5 Tips Melindungi HP dari Cuaca Panas yang Bisa Anda Coba!

holder hp terbaik (5)

JETE Indonesia – Tahukah Anda bahwa cuaca panas bisa memberikan dampak buruk pada perangkat smartphone. Mulai dari merusak beberapa komponen hingga kerusakan permanen pada perangkat. Karena itu, Anda wajib mengetahui tips melindungi HP dari cuaca panas di sini yang bisa Anda coba di negara Indonesia yang mayoritas cuacanya cukup panas di berbagai daerah. 

Dilansir dari pricebook.co.id, Thuringia Consumer Centre di Jerman mengatakan bahwa cuaca panas dapat mempengaruhi layar dan juga baterai. Karena panas berlebih dapat merusak kristal cair atau dioda pemancar cahaya yang ada di layar. Daya tahan baterai juga bisa terkuras hingga rusak akibat panas dari sinar matahari. 

Tips Melindungi HP dari Cuaca Panas

aplikasi yang bikin hp lemot (3)

Nah bagi Anda yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan dan harus terkena teriknya sinar matahari, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini untuk melindungi HP Anda dari cuaca panas. Simak selengkapnya! 

1. Keluarkan Ponsel dari Saku 

Banyak orang yang menyimpan ponsel mereka di dalam saku saat melakukan perjalanan atau kegiatan di luar ruangan. Namun khusus pada hari yang panas, sebaiknya hindari melakukan hal ini. Karena panas tubuh alami akan bekerja melawan proses pendinginan yang terjadi pada ponsel. Sehingga jika tubuh terus mengeluarkan panas dan merambat ke ponsel, maka ponsel akan bekerja keras untuk mendinginkan perangkat. 

Karena dalam skenario terburuk smartphone bisa terbakar akibat baterai ponsel yang terlalu panas dan mulai bocor hingga terbakar yang akan melukai tubuh Anda jika HP masih disimpan di saku. 

Baca juga: Hati – Hati, Ini Ciri HP Anda Disadap Hacker

2. Jangan Tinggalkan HP di Mobil 

Rules kedua yang harus Anda ikuti untuk melindungi HP dari cuaca panas adalah jangan meninggalkan smartphone Anda di dalam mobil saat cuaca panas. Karena dalam sebuah penelitian yang dilaporkan Time, sebuah mobil yang diparkir di bawah sinar matahari pada siang hari bisa mencapi suhu 116113°F dalam satu jam saja. 

Apple memiliki rekomendasi untuk tidak menggunakan iPhone pada suhu di atas 95°F atau 35°C dan tidak menyimpan ponsel di tempat yang memiliki suhu lebih dari 113°F atau 45°C derajat. Pabrikan smartphone lain pun juga merekomendasikan langka serupa. 

holder hp terbaik (1)

3. Mode Airplane atau Jangan Gunakan Ponsel 

Langkah paling aman yang bisa diambil adalah jangan gunakan ponsel saat Anda terpakasa harus berada di cuaca panas dan terkena terik sinar matahari secara langsung. Jangan gunakan ponsel untuk bermain game atau melakukan pekerjaan yang berlebihan. Anda juga bisa menggunakan mode Airplane untuk mendinginkan kembali ponsel. Berhenti juga menggunakan aplikasi yang memberatkan prosesor seperti multitasking, game, dan lainnya.

4. Jangan Isi Baterai di Bawah Bantal 

Banyak orang yang mengisi daya ponsel sembari tiduran dan meletakannya di bawah bantal maupun di atas kasur. Padahal hal tersebut sangat tidak disarankan. Karena pada hari yang panas maka panas yang dikeluarkan ponsel saat mengisi daya bisa naik ke level yang cukup tinggi.

Belum lagi sifat bantal atau kasur yang menyerap panas bisa membuat bahaya. Terlebih lagi jika ponsel tidak bisa menghilangkan panas secara efisien. Karena itulah, pastikan untuk mengisi daya ponsel di tempat yang teduh seperti pada permukaan yang keras dan dingin. 

Baca juga: Agar Tak Meledak, Simak 5 Cara Mengecas HP yang Benar Ini!

Penutup

powerbank (1)

Itulah tips melindungi HP dari cuaca panas yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk membeli perlengkapan aksesoris untuk mendukung performa smartphone Anda seperti powerbank, speaker, headset, TWS, dan lainnya di JETE Indonesia. Anda bisa membelinya langsung di official store kami di sini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi cs kami di sini. 

× WhatsApp