5 Cara Melindungi Data Pribadi Saat Transaksi Online

JETE IndonesiaIsu keamanan data pribadi kembali mengemuka saat ini. Apalagi para hacker semakin cerdas menggunakan berbagai cara dalam meretas data pribadi milik seseorang. Dampaknya juga tidak main-main, mulai dari kerugian materi hingga pencemaran nama baik seseorang yang diretas.

Salah satu yang jadi sasaran empuknya adalah ketika seseorang melakukan transaksi online. Lantas, bagaimana cara melindungi data pribadi ini agar tidak dibobol saat transaksi? Simak ulasannya di artikel ini.

Cara Melindungi Data Pribadi

Berikut beberapa cara melindungi data pribadi yang mudah dan dapat Anda terapkan ketika transaksi online di marketplace maupun pembayaran lainnya secara virtual.

1. Lakukan Transaksi di Situs yang Kredibel

Cara melindungi data pribadi yang pertama saat transaksi online ialah, jangan melakukannya di situs yang tak dipercaya. Hal itu bertujuan agar Anda lebih terhindar dari kejahatan siber seperti phishing, fraud, dan sebagainya. Cara mudahnya adalah dengan melihat pada tautan yang muncul di situs tersebut.

Situs yang kredibel memiliki tanda kunci atu gembok. Khususnya pada bagian kiri alamat situs saat dibuka. Lalu, menggunakan ‘https://’ dan berwarna hijau. Jika kedua hal itu muncul, maka koneksinya aman dan situs bisa dikatak kredibel.

Baca juga: Cara Mudah Melindungi Data Pribadi Agar Tidak Bocor

2. Pakai Kode PIN dan Password Unik

Kedua, Anda dapat menggunakan password dan PIN yang kuat. Untuk membuat keduanya menjadi kuat, Anda harus melakukan kombinasi antara huruf, angka, maupun karakter. Namun, penting pula dalam membuat PIN dan password yang mudah diingat.

Terlebih lagi untuk transaksi menggunakan kartu penting. Misalnya kartu kredit, kartu ATM, dan lainnya. Sebisa mungkin hindari menggunakan password dengan tanggal lahir, nama orang tua, maupun informasi lain yang bisa ditebak.

3. Cara Melindungi Data Pribadi – Hindari Pakai Public WiFi

cara membuat password (1)

Apakah Anda sering bertransaksi menggunakan public WiFi? Sebaiknya jangan lakukan lagi JETE Lovers. Memang, hal ini lebih praktis dan cepat. Namun, tahukah Anda jika WiFi yang sifatnya publik ini cukup bahaya jika digunakan transaksi online.

Contohnya di kafe yang terkadang rentan dimasuki penyusup di dunia maya. Dengan koneksi yang sama, dikhwatirkan para penyusup akan lebih mudah menyelinap masuk dan membobol data pribadi dan informasi penting milik seseorang.

Baca juga: 5 Cara Membuat Password Akun Online yang Aman Menurut Google

4. Keluar dari Situs E-Commerce saat Selesai

Selain menghindari WiFi publik, jangan lupa untuk keluar atau logout dari situs e-commerce saat selesai melakukan transaksi. Sekalipun itu menggunakan smartphone atau perangkat Anda sendiri. Terlebih lagi jika menggunakan perangkat milik orang lain.

Tujuannya, agar akun Anda beserta data penting pribadi di dalamnya tidak jadi sasaran empuk para peretas. Begitu pun jangan pernah membagikan PIN maupun kode atau sandi milik Anda. Termasuk kode OTP untuk otentikasi akun saat masuk.

5. Menggunakan Fitur untuk Keamanan Tambahan

02. melindungi data pribadi, data pribadi

Langkah yang terakhir dalam melindungi data pribadi untuk melakukan transaksi gunakanlah fitur keamanan tambahan. Kini, tidak sedikit e-commerce yang menawarkan fitur keamanan tambahan ini. Misalnya saja dengan menggunakan autentikasi dua langkah atau Two Factor Authentication.

Fungsi dari langkah tersebut adalah melindungi dan mengamankan akun pengguna dari upaya peretasan dan pembajakan. Cara lainnya adalah menggunakan nomor telepon pengguna, mengingat sifatnya lebih privat. Nantinya, fitur ini mengirimkan nomor secara acak pada nomor pribadi pengguna dan hanya diterima pemilik nomor tersebut untuk masuk ke layanan.

Baca juga: Pahami Cara Melindungi HP dari Penyadapan Hacker

Penutup

Itulah cara melindungi data pribadi saat melakukan transaksi online di marketplace. Selain menjaga data pribadi, agar lebih nyaman dalam bertransaksi elektronik baik di komputer maupun smartphone gunakan perangkat gadget terbaik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa subscribe channel YouTube JETE Indonesia untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Juga follow Instagram kami untuk melihat berbagai promo dan penawaran menarik perangkat gadget Anda di sini.

× WhatsApp