7 Rekomendasi AI untuk Pelajar dan Mahasiswa Terbaik, Wajib Tahu!

Januari

15

0 comments

JETE IndonesiaDalam menempuh pendidikan kamu pasti nggak bisa jauh dengan tugas. Bahkan, banyak dari kita sering merasa jengkel dengan adanya tugas yang terus datang. Namun, kamu tidak usah khawatir lagi karena sekarang ada AI untuk pelajar dan mahasiswa yang bisa kamu coba. Dengan begitu kamu bisa terbantu dalam mengerjakan tugasmu. Yuk simak selengkapnya di artikel berikut!

Rekomendasi AI untuk Pelajar dan Mahasiswa

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi AI untuk pelajar dan mahasiswa yang bisa membantu kamu dalam mengerjakan semua tugas sekolah maupun kampus. Perlu diingat juga ya, setiap AI memiliki fungsinya masing-masing. Jadi kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

1. ChatGPT

AI untuk Pelajar dan Mahasiswa
sc: wich.co.uk

Siapa yang tidak kenal dengan AI satu ini? ChatGPT sempat viral karena fungsi yang diberikan sangat membantu pekerjaan apapun, baik itu sekolah maupun bekerja. Kamu bisa menggunakan ChatGPT ini sebagai asisten pribadi untuk mengajukan pertanyaan, meminta saran, atau bantuan dengan tugas akademik yang kamu miliki.

Cara menggunakan ChatGPT juga sederhana. Kamu bisa mengunjungi situs OpenAI.com dan lakukan pendafaran menggunakan akun email yang kamu miliki. Jika sudah sukses terdaftar, kamu bisa langsung memulai dengan mengajukan pertanyaan melalui kolom percakapan.

Baca juga: 7 Rekomendasi AI Pembuat Gambar Terbaik yang Wajib Dicoba!

2. Google Bard 

AI untuk Pelajar dan Mahasiswa
sc: The Keyword

Hampir sama dengan ChatGPT, Google Bard adalah AI chat bot yang dibuat oleh Google untuk menjawab semua masalah yang sering dialami oleh banyak orang, terutama pelajar dan mahasiswa. Dengan AI ini kamu bisa bertanya apa saja dan secara otomatis akan memberikanmu jawabannya.

Untuk caranya juga mudah. Kamu hanya perlu mengetik teks yang ingin kamu tanyakan di kolom percakapan lalu klik enter. Secara otomatis kamu akan memeroleh jawaban yang kamu inginkan dengan ringkasan lengkap.

3. Slidesgo

AI untuk Pelajar dan Mahasiswa
sc: Slidesgo

AI untuk pelajar dan mahasiswa selanjutnya adalah Slidesgo. AI ini sangat membantu kamu jika tugas kamu kebanyakan soal presentasi. Slidesgo merupakan AI yang bisa membantu pelajar dan mahasiswa untuk menyusun slide presentasi. Dengan begitu kamu akan memiliki slide presentasi yang memiliki gaya desain visual menarik.

Untuk menggunakannya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengaksesnya melalui situs Slidego. Setelah masuk, kamu bisa langsung menuliskan poin-poin utama presentasimu. Di tools ini, kamu juga bisa mengatur tampilan presentasi agar terlihat lebih menarik dan profesional.

4. Resume.io

AI untuk Pelajar dan Mahasiswa
Sc: Reddit

Jika kamu sering mendaftar kegiatan kampus atau bagi kamu yang freshgraduate. Resume.io bisa menjadi solusi bagi kamu untuk membuat resume yang profesional. Selain itu AI ini juga sudah menyediakan banyak template resume yang bisa langsung kamu sesuaikan dengan pengalaman yang kamu miliki.

Untuk bisa mengaksesnya, kamu bisa mengunjungi situs web https://www.resume.io/ dan lakukan pendaftaran akun. Setelah berhasil masuk kamu bisa memilih berbagai template resume yang disediakan. Jika sudah, kamu bisa langsung mengisi informasi pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email dengan akurat dan profesional.

Baca juga: 7 AI Matematika yang Memudahkan Kamu Menghitung Rumus

5. FireFiles.id

AI untuk Pelajar dan Mahasiswa
Sc: FireFiles.ai

AI rekomendasi selanjutnya adalah firefiles.id. AI ini akan sangat membantu kamu jika sistem belajar kamu dilakukan secara daring atau online. Fireflies.id merupakan tools yang dapat memudahkan kamu untuk membuat notulensi meeting baik dari zoom dan Google Meet. Selain itu, AI ini juga sangat cocok kamu gunakan jika kamu sering mengikuti webinar online.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengundang Fireflies.id ke meeting yang ada di kalender. Jika sudah, Fireflies.id akan otomatis merekam video dan audio untuk mengeluarkan hasil notulensinya.

6. Gramarly

AI untuk Pelajar dan Mahasiswa
sc: PCOM Library

Sesuai dengan namanya, AI ini adalah tools yang bisa kamu gunakan untuk mengoreksi teks grammar seperti mengoreksi dan membuat parafrasa, memperbaiki tata bahasa, hingga memeriksa plagiarisme. AI ini cocok buat kamu yang sering bertemu dengan tugas bahasa inggris.

Dengan menggunakan AI ini, kamu bisa dengan mudah meningkatkan kualitas tulisan bahasa Inggris kamu. Untuk mengoreksi teks grammar, cukup salin dan tempel teks kamu ke dalam AI dan secara otomatis sistem akan mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan grammar yang mungkin terjadi.

7. Canva

AI untuk Pelajar dan Mahasiswa
sc: The Research Online

AI untuk pelajar dan mahasiswa yang terakhir adalah Canva. Mungkin kamu sudah tidak terdengar asing lagi dengan tools satu ini. Canva merupakan platform desain grafis yang didukung oleh kecerdasan buatan. Kamu bisa menggunakan Canva untuk membuat poster, presentasi, atau materi visual lainnya.

Cara menggunakan Canva sendiri bisa kamu lakukan dengan mudah di laptop maupun handphone. Bahkan Canva juga bisa kamu akses secara online melalui situs resminya di canva.com.

Baca juga: 7 Rekomendasi Ai untuk Edit Foto Pilihan yang Harus Kamu coba

Penutup

Itulah deretan rekomendasi AI untuk pelajar dan mahasiswa yang bisa kamu coba untuk memudahkan kamu dalam mengerjakan tugas sekaligus jadi asisten pribadi. Kamu juga bisa menggunakan AI di atas sesuai kebutuhan masing-masing karena setiap AI memiliki fungsinya yang berbeda.

Jangan lupa juga gunakan berbagai produk dari JETE seperti mouse, keyboard, hingga mouse pad untuk memudahkan kamu dalam mengerjakan tugas menggunakan AI. Kamu bisa mendapatkan semua produk JETE di sini! Untuk promo produk yang berlaku, follow Instagram JETE Indonesia di HP-mu sekarang juga. Selamat mencoba!

Penulis: Rifky Al-Hafids
Editor: Irfantoni Listiyawan

Artikel terkait:

Februari 21, 2024

Februari 20, 2024

Februari 16, 2024

Februari 3, 2024

Februari 3, 2024

Januari 31, 2024

About the author, JETE Contributor