5 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Baterai HP Bocor

JETE Indonesia – Baterai HP bocor memang sudah bukan hal yang asing lagi. Mengingat tak jarang orang mengalami bocor pada baterainya akibat kebiasan-kebiasan buruk saat memakai atau mencharge ponsel. Padahal baterai bocor pada ponsel bisa dicegah jika Anda menggunakannya dengan baik. Lantas apa saja sih kebiasaan yang jadi penyebab baterai HP bocor? Simak selengkapnya berikut ini! 

1. Memakai HP Saat Mengisi Daya

Meskipun beberapa ponsel sudah dibekali dengan fitur dan alat yang diklaim aman jika digunakan saat mengisi daya, namun beberapa ponsel masih belum memiliki kelebihan ini. Sehingga jika dibiasakan, maka bisa membuat baterai HP bocor. Terlebih lagi saat ini banyak ponsel yang sudah menggunakan fast charging yang membuat pengisian daya jadi lebih cepat. Sehingga alangkah baiknya jika Anda mengisi daya ponsel tanpa memainkannya. Agar baterai lebih awet, berhentilah mengisi daya ketika baterai sudah mencapai 85%.

Baca juga: 5 Cara Menghemat Baterai HP Saat Dipakai Tethering

2. Menjalankan Aplikasi Secara Bersamaan

Kebiasaan satu ini ternyata bisa membuat baterai HP cepat bocor. Hal ini dikarenakan aplikasi masih berjalan pada latar belakang yang menguras daya baterai. Karena itu rajin-rajinlah untuk menutup aplikasi yang Ada di task manager untuk meringankan kinerja HP dan menghemat baterai. Cek juga di pengaturan untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan di belakang layar. Bisa juga nonaktifkan aplikasi yang jarang dipakai untuk menghemat baterai. 

3. Instal Aplikasi Tidak Resmi 

Menginstal aplikasi sembarangan yang bukan berasal dari PlayStore maupun AppStore ternyata bisa menjadi penyebab HP baterai bocor lho. Hal ini dikarenakan aplikasi yang tidak safety tersebut mampu menyerang sistem operasi yang membuat ponsel mau tidak mau harus bekerja dengan keras, bahkan tak jarang Hp lemot karena ponsel mendapatkan aplikasi yang diinstal dari sumber sembarangan dan melakukan ping lokasi terus menerus yang akhirnya membuat baterai jadi terkuras habis. 

Baca juga: 5 Tips Charge iPhone yang Benar Agar Baterai Tidak Cepat Rusak

4. Tidak Menggunakan Dark Mode

Apa hubungan baterai bocor dan tema dark mode? Alasannya sederhana! Selain untuk mengurangi silau layar, dark mode ternyata mampu menghemat baterai karena piksel warna yang dihasilkan pada layar akan berkurang. Khususnya pada ponsel yang menggunakan layar AMOLED, memakai tema dark mode sangat mampu membantu menghemat daya baterai sehingga baterai tidak akan mudah bocor atau cepat habis. 

5. Menggunakan Charger Palsu / Tidak Original

Kebiasaan satu ini yang paling sering dilakukan terutama ketika kepala charger dan kabel charger original telah rusak. Banyak orang yang memilih membeli charger palsu atau charger murah. Bahkan ada yang memakai charger seadanya saja. Padahal di setiap ponsel memiliki kemampuan untuk menyerap daya yang berbeda-beda. Terlebih lagi saat ini banyak yang sudah menggunakan fast charging. Jika volt yang digunakan tidak sesuai maka bisa merusak baterai dan menjadi penyebab baterai HP cepat bocor. 

Baca juga: Rekomendasi Powerbank Terbaik Harga Murah Dari JETE

Dapatkan Powerbank Terbaik dari JETE

Itulah beberapa kebiasaan yang terlihat sepele namun ternyata menjadi penyebab baterai HP bocor. Bagi Anda yang tidak ingin baterai cepat habis maka bisa menggunakan powerbank. Dapatkan powerbank dari JETE yang dijamin memiliki kualitas terbaik dan garansi rusak ganti baru hingga 2 tahun lamanya. Anda bisa mendapatkan powerbank JETE di official store JETE Indonesia atau melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini. 

× Whatsapp