7 Event Lari Terbesar yang Wajib Kamu Ikuti Sekali Seumur Hidup!

Juni

11

0 comments

JETE IndonesiaHai JETE Lovers! Jika kamu punya hobi berlari, mengikuti event lari 2024 adalah pilihan yang tepat buat kamu ikuti. Saat mengikuti lari maraton, kamu tentunya akan mendapatkan sebuah pengalaman berharga sekaligus meningkatkan fisik agar lebih sehat. Lalu, apa saja event lari yang bisa kamu ikuti? Berikut adalah tujuh event lari terbesar di Indonesia yang wajib kamu ikuti setidaknya sekali seumur hidup.

7 Event lari Terbesar di Indonesia

Selain meningkatkan kemampuan fisik, event lari besar di Indonesia memiliki ciri khas dengan memperkenalkan keindahan alam dan budaya Nusantara. Dari kota-kota metropolitan hingga destinasi wisata eksotis, berikut adalah beberapa event lari terbesar di Indonesia yang wajib kamu ikuti. 

1. Indonesia International Marathon

Event Lari Terbesar
Sc: JustRunLah!

Indonesia International Marathon adalah salah satu event lari besar yang wajib kamu ikuti. Event ini tidak hanya menarik peserta dalam negeri tetapi juga dari mancanegara. Event yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia seperti Bali yang terkenal dengan pantai eksotisnya sebagai venue utama.

Selain menikmati keindahan alam Bali, kamu juga bisa bersaing untuk mendapatkan hadiah mencapai miliaran rupiah. Indonesia International Marathon menyediakan berbagai kategori lomba seperti 5K, 10K, Half Marathon, dan Full Marathon. Acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk berolahraga tetapi juga untuk menikmati keindahan Bali dan menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Baca juga: Cara Menghubungkan JETE Connect ke Strava, Olahraga Lebih Mudah!

2. Jakarta Marathon

Event Lari Terbesar
Sc: Infobanknews

Event lari terbesar selanjutnya adalah Jakarta Marathon. Sebagai ibu kota negara, Jakarta sering menjadi tuan rumah berbagai acara olahraga besar, termasuk marathon ini. Rute larinya melewati beberapa landmark terkenal di Jakarta, seperti jalanan utama ibu kota hingga Tugu Monas.

Kategori yang ditawarkan dalam Jakarta Marathon terdiri dari 5K, 10K, Half Marathon, dan Full Marathon, mirip dengan lomba lari marathon pada umumnya. Acara ini biasanya diselenggarakan pada akhir pekan, sehingga menarik antusiasme tinggi dari para peserta karena bertepatan dengan hari libur. 

3. Event Lari Terbesar di Indonesia – Bali Marathon 

Event Lari Terbesar
Sc: Cubes Srl

Selain jakarta, ada juga event lari yang berasal dari pulau dewata bali atau dikenal dengan Bali Marathon. Saat mengikuti event ini, kamu berkesempatan untuk mendapatkan predikat gold label. Tidak heran jika banyak peserta yang mengikuti event ini berasal dari berbagai daerah maupun luar negeri.

Bahkan penyelenggaraannya di tahun 2022, Bali Marathon diikuti oleh belasan ribu peserta yang terbagi dalam beberapa kategori seperti marathon (42,195 km), Half Marathon (21,1 km), dan 10K. Event lari ini berlangsung di Bali Safari & Marine Park, Gianyar yang memberikanmu kesempatan untuk berlari di lingkungan yang unik dan mempesona. 

4. Jogja Marathon

Event Lari Terbesar
Sc: Patinews Berita Pati Hari Ini

Selanjutnya adalah Jogja Marathon, event lari tahunan ini biasanya dimulai dari titik start Candi Prambanan. Saat mengikuti event ini, kamu akan diajak melewati rute dengan suasana pedesaan sekitar candi dan memberikan pengalaman berlari yang memadukan olahraga dengan wisata sejarah dan alam.

Selain itu, kamu juga bisa menghirup udara segar dan menikmati pemandangan hijau l yang asri, serta melihat tempat-tempat bersejarah di sekitar area lomba. Event ini juga dikabarkan akan dimulai pada hari Minggu, 30 Juni 2024 mendatang yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan ketahanan fisik sebelum mengikuti Jogja marathon dengan baik. 

Baca juga: 7 Aplikasi Olahraga Terbaik Agar Hidupmu Semakin Sehat

5. Bandung Marathon

Event Lari Terbesar
Sc: KOMPAS.com

Bandung Marathon adalah salah satu event lari terbesar yang diadakan di Kota Bandung. Terlebih event ini didukung oleh salah satu brand minuman populer di Indonesia, yaitu Pocari Sweat. Tidak heran jika event lari ini berhasil mengumpulkan 27.000 peserta dari semua kategori yang diselenggarakan pada tahun 2023 lalu. 

Adapun kategori dari Bandung Marathon terdiri dari empat kategori yang meliputi lomba lari 5K, 10K, Half Marathon dengan jarak 21 km, dan Full Marathon dengan jarak 42 km. Dengan banyaknya pilihan, tentunya kamu bisa menyesuaikan kategori yang sesuai dengan tingkat kemampuanmu.

6. Borobudur Marathon

Event Lari Terbesar
Sc: TIMES Indonesia

Jika kamu ingin merasakan sensasi berlari sambil menikmati pemandangan megah Candi Borobudur dan budaya sekitarnya, maka Borobudur Marathon adalah event yang tepat untukmu. Adapun titik startnya berlokasi di Taman Lumbini yang masih berada di kawasan Wisata Candi Borobudur.

Berbeda dari event lari lainnya, Borobudur Marathon memiliki tiga kategori yang terdiri dari, Full Marathon Elite Race khusus untuk atlet elit dan pelari dengan catatan waktu yang bagus, Tilik Candi atau half marathon (21K) yang memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan candi lebih lama, dan terakhir adalah Young Talent 10 khusus untuk pelari muda berbakat.

7. JETE Run 

JETE RUN
sc: JETE Indonesia

Terakhir adalah JETE Run yang diadakan oleh salah satu brand aksesoris gadget dan home living ternama, JETE Indonesia. Pada tahun ini, JETE Run 2024 akan diadakan di Kota Surabaya. Kamu bisa memilih untuk berlari pada kategori 5K atau 10K.

Adapun event JETE Run ini akan diselenggarakan pada 1 September 2024, yang berlokasi di Universitas Ciputra (UC), Citraland, Surabaya. Selain itu, kamu juga bisa langsung mulai mendaftar dari sekarang karena early bird untuk event ini sudah dibuka sejak 15 Juni 2024. Bahkan pada event ini menyediakan racepack eksklusif dan medali finisher sebagai tanda keberhasilanmu saat mencapai garis finish. 

Baca juga: Cara Daftar JETE RUN 2024, Buka Early Bird 15 Juni!

Penutup

Mengikuti event lari bukan hanya tentang mencapai garis finish, tetapi juga tentang menikmati setiap momen dan merasakan kebersamaan dengan pelari lain. Dari beberapa event yang telah disebutkan di atas, setiap event tentunya menawarkan pengalaman unik. Seperti JETE run 2024 yang menyediakan racepack eksklusif dan medali finisher sebagai tanda keberhasilanmu saat mengikuti acara ini. Untuk informasi pendaftaran, hubungi admin kami melalui Whatsapp dengan cara klik tautan berikut!.

Artikel terkait:

Juni 11, 2024

Juni 8, 2024

Juni 6, 2024

Juni 5, 2024

Juni 3, 2024

Mei 31, 2024

About the author, JETE Contributor