7 Fungsi Mode Pesawat di HP yang Harus Kamu Tahu

Agustus

9

0 comments

JETE IndonesiaSemua smartphone saat ini dibekali dengan berbagai mode pengaktifan. Salah satunya adalah mode pesawat untuk menonkatifkan jaringan di ponsel selama beberapa saat dan bersifat sementara. Lalu, apa saja fungsi mode pesawat di HP ini? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel kali ini sampai tuntas, JETE Lovers!

Apa Itu Mode Pesawat?

fungsi mode pesawat
sc: Slash Gear

Mode pesawat pada smartphone adalah pengaturan yang mematikan semua fungsi komunikasi nirkabel pada perangkat atau smartphone. Saat mode pesawat diaktifkan, perangkat akan secara otomatis memutuskan semua koneksi nirkabel seperti jaringan seluler (GSM/3G/4G/5G), Wi-Fi, dan Bluetooth.

Ini berarti kamu tidak dapat melakukan panggilan telepon, mengirim atau menerima pesan teks, menjelajah internet melalui jaringan seluler, atau menggunakan fitur nirkabel lainnya selama mode pesawat aktif.

Baca juga: 5 Tips Melindungi HP dari Cuaca Panas yang Bisa Anda Coba!

Fungsi Mode Pesawat

Ada beberapa fungsi yang bisa dirasakan saat mengaktifkan mode pesawat di HP ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menghemat Baterai Perangkat

sc: Pond5

Manfaat yang pertama dan bisa dirasakan secara langsung adalah menghemat daya baterai pada HP. Perlu diketahui, aktivitas seperti mencari sinyal jaringan seluler maupun WiFi dapat menguras daya baterai. Bahkan, jika smartphone bekerja lebih berat, maka semakin cepat pula daya baterai terkuras. Maka dari itu, mengaktifkan mode pesawat dapat mengurangi beban kerja HP, sehingga baterai lebih awet.

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Baterai HP Bocor

2. Pengisian Daya Baterai Lebih Cepat

Selanjutnya, berfungsi juga pada saat melakukan pengisian daya baterai HP. Ketika kamu mengaktifkan mode normal, itu artinya daya pengisian baterai tidak maksimal. Sebab, daya yang masuk tadi akan dibagi lagi untuk kerja sistem operasi maupun aplikasi. Saat kamu berada dalam kondisi mendesak, tidak ada salahnya mengaktifkan mode pesawat agar pengiisian daya baterai ini lebih cepat dan terpusat. Sehingga, baterai bisa segera terisi kembali.

3. Fungsi Mode Pesawat – Keselamatan Penerbangan

fungsi mode pesawat (2)
sc: CNN

Seperti namanya, fungsi mode pesawat yang ketiga memberikan banyak manfaat bagi penerbangan. Tujuannya adalah tindakan pencegahan untuk menghindari interferensi dengan peralatan navigasi pesawat. Meskipun teknologi saat ini memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengatasi interferensi, tetap direkomendasikan untuk mengaktifkan mode pesawat selama penerbangan.

Baca juga: Ketentuan Powerbank yang Boleh Dibawa ke Pesawat

4. Menstabilkan Sinyal yang Buruk

Sinyal yang buruk menjadi masalah tersendiri bagi siapa saja. Terkadang masalah sinyal ini bisa jadi karena masalah pada HP-mu. Oleh karena itu, untuk menstabilkan kembali sinyal salah satu caranya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Secara otomatis, semua sinyal pun akan mati. Kemudian, nonaktifkan mode pesawat tersebut agar HP mencari sinyal baru dan bisa lebih kuat dari sebelumnya.

5. Menghindari Gangguan

sc: Fimela

Saat berada di situasi sosial atau acara penting, mengaktifkan mode pesawat membantu dalam menghindari gangguan dari panggilan telepon, pesan, atau notifikasi yang tidak diinginkan. Fungsi mode pesawat ini juga dapat membantu menjaga privasi Anda dengan memutuskan semua koneksi nirkabel. Ini dapat mencegah penyadapan atau akses secara ilegal ke perangkat.

Baca juga: Catat, Ini Jarak Aman Meletakkan HP Saat Tidur!

6. Menikmati Konten dan Game Tanpa Iklan

Mungkin sebagian besar dari kamu pernah merasa terganggu ketika main game atau menikmati konten ada iklan yang muncul? Solusi yang bisa dilakukan untuk menghindari hal itu salah satunya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Terutama untuk game yang dimainkan secara offline atau tidak memerlukan jaringan internet.

7. Mencegah Penggunaan Data yang Tidak Disengaja

HP murah ram besar, Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone (1)
sc: JETE Indonesia

Manfaat terakhir yang bisa didapatkan adalah mencegah penggunaan data yang tidak disengaja. Perlu diketahui, di beberapa negara, tarif data internasional bisa sangat mahal. Mengaktifkan mode pesawat saat bepergian ke luar negeri dapat membantu mencegah penggunaan data yang tidak disengaja dan mengurangi biaya yang tidak sedikit.

Baca juga: 5 Cara Melindungi Data Pribadi Saat Transaksi Online

Penutup

Nah, kini kamu sudah tahu bukan JETE Lovers apa saja fungsi mode pesawat saat diaktifkan? Oleh karena itu, gunakanlah smartphonemu secara bijak. Apalagi saat kamu sedang bepergian menggunakan moda transportasi pesawat terbang. Pastikan mode ini aktif untuk menjaga kenyamanan dan keamanan selama penerbangan.

Untuk mendukung kenyamanan dan keamanan tersebut, seperti mendengarkan musik secara offline, kamu bisa gunakan aksesoris gadget terbaik dari JETE Indonesia. Mulai dari headset, openear, dan TWS. Dapatkan produk-produk tersebut di official store JETE Indonesia maupun marketplace. Termasuk menikmati semua promo yang ada di waktu tertentu. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Agustus 30, 2023

Agustus 9, 2023

Juli 31, 2023

Juli 27, 2023

Juli 21, 2023

Juli 11, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp