Catat, Ini Jarak Aman Meletakkan HP Saat Tidur!

Mei

22

1 comments

JETE IndonesiaSmartphone atau HP jadi bagian penting dalam aktivitas seseorang di era digital. Mulai saat kita bangun tidur sampai akan tidur kembali untuk istirahat, kita selalu menggunakannya. Tentu, hal tersebut akan berdampak pada kesehatan dalam waktu lama.

Apalagi jika smartphone terlalu dekat dengan tubuh ketika beristirahat. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan jarak aman meletakkan HP saat tidur yang kami ulas dalam artikel kali ini JETE Lovers.

Bahaya Meletakkan HP Terlalu Dekat Saat Tidur

Charger hp 3

Melansir dari laman Times of India, smartphone memiliki pancaran radiasi yang berdampak pada kesehatan seseorang. Berbagai masalah kesehatan yang mungkin dialami seseorang apabila terdampak bahaya radiasi ponsel ini bermacam-macam. Mulai dari sakit kepala, nyeri pada bagian otot tertentu, bahkan disebut-sebut radiasi ini bisa menyebabkan masalah kerusakan pada otak.

Sebab, transmisi pada smartphone berada pada kisaran 900 MHz. Hal itu akan merusak fungsi dan sistem tubuh. Para ahli kesehatan pun menyebutkan jika bermain HP saat sebelum tidur dapat memberikan dampak buruk. Di antaranya adalah menurunkan paparan hormon. Inilah yang membuat seseorang tidak mudah terlelap dan jangka panjangnya adalah mengalami gangguan tidur atau insomnia maupun kurang tidur.

Di sisi lain, akibat paparan radiasi bisa menyebabkan cairan tubuh cepat kering. Misalnya saja pada cairan di mata, rongga perut, hingga persendian. Dampak kesehatan yang diakibatkan minimnya jarak aman meletakkan HP saat tidur memang tidak bisa terlihat langsung. Namun, hal itu akan terasa dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: 3 Bahaya Terlalu Dekat dengan Smartphone saat Tidur

Jarak Aman Meletakkan HP Saat Tidur

Lantas, berapa meter jarak aman meletakkan HP saat tidur? Hal itu memang belum ada aturan baku mengenai jarak amannya. Meski begitu, kita dapat mengira-ngira agar lebih aman dan nyaman. Idealnya, Anda perlu meletakkan HP atau smartphone dengan tempat yang agak jauh dan terpisah. Sebagai contoh di meja yang ada di dekat tempat tidur maupun lainnya.

Para ahli kesehatan juga menyarankan jarak ideal jika terpaksa harus meletakkan HP di kasur paling tidak adalah satu meter dengan tubuh kita. Dengan catatan, Anda tidak mengaktifkan aplikasi tertentu yang bisa menyebabkan kita terganggu saat tidur. Sebab, notifikasi yang muncul terkadang membuat seseorang kaget.

Jadi, lebih baik apabila Anda mematikan HP ketika akan tidur. Jika menginginkan HP dalam keadaan menyala, maka beralihlah ke mode senyap. Bunyikan notifikasi-notifikasi penting di jam tertentu saja seperti alarm. Cara lainnya adalah, ubah kebiasaan bermain HP saat akan tidur dengan hal lain. Seperti membaca buku cetak agar Anda mendapatkan kualitas istirahat yang lebih baik dan sehat.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Headset yang Benar dan Aman bagi Pendengaran

Penutup

Nah, itu dia JETE Lovers jarak aman meletakkan HP saat tidur yang direkomendasikan. Kini, Anda bisa menerapkannya di rumah ketika beristirahat tidur malam. Selain menerapkan hal tersebut, agar lebih aman dan nyaman gunakan juga berbagai perangkat dan aksesoris gadget terbaik dari JETE Indonesia. Mulai dari powerbank, charger, perangkat audio, dan lainnya.

Anda bisa mendapatkannya di berbagai outlet resmi dan mitra JETE Indonesia di berbagai kota. Atau pembelian di marketplace di official store kami. Cara lainnya adalah pembelian di website maupun aplikasi Doran Gadget sebagai mitra resmi untuk pemasaran di tanah air.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Desember 9, 2021

Oktober 5, 2021

Agustus 20, 2021

Juli 26, 2021

Juni 3, 2020

Desember 20, 2019

About the author, JETE Indonesia

× WhatsApp