6 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Asing, Gratis!

Februari

20

0 comments

JETE Indonesia – Di era digital seperti saat ini, kamu bisa menemukan banyak aplikasi belajar bahasa asing. Beberapa di antaranya bahkan bisa diakses tanpa dipungut biaya alias gratis. Artinya, belajar bahasa asing bukan hanya lebih mudah tetapi juga sangat ramah di kantong. Yuk, cari tahu aplikasi apa saja yang bisa kamu gunakan!

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Asing

Inilah enam aplikasi belajar bahasa asing yang bisa kamu gunakan secara gratis. Cukup download dan install di PC Tablet atau smartphone saja.

1. Duolingo

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing -1
sc: Duolingo

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing yang pertama, yaitu Duolingo. Ini merupakan aplikasi canggih yang efektif membantu kamu dalam mempelajari kosakata yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan bahasa asing tertentu. Tenang saja, aplikasi Duolingo hanya berukuran 16 MB saja kok!

Melalui aplikasi ini kamu bisa belajar mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis dengan pilihan materi 20 bahasa asing. Menariknya, kamu juga bisa mengajak teman, pasangan, maupun anggota keluarga lain untuk membentuk grup dan berkompetisi seru dengan mereka.

Baca juga: 7 Aplikasi Olahraga Terbaik Agar Hidupmu Semakin Sehat

2. Busuu

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing-2
sc: Busuu

Busuu menyediakan 50 pilihan bahasa asing yang bisa kamu akses secara gratis. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk terhubung dengan pengguna di belahan dunia lain yang juga sama-sama sedang belajar bahasa asing. Bahkan kamu bisa berkomunikasi dengan mereka melalui pesan teks, pesan suara, maupun video.

Lebih dari itu, sebelum mengikuti pelajaran, ada pula fitur tes penempatan yang akan membantu kamu menemukan level yang tepat untuk memulai belajar bahasa asing. Nantinya, setiap kenaikan level kamu bisa mengikuti tes yang disediakan seperti halnya yang ada pada kursus bahasa asing secara offline. Oh ya, kamu juga akan memperoleh sertifikat di setiap level yang berhasil dilalui.

3. Memrise

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing-3
sc: Memrise

Kamu termasuk tipe orang yang mudah bosan saat belajar? Memrise bisa jadi alternatif aplikasi belajar bahasa asing yang tepat. Melalui aplikasi ini kamu akan belajar bahasa asing dengan metode permainan yang seru. Selain itu, ada juga metode pengajaran yang berulang-ulang, sehingga memudahkan kamu mengingat materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Aplikasi Memrise memberi kesempatan bagi kamu untuk belajar bahasa asing dari penutur aslinya lho! Tidak hanya penutur asli bahasa Inggris, di sini kamu juga bisa menemukan penutur asli bahasa asing lainnya. Mulai dari Jerman, Korea, Arab, Rusia, Mandarin, Jepang, Prancis, Spanyol, Portugis, Belanda, hingga Turki. Menarik, bukan? 

Baca juga: 7 Aplikasi Prakiraan Cuaca Paling Akurat

4. Babble

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing-5
sc: Babble

Untuk kamu yang masih pemula dalam mempelajari bahasa asing tertentu, tidak perlu merasa minder. Aplikasi Babble akan membantu kamu bahkan dari level terendah sekali pun. Pilih sendiri bahasa asing apa yang ingin dipelajari. Babble menyediakan 14 pilihan bahasa asing, seperti bahasa Prancis, Spanyol, Rusia, Jepang, Korea, Mandarin dan lainnya.

Masing-masing materi pelajaran bahasa asing bisa kamu download dengan ukuran file sekitar 20 MB. Dengan begitu, proses belajar bahasa asing bisa berjalan lebih efektif dan efisien karena siapapun, kapanpun, dan dimanapun kamu, bisa mempelajari bahasa asing sesuai yang diinginkan!

5. HiNative

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing-6
sc: HiNative

Persis seperti nama aplikasinya, HiNative, di sini kamu akan belajar bahasa asing dengan sistem tanya jawab. Artinya, kamu bisa mengajukan pertanyaan dan berbicara secara langsung dengan penutur bahasa asli. Nah, jika kamu juga ingin mempelajari aksen bahasa tersebut, silakan unduh audio bahasa yang tersedia di aplikasi ini.

Jika masih kesulitan bertanya secara lisan, kamu juga bisa menggunakan gambar untuk mengajukan pertanyaan. Hebatnya lagi, kamu yang berkesempatan mengunjungi negara asing yang tertera di dalam aplikasi ini, bisa mendapat saran dan rekomendasi lokasi wisata juga restoran terbaik di sana.

6. Mondly

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing-7
sc: Mondly

Terakhir, aplikasi belajar bahasa asing Mondly juga direkomendasikan untuk kamu yang tidak cukup waktu maupun budget mengikuti kursus bahasa asing. Diproduksi oleh Ati Studios, aplikasi ini memberi kesempatan kamu untuk mendengarkan beberapa percakapan dan pembicaraan tentang kegiatan sehari-hari dari penutur bahasa aslinya. 

Tak tanggung-tanggung, ada 30 pilihan bahasa asing yang tersedia dalam aplikasi Mondly. Bahkan kamu dapat mengetahui ketepatan dialek, intonasi, dan pengucapan dalam suatu bahasa melalui fitur Speech Recognition yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Baca juga: 8 Rekomendasi Aplikasi untuk Pelajar, Wajib ada di HP!

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma alias gratis. Untuk memastikan kenyamanan layar sentuh smartphone maupun PC Tablet kamu, gunakan selalu screen protector dari JETE Indonesia. Seluruh produk original JETE dapat kamu temukan hanya di official store JETE Indonesia, baik secara online maupun offline.

Artikel terkait:

April 16, 2024

April 16, 2024

April 15, 2024

April 13, 2024

April 12, 2024

April 11, 2024

About the author, JETE Contributor