Mengenal Apa itu Virtual Run dan Tips Mengikutinya!

Juni

26

0 comments

JETE Indonesia – Hai JETE Lovers! Jika kamu suka melakukan olah raga lari. Kamu wajib coba kompetisi lari satu ini. Konsepnya yang unik karena tidak mengharuskan tatap muka dengan pelari lain, kamu bisa dengan bebas berlari dimanapun dan kapanpun. Itulah yang dinamakan dengan virtual run atau kompetisi lari yang dilakukan secara online. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, yuk ikuti terus artikel berikut!

Apa Itu Virtual Run?

Virtual Run
sc: Everything Treadmill

Virtual run adalah lomba lari yang dilaksanakan secara virtual atau online. Dalam lomba ini, kamu tidak perlu bertemu dengan peserta lain maupun panitia penyelenggara. Virtual run pertama kali populer di masa pandemi Covid-19 saat kegiatan outdoor dibatasi. Sehingga, komunitas lari pun menyelenggarakan lomba lari secara virtual.

Dalam virtual run, kamu bisa berlari di mana saja dan kapan saja, tanpa terbatas pada tempat tertentu. Kamu bahkan bisa berlari di dalam rumah menggunakan treadmill dengan mencatat jarak tempuh dan waktu menggunakan aplikasi yang sesuai, kemudian mengunggah hasilnya untuk divalidasi oleh panitia. 

Baca juga: Teknik dan Manfaat Lari Jarak Jauh yang Perlu Kamu Tahu!

Jenis-Jenis Virtual Run

Virtual Run
sc: Istock

Setelah memahami pengertian virtual run, berikut ini adalah beberapa jenis virtual run yang biasanya diikuti oleh pelari pemula hingga profesional. 

  • Virtual 5K: Lari ini sering kali menjadi pilihan bagi pelari pemula karena jarak yang dicapai hanya membutuhkan waktu tempuh di bawah 25 menit.
  • Virtual 10K: Jarak ini memerlukan latihan tambahan dan stamina lebih karena membutuhkan waktu tempuh di atas 25 menit atau sekitar 45 menit.
  • Virtual Half Maraton: Lari setengah maraton sejauh 21,1 kilometer yang cocok untuk pelari yang sudah berlatih dengan waktu rata-rata penyelesaian sekitar 2 jam.
  • Virtual Maraton: Maraton penuh dengan jarak 42,2 kilometer adalah tantangan besar yang membutuhkan persiapan matang dengan waktu 4-5 jam sebagai target.

Perlu diperhatikan juga, waktu tempuh untuk berbagai jenis virtual run di atas bisa kamu sesuaikan dengan pace lari masing-masing. Jadi, pastikan sebelum mengikuti kompetisi kamu harus mengetahui lama jarak tempuh yang biasa dilakukan. Dengan begitu, kamu bisa mengikuti kompetisi online ini dengan maksimal. 

Manfaat Virtual Run

Virtual Run
sc: Virtual Run Events

Saat mengikuti lari secara virtual ini, tentunya ada beberapa manfaat yang membuatnya semakin populer di kalangan pecinta olahraga lari dan masyarakat umum. Berikut diantaranya:

1. Lebih Efisien dan Fleksibel

Manfaat yang pertama adalah lebih efisien dan fleksibilitas. Hal ini dikarenakan kamu tidak perlu datang ke lokasi tertentu dan bisa berpartisipasi dari jarak jauh. Sehingga kamu bisa lebih menghemat waktu dan biaya tanpa harus berkumpul di satu tempat.

2. Cocok Bagi Pemula

Bagi kamu yang ingin memulai berkompetisi lari, mengikuti virtual run bisa menjadi pilihan yang cocok. Hal ini dikarenakan ada berbagai jenis lomba yang bisa kamu sesuaikan dengan tingkat pace lari masing-masing. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dimana ada beberapa jenis virtual run yang bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan.

3. Mengukur Intensitas Latihan

Kamu bisa menggunakan kompetisi ini sebagai media untuk mengukur intensitas latihan dengan cara yang efektif. Meskipun kompetisi dilakukan secara online tanpa kehadiran pesaing, kamu tetap bisa menetapkan tujuan yang jelas dan melacak kemajuan latihanmu.

4. Berkesempatan Ikut Event International

Manfaat yang terakhir adalah berkesempatan untuk ikut serta dalam event lari virtual internasional. Dengan begitu kamu bisa berinteraksi dengan komunitas global yang beragam dan bertemu dengan individu dari berbagai belahan dunia yang memiliki minat sama terhadap lari.

Baca juga: 7 Aplikasi Olahraga Terbaik Agar Hidupmu Semakin Sehat

Cara Kerja Virtual Run

Virtual Run
sc: Universal Athletic Club

Cara mengikuti virtual run sebenarnya cukup mudah dan praktis. Kamu hanya perlu mendaftarkan diri melalui platform khusus atau situs web acara dengan memilih jarak dan tema yang diinginkan. Kemudian, kamu akan menerima paket lomba yang berisi medali, bib, dan barang-barang khusus lainnya. 

Biasanya, periode lomba sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara, sehingga kamu bisa menyelesaikan jarak yang dipilih dalam periode tersebut. Sementara itu untuk penilaiannya, kamu perlu mengunduh aplikasi olahraga lari yang bisa merekam jarak, rute yang ditempuh, pace lari, GPS tracker, hingga jumlah kalori yang dibakar. 

Adapun beberapa contoh aplikasi olahraga lari yang populer seperti Strava, Nike+ Run Club, Runkeeper, dan MapMyRun. Setelah kamu memilih salah satu, aplikasi tersebut harus dihubungkan dengan pendaftaran virtual run atau bisa juga dengan mengambil screenshot hasil lari dan mengunggahnya di website.

Baca juga: Cara Menghubungkan JETE Connect ke Strava, Olahraga Lebih Mudah!

Tips Melakukan Virtual Run

Virtual Run
sc: Test Transport Beton

Jika kamu berniat untuk mengikuti virtual run, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk memaksimalkan lari kamu. 

  • Mengisi Daya HP: Ponsel adalah alat utama untuk merekam dan mengirimkan hasil lari, jadi pastikan baterainya mencukupi selama berlari. 
  • Merencanakan Rute Lari: Hindari jalan yang berada dalam perbaikan atau penyeberangan pejalan kaki yang padat. 
  • Atur Makanan dan Minuman: Pastikan membawa air sendiri dan perhatikan makanan yang kamu konsumsi sebelum lari untuk mendapatkan energi.
  • Menggunakan Sepatu yang Sesuai: Gunakan sepatu yang nyaman saat mengikuti virtual run agar tetap fokus saat lari.
  • Lakukan Visualisasi: Untuk menjaga motivasi dan fokus selama virtual run, lakukan visualisasi dengan momen sukses saat kamu mencapai garis finish.

Baca juga: 7 Event Lari Terbesar yang Wajib Kamu Ikuti Sekali Seumur Hidup!

Penutup

Bagaimana JETE Lovers? itu tadi adalah pembahasan mengenai virtual run yang bisa kamu coba. Jika kamu berniat untuk mengikuti event lari dalam waktu dekat, ikuti JETE RUN 2024 yang diadakan secara offline di kota Surabaya. Untuk informasi pendaftaran, hubungi admin kami melalui Whatsapp dengan cara klik tautan berikut!.

Artikel terkait:

Juli 15, 2024

Juli 13, 2024

Juli 9, 2024

Juli 8, 2024

Juli 6, 2024

Juli 4, 2024

About the author, JETE Contributor