Suara Speaker Pecah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Juni

6

0 comments

JETE IndonesiaSuara speaker pecah tentu membuat kita kadang tidak nyaman saat menikmati musik maupun konten audio favorit. Bahkan, dalam waktu yang lama masalah suara ini bisa saja merembet pada kerusakan lainnya.

Oleh karena itu, penting buat kamu untuk mengetahui penyebab suara speaker pecah dan bagaimana cara mengatasinya dalam artikel kali ini. Apa sajakah? Yuk, simak sampai tuntas, JETE Lovers!

Penyebab Suara Speaker Pecah

sc: City Magazine

Ada penyebab umum mengapa suara speaker pecah. Baik itu karena faktor internal maupun faktor eksternal karena kelalaian pengguna:

"JETE Special Offer" dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

  1. Memutar musik atau audio dengan suara terlalu tinggi. Apabila memutar dengan volume tinggi ini akan memaksa speaker untuk bekerja lebih di atas kemampuannya. Sehingga, dapat memicu distorsi dan suara pecah bahkan kerusakan pada komponen di dalamnya.
  2. Selain suara, ternyata sinyal yang overload dan terlalu kuat bisa menghasilkan distorsi suara yang cukup esktrem dan suara menjadi terpecah.
  3. Begitu juga saat memutar speaker dalam frekuensi yang rendah akan menyebabkan distorsi. Beberapa speaker tidak dirancang untuk memainkan frekuensi rendah yang sangat dalam atau berlebihan.
  4. Sumber penyebab suara speaker pecah bisa juga karena kualitas audio yang diputar buruk. seperti file audio dengan bitrate rendah atau kualitas rekaman yang jelek, dapat menyebabkan suara yang tidak maksimal bahkan cenderung pecah saat didengarkan karena buruknya kualitas audio.
  5. Terjadi kerusakan internal pada komponen speaker. Beberapa yang sering terjadi adalah pada bagian cone speaker, voice coil, atau surround. Jika salah satu komponen ini rusak, itu dapat menyebabkan distorsi atau bahkan pecahnya suara yang dihasilkan.
  6. Faktor eksternal dari pengguna. Ini memang bisa saja karena kelalaian pengguna. Sebagai contoh, meletakkan speaker di tempat terbuka dan membuatnya terjatuh. Sehingga, beberapa bagian terbentur dan berpengaruh pada output audio yang dihasilkan menjadi terpecah.

Baca juga: 7 Cara Merawat Speaker Bluetooth Agar Awet Dipakai 

Cara Mengatasi Suara Speaker Pecah

keuntungan memiliki home theater
sc: wsdg.com

Suara speaker pecah sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Dengan catatan, kerusakannya tidak begitu parah. Baik pada kerusakan di bagian luar maupun dalamnya. Berikut cara mengatasi suara speaker pecah yang dapat dilakukan:

  1. Periksa volume suara speaker yang kamu gunakan. Sebaiknya, hindari memasang suara terlalu tinggi dan gunakan volume suara yang wajar. Sebab, jika suara terlalu tinggi akan menyebabkan suara pecah dan daun speaker menjadi jebol atau robek.
  2. Jika kamu menggunakan speaker Bluetooth, pastikan jaraknya aman dan tidak ada penghalang. Jarak yang terlalu jauh atau penghalang dapat mengurangi kualitas sinyal Bluetooth dan menyebabkan suara pecah.
  3. Beberapa speaker dilengkapi dengan perangkat lunak tertentu atau firmware. Jika suara speaker pecah dan tidak ada kerusakan fisik, bisa jadi ini karena perangkat lunak ini belum diperbarui. Sehingga menyebabkan bug, maka dari itu cek pada panduan manual untuk melakukan pembaruan secara berkala.
  4. Lakukan reset dengan pada sepaker. Prosedur reset dapat berbeda-beda tergantung pada merek dan model speaker yang digunakan. Resetting dapat membantu memulihkan pengaturan default dan menghilangkan masalah yang mungkin memengaruhi kualitas suara.
  5. Tidak hanya volume, pengaturan equalizer juga perlu kamu perhatikan. Baik speaker biasa maupun speaker Bluetooth dilengkapi dengan pengaturan equalizer yang memungkinkan pengguna mengubah karakteristik suara. Pastikan pengaturan equalizer pada perangkat yang terhubung tidak menyebabkan distorsi atau suara pecah. Coba atur ulang atau sesuaikan pengaturan equalizer jika diperlukan.
  6. Cek kompatibilitas pada perangkat tambahan yang digunakan. Terkadang, perangkat yang tidak kompatibvel bisa menyebabkan kualitas suara buruk dan pecah. Periksa spesifikasi perangkat untuk memastikan kompatibilitas yang sesuai.

Baca juga: Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air, Ikuti 5 Langkah Ini!

Penutup

sc: JETE Indonesia

Kini, kamu sudah tahu bukan mengapa suara speaker pecah dan cara mengatasinya? Selain hal di atas, perlu juga diperhatikan kualitas perangkat audio atau speaker yang kamu gunakan. Agar lebih awet dan tidak mudah rusak, pilihlah perangkat speaker terbaik dan terpercaya.

Salah satunya adalah memilih speaker Bluetooth dan perangkat audio terbaik dari JETE Indonesia. Kamu bisa mendapatkannya di official store yang ada di berbagai kota di Indonesia. Atau membelinya di marketplace. Selain barang berkualitas dan garansi, kamu juga berkesempatan mendapatkan banyak promo menarik di waktu tertentu.

Artikel terkait:

Juni 7, 2023

Juni 6, 2023

Juni 2, 2023

Mei 17, 2023

November 10, 2022

Oktober 17, 2022

About the author, Irfantoni Listiyawan

"JETE Special Offer" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb