7 Cara Merawat Speaker Bluetooth Agar Awet Dipakai 

01. speaker bluetooth, JETE S7 series

JETE Indonesia – Mendengarkan musik maupun menonton film menggunakan speaker dinilai lebih seru dan menghasilkan audio yang optimal. Terlebih saat ini bermunculan speaker dengan fitur bluetooth dan spesifikasi lainnya yang canggih. Salah satu model speaker yang populer adalah speaker bluetooth. Selain mudah digunakan, perangkat ini butuh dirawat dengan baik supaya tetap tahan lama. Kira-kira, bagaimana cara merawat speaker bluetooth agar awet saat dipakai? Berikut ulasannya!

7 Tips Merawat Speaker Bluetooth

03. speaker bluetooth, JETE S8 Series

Penggunaan speaker memang berguna untuk banyak hal, misalnya untuk keperluan memutar lagu, menonton film, karaoke, dan lain sebagainya. Supaya speaker tahan lama dan tidak rusak, Anda dapat melakukan hal-hal berikut: 

Baca juga: “Hindari Masalah Penggunaan Speaker Bluetooth Ini Agar Tak Cepat Rusak”

1. Rajin Dibersihkan

02. speaker bluetooth, JETE S8 Series

Pastikan partikel debu dan kotoran yang menempel dibersihkan secara rutin. Ini menjadi langkah awal untuk melakukan perawatan pada perangkat speaker. Jika tidak dibersihkan, speaker mudah rusak karena kotoran dan debu menyumbat saringan suara di dalamnya. Bagaimana cara membersihkannya? Anda bisa gunakan kain mikrofiber halus supaya tidak merusak komponen pada perangkat. Setelah itu, keringkan speaker sebelum digunakan.

2. Hindari Terkena Cairan

Hindari perangkat terkena dari cairan, seperti air minum dan bekas tumpahan yang sifatnya cair. Sebab, cairan yang menimpa speaker dapat menimbulkan risiko kerusakan. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan speaker dipakai dan diletakkan di area yang aman. 

Baca juga: “JETE S7 Series – Speaker Bluetooth dengan Banyak Fitur Canggih”

3. Merapikan Kabel

speaker bluetooth

Selain cara di atas, cara merawat speaker bluetooth selanjutnya adalah merapikan tata letak kabel speaker. Pastikan kabel yang terhubung pada speaker (misalnya saat diisi daya) diletakkan secara rapi. Jika tidak, meletakkan kabel secara tidak beraturan dapat berisiko merusak kabel. Itulah sebabnya, sebagian orang lebih memilih speaker wireless karena dinilai lebih rapi dan ringkas. 

4. Jauhkan dari Paparan Sinar Matahari

Terkena paparan sinar matahari secara langsung berisiko menurunkan kualitas audio pada speaker. Hindari meletakkan speaker di tempat yang terlalu terik dalam waktu yang lama. Selain itu, pastikan baterai terisi dengan cukup dan jangan terlalu sering mengoperasikan speaker sembari mengisi daya. 

5. Hindari Tempat yang Lembab

speaker bluetooth 2

Tempat lembab berisiko tinggi menurunkan dan merusak kualitas audio pada speaker. Saat meletakkan speaker di tempat yang lembab, gunakan lapisan maupun alas untuk speaker. Namun, saat ini juga tersedia speaker bluetooth yang tahan air. Salah satunya adalah speaker bluetooth JETE S3 dengan fitur tahan air IPX7. Artinya, speaker tersebut mampu bertahan di dalam air hingga 1 meter selama 30 menit. Anda berminat membeli speaker JETE S3? Silahkan melakukan pemesanan di sini. 

Baca juga: “IPX7: Fitur Anti Air Terbaik Speaker Bluetooth JETE S3”

6. Tidak Melepas Kabel

Memang betul speaker wireless memudahkan penggunanya untuk tidak menggunakan kabel. Namun, bukan berarti Anda tidak memperhatikan penggunaan kabel saat mengisi daya (charging). Jangan sampai tidak melepas kabel saat mengisi daya baterai pada speaker. Selain menurunkan kualitas audio, hal tersebut juga dianggap boros untuk penggunaan listrik. 

7. Perhatikan Pengisian Daya

03. speaker bluetooth, Cara merawat speaker bluetooth selanjutnya adalah mengisi daya baterai secara tepat.

Cara merawat speaker bluetooth selanjutnya adalah mengisi daya baterai secara tepat. Hal-hal yang perlu diperhatikan di antara lain sebagai berikut:

  • Perhatikan daya baterai, setidaknya isi baterai saat tersisa 10% daya.
  • Matikan speaker bluetooth saat di-charging, lebih baik dimatikan saja saat pengisian daya. 
  • Menggunakan micro USB saat pengisian daya baterai.
  • Jangan mengisi baterai terlalu lama. 

Baca juga: “Speaker Bluetooth JETE S8 Series: Desain Klasik, Suara Anti Berisik”

Itulah informasi tentang cara merawat speaker bluetooth dengan mudah. Perawatan tersebut diharapkan dapat membuat speaker menjadi lebih tahan lama. Di samping itu, pilihlah speaker bluetooth berkualitas tahan lama yang bisa Anda dapatkan di JETE Indonesia. Terdapat berbagai pilihan speaker original dengan kualitas audio yang mumpuni dan bisa Anda beli di sini. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan menghubungi Doran Gadget maupun Instagram JETE Indonesia.

× Whatsapp