu kontrol melalui aplikasi atau tombol khusus yang terdapat pada speaker. 

2. Wired Speaker

jenis speaker
sc: Justdial

Sementara itu wired speaker adalah jenis speaker yang paling umum ditemui dan membutuhkan kabel untuk bisa menghasilkan suara. Meskipun begitu, speaker ini kompatibel dengan semua jenis perangkat audio, amplifier  dan perangkat multimedia. 

Baca juga: Suara Speaker Pecah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Penutup

04. speaker bluetooth, JETE S8 Series

Gimana JETE Lovers? Itu tadi adalah beberapa jenis speaker yang bisa kamu pilih. Setiap speaker pastinya memiliki fungsinya masing-masing. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Namun, jika kamu ingin mendengarkan suara yang lebih maksimal dengan ukuran yang kompak. Kamu bisa menggunakan speaker mini terbaik dari JETE Indonesia dan berkesempatan untuk mendapatkan promo speaker portable.

Jadi tunggu apalagi? Yuk dapatkan sekarang sebelum kehabisan! Kamu juga bisa membaca informasi dari JETE Lainnya seputar speaker mulai dari cara memilih hingga rekomendasi speaker di  JETE News.

Artikel terkait:

Juli 20, 2024

Juli 19, 2024

Juli 18, 2024

Juli 15, 2024

Juli 13, 2024

Juli 10, 2024

About the author, JETE Contributor