10+ Fungsi Smartwatch yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membelinya!

Maret

20

0 comments

JETE Indonesia –  Seiring dengan kemajuan teknologi, smartwatch telah menjadi perangkat yang sangat populer di kalangan pengguna gadget. Dengan beragam fitur smartwatch yang ditawarkan, mulai dari pelacak aktivitas fisik hingga asisten digital. Smartwatch dapat membantu kamu dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Untuk itu, yuk kenali fungsi smartwatch di artikel berikut! 

Fungsi Smartwatch

fungsi smartwatch
sc: Freepik

Smartwatch memiliki berbagai kemampuan untuk menyediakan informasi real-time dan fungsionalitas menuju efisiensi aktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa fungsi smartwatch yang perlu kamu ketahui:

1. Sebagai Alarm Pengingat

Fungsi smartwatch yang pertama adalah sebagai alarm pengingat untuk membantu kamu mengatur kebiasaan dan aktivitas sehari-hari. Misalnya, ketika kamu duduk selama beberapa jam, smartwatch akan memberikan notifikasi untuk bergerak. Selain itu, smartwatch juga dapat mengingatkan minum air putih secara teratur untuk menjaga hidrasi tubuh tetap terjaga.

Baca juga: Fitur Penting Aplikasi JETE Connect yang Harus Kamu Tahu!

2. Mengetahui Perkiraan Cuaca

Ketika kamu berencana untuk beraktivitas di luar ruangan, mengetahui kondisi cuaca bisa saja menjadi hal yang sangat penting. Dengan smartwatch, kamu bisa memeriksa perkiraan cuaca dan suhu secara real-time untuk merencanakan aktivitas di luar ruangan dengan lebih baik, menghindari situasi yang tidak diinginkan, dan menentukan arah aktivitasmu dengan lebih baik.

3. Membantu Mengatur Pola Tidur

fungsi smartwatch
sc: Freepik

Melalui fitur smartwatch sleep monitoring, fitur tersebut dapat membantu kamu menjaga pola tidur yang lebih teratur dan sehat. Kamu mungkin memiliki jadwal padat setiap hari yang sering kali mengganggu pola tidur. Namun, dengan bantuan smartwatch kamu bisa memantau pola tidurmu secara teratur dengan memberikan informasi tentang durasi dan kualitas tidurmu setiap malam.

4. Mengendalikan Asupan Kalori

Selain untuk mengatur pola tidur, smartwatch juga dapat digunakan untuk menampilkan asupan kalori setiap harinya. Sehingga, kamu dapat menjaga kesehatan tubuh secara efektif dan memantau asupan kalori harian dengan lebih mudah.

Selain itu, kamu juga bisa melacak jumlah kalori yang terbakar selama aktivitas fisik atau olahraga. Bagi kamu yang menjalani program diet kalori, fitur ini sangat cocok karena dapat memantau dan mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh serta mengetahui seberapa efektif kegiatan olahraga dalam membakar kalori.

Baca juga: Smartwatch JETE AM1 vs AM2 Series: Ini Perbedaan Keduanya

5. Menghitung Jumlah Langkah Per Hari

 

Adanya teknologi pedometer yang terdapat pada smartwatch, kamu dapat dengan mudah melacak jumlah langkah kaki setiap harinya. Saat kamu berjalan atau berlari, smartwatch akan secara otomatis mencatat setiap langkah yang kamu ambil. Sehingga, kamu akan memiliki acuan yang jelas dalam meningkatkan jumlah langkah kaki setiap harinya sesuai kebutuhan yang kamu perlukan.

6. Melacak Keperluan Olahraga

sc: JETE Indonesia

Selain untuk melacak langkah kaki, smartwatch saat ini juga menawarkan berbagai fitur olahraga yang canggih. Banyak smartwatch yang menyediakan pilihan olahraga lebih dari 100 jenis untuk melacak dan memantau aktivitas fisik dengan akurat. Contohnya adalah sportwatch yang berguna untuk memantau kebutuhan olahraga lebih kompleks, seperti pelacakan lintasan lari, navigasi bersepeda, atau pemantauan detak jantung saat berenang.

7. Membantu Memantau Tingkat Stres

Selanjutnya kamu juga dapat mengukur tingkat stres yang sedang dialami. Saat kamu merasa tertekan karena tekanan kerja atau aktivitas lainnya, smartwatch akan memberikan informasi tentang tingkat stres. Jika skornya menunjukkan angka tinggi, smartwatch akan memberikan notifikasi untuk beristirahat. Umumnya, skor yang diberikan oleh smartwatch adalah sebagai berikut:

  • 26-50: Tingkat stres berada di level rendah.
  • 51-75: Tingkat stres berada di level medium.
  • 76-100: Tingkat stress sangat tinggi.

8. Memantau Kesehatan Tubuh

Fungsi smartwatch berikut ini juga tidak kalah menarik dari sebelumnya. Dengan smartwatch, kamu bisa memantau kesehatan tubuh secara menyeluruh. Hal ini dikarenakan smartwatch memiliki beberapa fitur seperti:

  • Fitur Blood Pressure Monitor: Memantau tekanan darah dengan mudah tanpa perlu datang ke klinik atau rumah sakit.
  • Fitur Heart Rate: Menghitung detak jantung secara real-time untuk memahami aktivitas fisik dan mengidentifikasi potensi masalah kesehatan.
  • Fitur Pulse Oximeter: Memantau kadar oksigen dalam darah dan mengenali potensi masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan atau hipoksia.

Baca juga: Mengenal Heart Rate Monitoring dan Fungsinya di Smartwatch

9. Mendengarkan Musik

fungsi smartwatch
sc: Freepik

Berbeda dengan sebelumnya, smartwatch juga dapat kamu gunakan sebagai alat mendengarkan musik. kamu dapat mengakses lagu-lagu yang ingin kamu dengarkan dan mengatur volume dengan mudah melalui layar smartwatch. Hal ini tidak hanya membuat pengalaman mendengarkan musik lebih nyaman, tetapi juga mengurangi kebutuhan untuk membawa banyak perangkat saat beraktivitas di luar ruangan.

10. Menjawab Pesan

Selain mendengarkan musik, kamu juga bisa menjawab pesan melalui smartwatch. Adanya fitur voice dictation yang dimiliki oleh smartwatch, kamu dapat menjawab pesan-pesan dari ponselmu tanpa harus menyentuhnya. Kemampuan ini memungkinkan kamu untuk memberikan perintah suara langsung kepada ponsel melalui smartwatch.

Dengan demikian, smartwatch menjadi lebih berfungsi dari sekadar memberikan notifikasi, tetapi juga menjadi alat yang memudahkan interaksi dengan ponsel dalam berbagai situasi di penggunaan sehari-hari.

11. Bisa Berfoto

fungsi smartwatch
sc: Freepik

Fungsi smartwatch yang terakhir adalah untuk berfoto. Dengan fitur remote camera yang terdapat pada sejumlah smartwatch, kamu dapat dengan mudah mengambil foto tanpa harus mengambil ponsel dari dalam tas atau saku. Ketika kamu merasa tampil stunning dan ingin berfoto, gunakan smartwatch untuk mengontrol kamera ponsel dengan lebih mudah.

Baca juga: 5 Smartwatch JETE Terbaik untuk Temani Aktivitasmu.

Penutup

Itu tadi adalah beberapa fungsi smartwatch yang harus kamu ketahui. Dengan kemampuan untuk memantau berbagai aspek kesehatan dan memberikan informasi secara real-time, smartwatch dapat menjadi kawan setia bagi kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Jangan lupa juga dapatkan smartwatch terbaik dari JETE Indonesia. Kamu bisa mendapatkannya di seluruh outlet JETE Indonesia yang tersebar di berbagai kota. Atau melakukan pembelian secara online di melalui official store kami di marketplace kesayangan kamu. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang juga!

Artikel terkait:

April 17, 2024

April 16, 2024

April 15, 2024

April 13, 2024

April 6, 2024

April 2, 2024

About the author, JETE Contributor