ANC vs ENC, Mana yang Paling Pas untuk Kebutuhanmu?

Juni

24

0 comments

JETE Indonesia – Kualitas pada TWS sangatlah penting, terutama buat kamu yang suka mendengarkan lagu, nonton hiburan, atau meeting online. Salah satu tips untuk menemukan TWS terbaik yaitu dilihat dari fitur Environmental Noise Cancellation (ENC) dan Active Noise Cancellation atau (ANC). Fitur ini berguna untuk meredam kebisingan dan kamu perlu mengetahui perbedaan ANC vs ENC. Simak untuk lebih lanjut! 

Apa Itu ANC?

Active Noise Cancellation
sc: Bang & Olufsen

ANC merupakan singkatan dari Active Noise Cancellation yang bekerja dengan menghasilkan frekuensi untuk mengurangi kebisingan lingkungan. ANC terasa jauh lebih optimal untuk headset overhead, bukan earbud. Alasannya karena desain headset dirancang untuk menutupi seluruh telinga dengan baik sehingga meminimalkan suara bising untuk masuk. Kebisingan yang berkurang membuat kamu bisa menikmati hiburan dengan kualitas audio lebih jernih. 

Apa Itu ENC? 

Environmental Noise Cancellation
sc: Avantree

ENC adalah singkatan dari Environmental Noise Cancellation yang berfungsi untuk menghilangkan kebisingan di lingkungan sekitar menjadi hening. Teknologi ini bekerja dengan mendeteksi frekuensi suara bising di sekitar, lalu menghasilkan frekuensi yang berlawanan untuk meredamnya. ENC akan sangat berguna bagi kamu yang sering bepergian, bekerja di tempat bising, atau menghabiskan banyak waktu untuk komunikasi. Suara yang dihasilkan pun jauh lebih tajam dan terdengar jelas. 

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Baca Juga: 10 Rekomendasi TWS Terbaik JETE 2024!

Perbedaan ANC vs ENC 

ANC vs ENC
sc: UltraProlink

ANC dan ENC telah menjadi teknologi yang populer dalam headphone atau TWS. Keduanya dapat meredam kebisingan dari luar dan menghasilkan kualitas audio yang tenang meski di lingkungan ramai. Dibalik kesamaan fungsi tersebut, ANC dan ENC memiliki perbedaan yang cukup signifikan, terutama dari perangkat yang kompatibel dengan teknologi ini. Agar lebih detail, simak perbedaan antara ANC vs ENC berikut. 

1. Cara Kerja 

Perbedaan pertama terlihat dari susunan mikrofon yang digunakan. Pada ENC, rangkaian mikrofon yang digunakan memiliki fungsi utama untuk menangkap kebisingan secara eksternal, kemudian diminimalisir untuk menghasilkan suara yang jernih. Sementara ANC, meski sama-sama mengurangi kebisingan di lingkungan sekitar, ia bekerja dengan menghasilkan gelombang suara yang sama besar dan berlawanan. Kualitas yang dihasilkan pun juga berbeda, tergantung dari perangkat yang digunakan. 

2. Output Saat Real-Time 

Teknologi ANC dan ENC bekerja dengan menganalisis suara eksternal untuk memberikan output yang bebas noise (gangguan). Proses real-time dari kedua teknologi ini berbeda dan kali ENC jauh lebih unggul dan hanya mengkonsumsi sedikit baterai, sehingga cocok untuk TWS. Sedangkan untuk ANC, dibutuhkan unit pemrosesan yang jauh lebih kuat dalam menganalisis dan menghilangkan kebisingan secara real-time. 

3. Pengalaman Audio 

ANC vs ENC
sc: EKSA

Cara kerja ENC dalam meningkatkan pengalaman audio sangat selektif fokus dalam memblokir rentang frekuensi tertentu. Berbeda dengan ANC yang lebih efektif dalam meredam suara berfrekuensi rendah. Oleh karena itu, teknologi ANC kerap digunakan untuk kebutuhan seperti meredam suara gemuruh dari mesin pesawat atau suara lalu lintas. ENC justru lebih unggul dalam menghasilkan kejernihan audio di tengah keramaian. 

Baca Juga: Aplikasi JETE Connect Kini Bisa Terhubung dengan TWS JETE

4. Pengaturan yang Customizeable 

Perbedaan berikutnya dari ANC vs ENC yaitu kostumisasi pada pengaturannya. ANC menawarkan fleksibilitas lebih tinggi dalam meredam kebisingan. Kamu dapat menyesuaikan tingkat noise cancelling dengan memilih skala 1-10,  1 adalah yang paling rendah dan 10 adalah paling tinggi melalui aplikasi di smartphone. Fitur ini membebaskan pengguna dalam menyesuaikan tingkat peredam bising sesuai dengan kondisi di sekitar. Sementara pada ENC, pengaturannya jauh lebih sederhana dan dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan. 

5. Ketahanan Baterai 

Tidak hanya unggul dari segi kualitas audio, teknologi ENC jauh lebih unggul dalam hal ketahanan baterai. Hal tersebut dikarenakan ENC berfokus pada frekuensi tertentu dan masa pakai baterainya 50% lebih lama jika dibandingkan dengan ANC. Teknologi ANC butuh daya yang lebih besar untuk meredam kebisingan. Rata-rata, headphone ANC menawarkan masa pakai baterai 20-30 jam. Sementara ENC mampu bertahan hingga 45 jam dengan sekali pengisian daya. 

6. Perangkat yang Kompatibel 

Perbedaan ANC dan ENC lainnya dapat dilihat dari perangkat yang digunakan. ENC yang jauh lebih fleksibel, dapat bekerja optimal di perangkat smartphone, laptop, atau konsol game. Cara kerja ENC tidak membutuhkan dukungan khusus dari perangkat. Sementara ANC, perangkat yang digunakan terbatas. Teknologi ini akan bekerja lebih optimal pada perangkat yang didukung dengan software atau hardware khusus. 

Baca Juga: Tampil Kece dan Stylish dengan TWS Karakter JETE FS1 Series

Penutup

Setelah membahas tentang pengertian dan fungsi dari ANC vs ENC, keduanya memiliki keunggulan masing-masing dalam meredam kebisingan. ANC lebih cocok untuk meredam kebisingan, seperti suara mesin atau pesawat. Sedangkan ENC, cocok untuk kamu yang lebih sering berkomunikasi, menonton hiburan, atau aktivitas harian lainnya. Temukan TWS terbaik dari JETE Indonesia untuk dapatkan kualitas audio yang jernih dan bebas gangguan! 

Artikel terkait:

Juli 19, 2024

Juli 18, 2024

Juli 13, 2024

Juli 10, 2024

Juli 9, 2024

Juli 3, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb