Cara Menggunakan Webcam di Laptop untuk Meeting dan Belajar Online

03. cara menggunakan webcam di laptop

JETE IndonesiaMasa pandemi memang membuat berbagai aktivitas beralih ke ranah online untuk mencegah penularan virus corona. Termasuk meeting dengan klien maupun kegiatan belajar mengajar. Untuk itu Anda memerlukan webcam untuk melakukan aktvitas tersebut. Namun, tak sedikit pula orang yang mungkin belum memahami bagaimana cara menggunakan webcam di laptop maupun komputer tersebut. Tak perlu khawatir, Anda bisa simak ulasannya berikut.

Keunggulan Webcam Eksternal

webcam terbaik

Menggunakan webcam eksternal untuk laptop dan komputer sebenarnya memiliki beberapa keuntungan tersendiri. Mulai dari kualitas gambar yang dihasilkan lebih tajam dan jelas. Jadi, Anda bisa lebih fokus pada saat mengikuti sesi meeting maupun belajar online. Meskipun webcam bawaan perangkat mungkin memiliki standar yang baik pula, namun webcam eksternal lebih nyaman dan kualitas bisa diatur sesuai kebutuhan.

Keunggulan berikutnya adalah mudah untuk disesuaikan. Bila webcam atau kamera di laptop dan komputer bersifat statis, artinya Anda tidak bisa menggeser kamera tersebut kecuali menggeser perangkat. Maka, dengan cara menggunakan webcam di laptop khususnya yang eksternal Anda bisa memasangnya di bagian atas laptop maupun komputer dengan tata letak yang sesuai tanpa harus menggeser perangkat.

Cara Menggunakan Webcam di Laptop

01. cara menggunakan webcam di laptop

Meskipun laptop dan komputer dibekali dengan kamera internal, namun sebagian orang memilih menggunakan webcam eksternal untuk hasil gambar yang lebih baik dan berkualitas. Berikut cara menggunakan webcam di laptop dan komputer dengan perangkat eksternal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Nyalakan terlebih dahulu laptop atau komputer Anda dan pastikan sistem operasinya kompatibel di perangkat.
  2. Biasanya, webcam eksternal dilengkapi kabel USB type A maupun type C. Cara menggunakan webcam di laptop dan komputer ini adalah dengan mencolokkan port USB pada perangkat yang ada di bagian samping laptop atau belakang komputer.
  3. Bila webcam eksternal ini memerlukan aplikasi, terlebih dahulu Anda unduh aplikasi tersebut dan install di perangkat. Namun, saat ini kebanyakan webcam eksternal menggunakan sistem plug and play. Jadi, tinggal pasang dan gunakan saja.
  4. Usahakan webcam tersebut terpasang pada bagian yang memuat seluruh wajah dengan jelas. Lalu, pastikan webcam juga terpasang dengan erat agar tidak lepas ketika digunakan.
  5. Lakukan uji coba terlebih dahulu setelah proses pemasangan selesai. Bila sudah dirasa pas, barulah Anda bisa menggunakannya untuk sesi meeting maupun belajar secara online.

Baca juga: 6 Rekomendasi Webcam Murah Terbaik JETE Untuk Aktivitas Daring

Mendapatkan Webcam Eksternal Terbaik

02. cara menggunakan webcam di laptop

Tak hanya soal cara memasang webcam di laptop dan komputer saja yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil memuaskan. Hal yang tak kalah penting lainnya adalah mendapatkan webcam eksternal terbaik. Usahakan Anda membeli produk-produk yang sudah teruji kualitasnya.

Misalnya dibekali dengan fitur kamera terkini yang sudah memenuhi standar HD maupun HD+. Bahan yang digunakan pun harus kokoh dan kuat agar semakin awet. Jangan lupa untuk selalu memeriksa garansinya. Salah satu produk webcam yang bisa Anda pilih adalah webcam JETE dengan berbagai fitur unggulan dan bahan berkualitas terbaik.

Anda pun bisa mendapatkannya di outlet JETE Indonesia di kota Anda maupun pembelian melalui Doran Gadget dan raih harga menarik di setiap promo tertentu. Pembayarannya pun sangat mudah dan aman, begitu pula dengan proses pengirimannya.

Jadi, jangan sampai salah pilih ya!

× Whatsapp