Apa Itu NFC? Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya!

Mei

22

0 comments

JETE Indonesia – Saat memilih HP, kamu pasti selalu memperhatikan fitur HP agar sesuai kebutuhan. Adapun fitur yang kerap dipertimbangkan adalah NFC atau near field communication. Meskipun fitur tersebut sering kali dianggap sama dengan bluetooth, faktanya near field communication memiliki berbagai fungsi yang berguna. Untuk itu, jika kamu ingin memahami lebih dalam mengenai apa itu NFC? Simak selengkapnya pada artikel berikut!

Apa Itu NFC?

Apa itu NFC
sc: nextpit

NFC adalah singkatan dari near field communication yang berguna untuk mentransfer data atau file antar perangkat tanpa menggunakan kabel. Cara kerjanya juga terbilang mudah, kamu hanya perlu menempelkan dua smartphone untuk mentransfer file. Bahkan kecepatan transfer menggunakan near field communication jauh lebih cepat daripada bluetooth.

Selain itu, perlu kamu ketahui juga bahwa fitur near field communication tidak disematkan ke dalam semua jenis HP. Biasanya smartphone yang memiliki fitur near field communication memiliki harga yang lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan near field communication menjadi teknologi canggih yang merupakan versi terbaru dari teknologi yang bernama radio-frequency identification (RFID).

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Saat menggunakan near field communication, terdapat tiga mode operasi yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Adapun tiga mode tersebut adalah:

  • Baca dan Tulis: NFC bisa membaca informasi dari stiker NFC dan menjadi stiker NFC untuk dibaca oleh perangkat lain.
  • Peer to Peer (P2P): Mode saling bertukar data dengan perangkat NFC lainnya.
  • Mode Kartu NFC: Membuat hp Android menjadi kartu chip NFC untuk transaksi cashless.

Baca juga: Apa Saja Perbedaan Headset, Headphone, dan Handsfree? Ini Ulasannya!

Fungsi NFC

Setelah kamu memahami apa itu NFC, berikut ini adalah beberapa fungsi NFC yang dapat kamu rasakan ketika menggunakan fitur canggih ini. Berikut selengkapnya!

1. Alat Pembayaran Transaksi Digital 

Apa itu NFC
sc: Freepik

Fungsi NFC yang pertama adalah sebagai alat pembayaran transaksi digital. Banyaknya penyedia pembayaran cashless saat ini tentunya menjadikan fitur NFC berperan dalam transaksi digital. Namun, untuk bisa menggunakan fitur tersebut kamu harus menginstal aplikasi yang mendukung pembayaran via NFC. Sehingga jika sudah memiliki aplikasinya kamu bisa melakukan transaksi dengan cara menempelkan bagian belakang HP ke sensor mesin kasir.

2. Top Up E-Money

Bagi kamu yang sering melakukan perjalanan jauh terutama melewati jalan tol. Near field communicationbisa sangat berguna bagi kamu untuk melakukan pengecekan saldo e-money atau e-toll. Bahkan kamu juga bisa melakukan top up saldo e-money dengan mudah. Caranya cukup tempelkan bagian belakang HP ke kartu dan isi saldo yang kamu butuhkan. 

Baca juga: Menggunakan Headphone Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Jerawat, Benarkah?

3. Berbagi File

Apa itu NFC
sc: Freepik

Selain digunakan sebagai transaksi uang, near field communication juga digunakan untuk transfer berbagai jenis file seperti foto, video, kontak, dan aplikasi. Hampir sama dengan bluetooth, hanya saja near field communication memiliki kecepatan transfer yang lebih unggul saat transfer antar perangkat. Tidak hanya itu, transfer file juga dapat kamu lakukan dengan laptop. Untuk caranya sendiri kamu bisa menggunakan fitur Nearby Share yang tersedia di Android 10. 

4. Mengisi Daya Smartphone

Salah satu berkembangnya teknologi adalah charger HP yang tidak membutuhkan kabel atau biasa disebut dengan wireless. Sama halnya dengan near field communication, kamu dapat mengisi daya smartphone dengan mudah. Caranya cukup tempelkan HP dengan perangkat yang mendukung wireless charger. 

5. Berbagi Koneksi WiFi

Selanjutnya adalah dapat berbagi koneksi WiFi. Jika kamu memiliki WiFi dan ingin membagikannya ke perangkat lain, kamu cukup menempelkan bagian belakang HP untuk memindai chip NFC terhadap WiFI porter. Dengan begitu kamu bisa terhubung dengan WiFi tanpa harus memasukan password. 

6. Scan Informasi dari Smart Poster

Fungsi NFC yang terakhir adalah untuk mendapatkan informasi dari Smart Poster. Salah satu media kreatif yang kerap digunakan oleh brand untuk promosi. Dalam poster tersebut terdapat chip NFC yang dapat dihubungkan dengan NFC HP. Sehingga, jika kamu menempelkan HP pada smart poster maka akan muncul informasi berupa halaman web atau promosi yang sedang berlaku. 

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Headset yang Benar dan Aman bagi Pendengaran

Kelebihan dan Kekurangan NFC

Apa itu NFC
sc: Freepik

Near field communication memang menjadi salah satu fitur yang kerap dicari oleh sebagian orang karena fungsinya yang memudahkan aktivitas sehari-hari seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, near field communication juga memiliki keamanan yang ketat sehingga pengguna tidak akan merasa khawatir akan data yang disalahgunakan atau dana yang mungkin hilang dengan sendirinya. 

Dibalik kelebihannya, ada juga kekurangan NFC yang perlu kamu ketahui. Secara umum, HP yang memiliki fitur NFC akan memiliki harga yang relatif lebih mahal. Sehingga tidak semua jenis HP yang memiliki fitur NFC. Selain itu, NFC juga hanya dapat digunakan dalam jarak yang dekat sekitar 4 cm. 

Baca juga: 10 Cara Cek Saldo E-Toll Lengkap, Mudah dan Cepat

Penutup

Spesifikasi Smartwatch JETE Elite Series

Bagaimana JETE Lovers? Setelah memahami apa itu NFC, kamu bisa mempetimbangkan fitur tersebut ketika akan membeli HP. Dengan begitu HP kamu tidak lagi tertinggal zaman. Selain itu, jika kamu ingin tampil lebih modern gunakan juga smartwatch dari JETE Indonesia seperti JETE Elite yang memiliki garansi hingga  2 tahun dan rusak ganti baru. Jadi tunggu apalagi? Yuk dapatkan sekarang sebelum kehabisan!

Artikel terkait:

Juni 6, 2024

Juni 5, 2024

Juni 3, 2024

Mei 31, 2024

Mei 30, 2024

Mei 29, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb