Mengenal Heart Rate Monitoring dan Fungsinya di Smartwatch

Juni

23

0 comments

JETE IndonesiaJam tangan kini tidak hanya sekadar untuk menunjukkan waktu saja. Lebih dari itu, smartwatch memiliki sejumlah fitur unggulan terutama dalam memantau kesehatan dan olahraga penggunanya. Salah satunya adalah heart rate monitoring. Nah, buat kamu yang baru pertama kali menggunakan smartwatch, wajib tahu apa itu heart rate monitoring dan fungsinya, JETE Lovers. Simak ulasannya kali ini!

Apa Itu Heart Rate Monitoring?

Heart rate  pada smartwatch mengacu pada fitur pengukuran detak jantung pengguna yang dilakukan dengan sensor pada smartwatch tersebut. Cara kerjanya, smartwatch menggunakan sensor optik yang memantulkan cahaya ke kulit pengguna untuk mendeteksi perubahan volume darah yang mengalir melalui pembuluh darah di pergelangan tangan atau area yang terpasang smartwatch.

"JETE Special Offer" dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Dengan menggunakan teknologi ini, smartwatch dapat mengukur jumlah denyut jantung per menit (beats per minute/BPM) secara realtime. Hasil pengukuran detak jantung tersebut kemudian ditampilkan di layar smartwatch atau dapat diakses melalui aplikasi pendukung yang terhubung dengan smartwatch.

Baca juga: Spesifikasi Smartwatch JETE FR12 Series: Ini Fitur Unggulannya

Fungsi Heart Rate Monitoring

earphone terbaik, earphone olahraga

Menggunakan fitur heart rate memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya. Berikut beberapa fungsi heart rate pada jam tangan pintar secara garis besar adalah sebagai berikut:

  1. Memantau dan melacak detak jantung pengguna setiap saat dan digunakan sebagai informasi kesehatan jantung secara umum. Fluktuasi detak jantung di waktu tertentu dapat dijadikan sabagai tolok ukur kesehatan jantung secara mendasar.
  2. Membantu pengguna untuk menemukan waktu yang tepat untuk berolahraga. Di sini, adanya informasi detak jantung menunjukkan intensitas latihan, berapa kalori yang terbakar. Termasuk di level angka berapa pengguna harus beristirahat dan memulai kembali latihan olahraga mereka.
  3. Heart rate monitoring dapat digunakan untuk mengelola stres seseorang. Heart rate yang menunjukkan level angka tertinggi juga menandakan tingkat stres juga tinggi. Di sini, kamu dianjurkan untuk mengambil tindakan agar lebih rileks untuk menurunkan tingkat stres dan beraktivitas kembali.
  4. Terakhir, heart rate monitoring juga memiliki fungsi untuk menganalisis pola tidur pengguna smartwatch tersebut. Ketika kamu menggunakan smartwatch saat tidur, maka heart rate monitoring ini akan memantau detak jantung dan memberikan informasi kesehatan dan kualitas tidur. Mulai dari fase tidur, dan lama waktu tidur yang lebih baik.

Baca juga: JETE Indonesia Rilis Aplikasi JETE Connect untuk Smartwatch

Berapa Angka Heart Rate Normal Seseorang?

Lalu, berapa angka heart rate normal seseorang? Untuk melihatnya, di sini usia pengguna sangat menentukan angka detak jantung tersebut. Dalam hal ini, ditentukan batas bawah dan batas atas. Dimana batas atas adalah angka tertinggi yang diperoleh karena pengguna melakukan intensitas tinggi. Sementara, abtas bawah yakni detak jantung saat melakukan aktivitas atau olahraga dengan intensitas sedang. Adapun angka normalnya berdasarkan usia yakni:

  • Usia 40 – 45 tahun: 85 hingga 150 detak per menit
  • Usia 50 – 55 tahun: 80 hingga 145 detak per menit
  • Usia 60 – 65 tahun: 75 hingga 135 detak per menit
  • Usia 70 tahun: 75 hingga 130 detak per menit

Kemudian, untuk persentasenya saat beraktivitas dibagi dalam lima zona dengan berdasarkan pada detak jantung maksimal atau heart rate maximum. Di antaranya adalah:

  • Zona 1: 50-60% dari HRM dan angka ini merupakan yang rendah dan cocok untuk pemulihan setelah beraktivitas.
  • Zona 2: 60-70% dari HRM yakni angka ideald dalam meningkatkan daya tahan dan latihanmu.
  • Zona 3: 70-80% dari HRM dimana angka ini ideal dalam memperbaiki sistem sirkulasi darah pada jantung maupun otot rangka.
  • Zona 4: 80-90% dari HRM kamu bisa menigkatkan endurance saat berolahraga dan dapat bertahan terhadap asam laktat yang tinggi.
  • Zona 5: 90-100% dari HRMdimana kamu hanya bisa latihan beberapa menit saja pada intensitas ini.

Baca juga: 5 Perlengkapan Olahraga Untuk Gaya Hidup Sehat Kamu

Pantau Detak Jantungmu dengan Smartwatch JETE

Nah, kini kamu sudah tahu kan JETE Lovers apa itu heart rate monitoring, fungsi, dan kisaran angka normal bagi seseorang dalam melakukan aktivitas. Kamu pun bisa memantau kesehatan jantung dengan mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan smartwatch JETE mulai dari seri JETE FR12 Series, FR11 Series, dan AM2 Series.

Kamu bisa menggunakannya ketika berolahraga maupun aktivitas sehari-hari. Dengan menggunakannya, kamu pun akan lebih mengtahui kondisi kesehatanmu secara realtime. Dapatkan jam keren dengan harga terjangkau dan fitur pemantau olahraga serta kesehatan terbaik ini hanya di official store JETE Indonesia yang ada di kotamu. Atau pembelian di marketplace.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Februari 7, 2024

Januari 29, 2024

Januari 23, 2024

Januari 18, 2024

Januari 17, 2024

Desember 22, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

"JETE Special Offer" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb