Ketentuan Powerbank yang Boleh Dibawa ke Pesawat

Juli

3

1 comments

JETE IndonesiaPowerbank merupakan benda paling penting saat ini untuk menjaga daya baterai tetap prima digunakan di smartphone dan gadget lainnya. Perangkat pengisian daya ini dinilai lebih praktis dan bisa dibawa ke mana saja. Namun, jika Anda naik pesawat pahami dulu ketentuan powerbank yang bisa dibawa agar aman dan nyaman selama perjalanan dan tidak melanggar peraturan. Khususnya Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan nomor 15 tahun 2018.

Ketentuan Powerbank di Pesawat

powerbank-terbaik-3

Berikut ketentuan powerbank yang bisa dibawa ke pesawat yang perlu Anda ketahui:

1. Berapa Besaran Kapasitas mAh-nya?

Ketentuan pertama yang harus diperhatikan di sini adalah mengenai besaran kapasitasnya. Besaran kapasitas yang bisa dibawa ke pesawat adalah dari 100-600 Wh. Atau dengan kata lain biasanya yang memiliki daya 3,6 volt. Jadi, yang bisa Anda bawa di pesawat adalah di bawah 44 ribu mAh. Namun, biasanya beberapa maskapai menerapkan peraturan kapasitas yang boleh dibawa ke pesawat hanya berkapasitas 27-28 ribu mAh.

2. Tunjukkan Powerbank Ketika Pemeriksaan

Saat akan memasuki kabin, biasanya petugas akan memeriksa seluruh barang bawaan penumpang. Pemeriksaan biasanya dilakukan di checkpoint yang telah ditentukan. Pada saat pemeriksaan ini sebaiknya Anda keluarkan perangkat pengisian daya yang akan dibawa. Dengan begitu, petugas pun akan melihat apakah layak untuk dibawa atau tidak. Tujuan pemeriksaan ini tidak lain untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

3. Tidak Lebih dari 160 Wh dan Jumlah yang Boleh Dibawa

Selain kapasitas mAh, yang harus Anda perhatikan adalah daya perjam atau watt-hour (Wh). Powerbank yang diizinkan dibawa di pesawat setidaknya lebih dari 100 Wh namun tidak melebihi 160 Wh, namun ini haruslah mendapatkan izin dari pihak maskapai. Jika lebih dari itu, tidak diperbolehkan. Selain itu, jumlah maksimal yang bisa dibawa dengan ukuran daya perjam ini hanyalah dua unit saja.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Kapasitas Powerbank yang Sebenarnya?

4. Peraturan di Maskapai Luar Negeri

Lalu, bagaimana peraturan membawa perangkat ini saat naik pesawat maskapai luar negeri? Sebenarnya, peraturannya tidak jauh berbeda dengan maskapai dalam negeri. Hanya saja ada perbedaan di beberapa segi. Aturan tersebut di antaranya adalah:

  • Daya maksimalnya tidak boleh lebih dari 27-28 ribu mAh
  • Jumlah yang diperbolehkan dibawa selama penerbangan sebanyak dua unit saja.
  • Powerbank harus disimpan di bagasi kabin dan bukan disimpan pada bagasi yang tercatat.

Namun, biasanya maskapai penerbangan luar negeri memiliki peraturan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencari informasi lebih lanjut melalui maskapai yang akan dipilih nantinya.

Penutup

01.powerbank

Itulah beberapa ketentuan yang perlu Anda perhatikan saat membawa powerbank di dalam pesawat. Selain hal di atas, Anda juga tidak diperkenankan menggunakannya untuk mengisi daya perangkat selama perjalanan. Hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Kualitas powerbank juga menentukan saat dibawa ke pesawat. Oleh karena itu, selalu pilih dan gunakan powerbank terbaik yang aman. Salah satunya adalah produk powerbank dari JETE yang telah memenuhi standar kelayakan mutu. Bahkan bisa Anda bawa di pesawat karena sudah memenuhi ketentuan yang ada. Jika Anda tertarik membeli produk powerbank dari JETE, bisa mendapatkannya di Doran Gadget. Untuk informasi lebih lanjut bisa join di channel Telegram Doran Gadget di smartphone Anda.

Artikel terkait:

Juli 4, 2022

Juli 4, 2022

Juni 27, 2022

Mei 28, 2022

April 18, 2022

Maret 9, 2022

About the author, JETE Indonesia