6 Aplikasi Meeting Online Terbaik, Kamu Pilih yang Mana?

Februari

21

0 comments

JETE IndonesiaPenggunaan aplikasi meeting online mulai dikenal masyarakat sejak pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. Bahkan sampai saat ini masih banyak orang yang memanfaatkan aplikasi video conference. Apakah kamu termasuk salah satunya? Tenang saja, berikut telah kami rangkumkan rekomendasi aplikasi meeting online terbaik untuk kamu. Penasaran apa saja? Yuk, cari tahu!

Rekomendasi Aplikasi Meeting Online Terbaik

Pada dasarnya ada banyak penyedia aplikasi video conference yang bisa kamu pilih. Daftar rekomendasi terbaiknya antara lain:

1. Google Meet

Rekomendasi aplikasi meeting online
sc: techcrunch

Untuk kamu yang membutuhkan aplikasi meeting online dengan tampilan sederhana dan mudah digunakan, Google Meet bisa jadi pilihan terbaiknya. Aplikasi buatan Google ini bisa digunakan hanya dengan login melalui browser, tanpa perlu install aplikasi. Selain itu, Google Meet juga tersedia versi aplikasi untuk digunakan di perangkat smartphone

Terdapat berbagai macam fitur menarik untuk menjawab semua kebutuhanmu. Mulai dari fitur merekam video meeting dan otomatis tersimpan di Google Drive, serta mendapatkan subtitle videonya seperti menonton film. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan berbagai aplikasi dari Google. Termasuk Gmail, Google Calendar, Drive, Google Docs, Spreadsheet, Slide, Google Form, dan Cloud Search.

Baca juga: 5 Daftar Fitur AI di Google Map, Travelling Jadi Mudah! 

2. Zoom Meeting

Rekomendasi aplikasi meeting online
sc: Pexels

Zoom Meeting bisa menampung 100 pengguna dengan batas durasi 40 menit. Namun, jika jumlah partisipan meeting online lebih dari itu, kamu bisa menggunakan layanan berbayar. Soal kualitas tampilan video conference, kamu tak perlu khawatir. Video Zoom memiliki kualitas HD 720p meski menampung banyak pengguna sekaligus. Menariknya lagi, Zoom Meeting bisa menayangkan 49 video sekaligus dalam satu tampilan. 

Lebih dari itu, tampilan interface Zoom sangat menarik dan menyenangkan. Bahkan aplikasi ini menyediakan fitur Virtual Background untuk mengganti tema latar dengan tampilan apapun, seperti di tengah pantai, kebun, atau luar angkasa. Pilih sendiri latar yang kamu suka!

3. Microsoft Teams

Rekomendasi aplikasi meeting online
sc: MicrosoftTeams

Microsoft Teams ini sebenarnya merupakan pembaruan dari aplikasi meeting online yang sebelumnya bernama Skype for Business. Lewat pembaruan ini kamu bisa mendapatkan tampilan antarmuka yang menarik juga berkualitas. Selain itu, karena dikelola oleh Microsoft, aplikasi ini kini terintegrasi dengan Microsoft Office 365

Seperti diketahui, office 365 meliputi semua program office dari Microsoft seperti Word, Excell, Power Point, OneNote, dan Outlook. Dengan integrasi tersebut, semua orang dalam grup Conversation Channels bisa langsung membagikan dan mengakses seluruh aplikasi yang diperlukan. 

Baca juga: Cara Menggunakan Webcam di Laptop untuk Meeting dan Belajar Online

4. Lifesize

Rekomendasi aplikasi meeting online
sc: lifesize

Didukung oleh teknologi 4K Video Conferencing, Lifesize akan menjadikan meeting online terasa lebih nyata. Artinya, kualitas gambar yang bisa ditampilkan melebihi standar HD bahkan 8x lebih bagus dari kualitas 720p seperti yang ditawarkan oleh aplikasi meeting online lainnya. Terbayang kan gimana jernihnya tampilan video conference dari Lifesize?

Canggihnya lagi, Lifesize menyediakan sistem keamanan yang terjamin dengan end-to-end encryption. Melalui fitur tersebut maka meeting online akan secara otomatis terenkripsi, sehingga dapat mencegah adanya pihak ketiga yang ingin menyadap. Kamu tak lagi khawatir ada data maupun informasi penting yang bocor.

5. Webex Meeting

Rekomendasi aplikasi meeting online
sc: Cisco

Selain Lifesize, Webex Meeting juga memberikan sistem keamanan yang baik untuk para penggunanya. Data dan percakapan sulit disadap pihak ketiga karena terlindungi End-to-End Encryption (E2EE). Selain itu, lapisan keamanan masih ditambah dengan sistem multi-factor authentication. Dijamin tak akan ada informasi maupun data penting yang bocor!

Di samping itu, akun milikmu juga sulit digunakan orang lain, sehingga kemungkinan pembajakan akun jauh lebih rendah dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Selain fitur standar meeting online, aplikasi ini juga menyediakan fitur unggulan tambahan, seperti gesture recognition, noise removal, automatic transcription, dan custom layout.

Baca juga: 6 Rekomendasi Webcam Murah Terbaik JETE Untuk Aktivitas Daring

6. BlueJeans

Rekomendasi aplikasi meeting online
sc: BlueJeans

Satu lagi rekomendasi aplikasi video conference yang layak untuk kamu coba, yaitu BlueJeans. Aplikasi ini terkenal dengan kejernihan audionya berkat sistem Dolby Voice yang mereka gunakan. Tak hanya itu saja, Blue Jeans juga dilengkapi dengan kualitas video high definition (HD). Dengan begitu, kualitas gambar yang kamu dapatkan juga lebih tajam dan berkualitas baik.

Menariknya lagi, kamu bisa mengubah background video menjadi blur sehingga distraksi berkurang. Bagi kamu yang ingin melakukan meeting online dengan gangguan yang minimal, aplikasi BlueJeans adalah jawabannya. 

Penutup

Tips Meeting Online-4
sc: Pexels

Itulah tadi rekomendasi aplikasi meeting online yang bisa kamu gunakan. Untuk mendukung aktivitas meeting, pastikan kamu juga memakai video conference camera terbaik dari JETE. Dapatkan produk original JETE hanya di official store maupun pembelian melalui website. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Juni 6, 2024

Mei 30, 2024

Mei 29, 2024

Mei 27, 2024

Mei 25, 2024

Mei 15, 2024

About the author, JETE Contributor