Kupas Tuntas Teknologi Speaker, Cara Kerja Hingga Rekomendasinya!

Juli

10

0 comments

JETE IndonesiaDi era digital saat ini, suara telah menjadi elemen penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Musik, film, game, dan podcast hanyalah beberapa contoh bagaimana suara dapat mengisi dan memperkaya keseharian kita. Untuk menghasilkan suara yang jernih dan memukau, dibutuhkan perangkat yang handal, yaitu speaker. Speaker yang berkualitas tidak hanya meningkatkan pengalaman mendengarkan, tetapi juga memastikan setiap detail suara terdengar dengan jelas dan sempurna.

Namun, tahukah kamu bagaimana cara kerja speaker? Apa saja komponen yang membuatnya mampu mengubah sinyal listrik menjadi gelombang suara? Artikel ini akan mengupas tuntas dunia speaker, mulai dari cara kerjanya, komponen-komponen penyusunnya, hingga rekomendasi speaker yang tepat untuk kebutuhanmu.

Cara Kerja Speaker

cara kerja speaker

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Sc: Premier Guitar

Speaker, atau yang sering disebut dengan loudspeaker, merupakan perangkat transduser yang berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi akustik. Dengan kata lain, speaker mengubah sinyal listrik menjadi gelombang suara yang dapat kita dengar. Proses ini melibatkan berbagai komponen internal yang bekerja secara sinergis untuk menghasilkan suara yang jernih dan berkualitas. Proses konversi ini melibatkan beberapa komponen utama:

1. Kerucut (Cone)

Bagian berbentuk kerucut dari speaker yang terbuat dari bahan ringan dan kaku, seperti kertas, plastik, atau logam. Kerucut ini berperan penting dalam menghasilkan suara. Ketika sinyal listrik dikirim ke speaker, kerucut ini akan bergetar, dan getaran inilah yang menghasilkan gelombang suara. Desain kerucut yang tepat memastikan suara yang dihasilkan jernih dan presisi

2. Kumparan Suara (Voice Coil)

Komponen yang terbuat dari kawat tembaga yang dililitkan pada former, sebuah struktur silindris. Kumparan ini terletak di dalam celah magnet permanen. Ketika arus listrik mengalir melalui kumparan, medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan ini akan berinteraksi dengan medan magnet dari magnet permanen. Interaksi ini menyebabkan kumparan, dan akhirnya kerucut, bergerak bolak-balik, menghasilkan suara.

3. Magnet Permanen

Komponen yang menghasilkan medan magnet statis dalam speaker. Magnet ini biasanya terbuat dari bahan seperti ferrite atau neodymium. Medan magnet yang dihasilkan oleh magnet permanen ini berinteraksi dengan medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan suara ketika arus listrik mengalir melaluinya, memungkinkan gerakan kumparan dan kerucut, yang akhirnya menghasilkan gelombang suara.

4. Suspensi (Suspension)

Komponen yang menahan kerucut dan memastikan bahwa kerucut dapat bergerak bolak-balik dengan stabil dan terkontrol. Suspensi biasanya terdiri dari surround, yang mengelilingi kerucut, dan spider, yang terletak di dekat kumparan suara. Kedua bagian ini bekerja bersama untuk menjaga keseimbangan kerucut dan memastikan bahwa gerakannya tetap linier dan tidak terganggu.

5. Kerangka (Frame)

Kerangka speaker adalah bagian yang menahan semua komponen speaker dan memberikan struktur yang kokoh. Kerangka ini biasanya terbuat dari bahan yang kuat seperti logam atau plastik yang tahan lama. Fungsi utama kerangka adalah untuk menjaga semua komponen dalam posisi yang benar dan memastikan bahwa speaker dapat beroperasi dengan optimal. Kerangka yang baik juga membantu mengurangi resonansi yang tidak diinginkan, yang bisa mempengaruhi kualitas suara.

Baca juga: 7 Cara Memilih Speaker Karaoke yang Tepat & Berkualitas

Komponen Pendukung untuk Kualitas Suara Maksimal

cara kerja speaker

Sc: Freepik

Selain komponen utama yang disebutkan di atas, speaker juga memiliki beberapa komponen pendukung lainnya yang berperan penting dalam menghasilkan kualitas suara yang optimal, antara lain:

  1. Crossover: Membagi sinyal audio menjadi beberapa rentang frekuensi yang berbeda dan mengarahkannya ke driver yang sesuai.
  2. Tweeter: Menghasilkan suara frekuensi tinggi.
  3. Mid-range driver: Menghasilkan suara frekuensi menengah.
  4. Woofer: Menghasilkan suara frekuensi rendah.
  5. Port: Meningkatkan respon frekuensi rendah speaker.
  6. Enclosure: Ruangan yang menampung semua komponen speaker dan membantu mengontrol penyebaran suara.

Baca juga: Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum Membeli Speaker Bluetooth Terbaik

Rekomendasi Speaker JETE untuk Pengalaman Audio yang Menakjubkan

cara kerja speaker

Sc: JETE

Bagi kamu yang gemar bernyanyi dan ingin merasakan sensasi karaoke layaknya di studio profesional, JETE menghadirkan dua pilihan speaker berkualitas tinggi yang akan mengubah ruang tamu kamu menjadi panggung pribadi.

JETE SB1: Soundbar ramping ini bukan hanya tentang desain elegannya. Subwoofer internal yang bertenaga menghasilkan suara bass yang menggelegar, memastikan suara kamu terdengar jernih dan bertenaga di setiap lagu. Sempurna untuk ruang yang lebih kecil, JETE SB 1 tetap menghadirkan pengalaman karaoke yang imersif.

JETE SB2: Sistem speaker 2.1 ini adalah pilihan tepat bagi kamu yang menginginkan dentuman suara lebih besar. Dua speaker satelit dan subwoofer terpisah menghasilkan audio yang kaya dan dinamis, menciptakan atmosfer karaoke yang memukau. Desain minimalisnya juga akan menambah sentuhan modern pada ruang karaoke kamu.

Keduanya dilengkapi fitur-fitur unggulan untuk karaoke seperti:

  1. Konektivitas Bluetooth: Sambungkan perangkat kamu dengan mudah dan putar lagu-lagu karaoke favorit kamu tanpa ribet.
  2. AUX Input: Cocok untuk menghubungkan mikrofon atau perangkat karaoke lainnya.
  3. Remote Control: Kendalikan volume dan efek suara dengan praktis saat kamu asyik bernyanyi.
  4. Desain Stylish: Tampilan modern yang akan melengkapi dekorasi ruang karaoke.

Dengan JETE SB1 dan JETE SB2, setiap sesi karaoke akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Kedua speaker ini tidak hanya menawarkan kualitas suara yang luar biasa tetapi juga menghadirkan desain yang elegan dan fitur-fitur praktis untuk kenyamanan penggunaan sehari-hari.

Baca juga: 7 Speaker Terbaik JETE, Ada yang Super Waterproof!

Penutup

speaker karaoke

Dalam dunia hiburan digital, karaoke telah menjadi aktivitas favorit banyak orang. Jika kamu mencari speaker yang mampu menghidupkan suasana karaoke di rumah, JETE SB1 dan JETE SB2 adalah pilihan yang tepat. Tidak perlu ragu untuk memilih JETE SB1 atau JETE SB2, karena 2 speaker ini merupakan speaker karaoke terbaik  dan JETE menawarkan promo speaker karaoke yang sayang jika kamu lewatkan! Dengan JETE, setiap momen mendengarkan menjadi lebih istimewa.

Artikel terkait:

Juli 20, 2024

Juli 19, 2024

Juli 18, 2024

Juli 13, 2024

Juli 10, 2024

Juli 9, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb