5 Cara Menggunakan Headset yang Benar dan Aman bagi Pendengaran

01. cara menggunakan headset

JETE IndonesiaMendengarkan musik dan audio favorit memang bakalan lebih terasa bila menggunakan headset. Baik itu headset dengan kabel maupun headset bluetooth. Terkadang, untuk mendapatkan sensasi dan pengalaman terbaik, seseorang memasang volume kencang. Namun, cara menggunakan headset seperti itu kurang tepat karena mengganggu kesehatan telinga dan pendengaran.

Cara Menggunakan Headset

02. cara menggunakan headset

Agar tetap aman dan nyaman saat digunakan, berikut beberapa cara menggunakan headset yang perlu diperhatikan. Terutama bagi Anda saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Mulai dari bekerja, berolahraga, dan mendengarkan musik maupun bermain game sebagai gaya hidup untuk melepas kepenatan.

1. Gunakan Teknik 60/60

Pertama adalah gunakan teknik 60/60. Dalam artian, sebaiknya jangan gunakan headset untuk mendengarkan musik lebih dari 60 menit tiap harinya. Lalu, gunakan selalu volume 60% dari volume maksimal. Bila suara lebih dari 85 dB hal itu sama dengan suara buldoser, kemudian jika Anda mendengarkan dalam volume suara tersebut selama 8 jam non-stop, maka bisa menyebabkan telinga mengalami kerusakan permanen secara perlahan.

2. Hindari Penggunaan Saat Tidur

Cara menggunakan headset yang benar kedua adalah dengan tidak memakainya saat tidur. Terkadang sebagian orang menggunakan headset untuk mendengarkan musik sampai tertidur. Sebenarnya, ini cukup berbahaya. Sebab, telinga akan tertekan ketika menerima gelombang suara dari earphone. Terlebih lagi pada bagian koklea telinga sangat sensitif terhdap gelombang suara. Ketika Anda mendengarkan musik saat tidur, telinga pun tidak ‘bekerja’. Inilah yang membuat otak bekerja lebih besar dan membuatnya kurang istirahat dan efek jangka panjang menyebabkan kerusakan sel otak.

3. Cek Selalu Kebersihannya

03. TWS

Berikutnya atau cara menggunakan headset ketiga berkaitan dengan kebersihan headset itu sendiri. Maka, sebaiknya Anda bersihkan headset secara berkala khususnya pada bagian earpod. Dengan begitu, headset akan bersih dari kotoran, kuman, dan debu yang menempel. Caranya adalah dengan melepas bagian silikon dan bersihkan menggunakan air dicampur sabun atau alkohol secukupnya. Kemudian keringkan dan bersihkan lagi. Pada bagian yang tidak bisa terkena air, cukup bersihkan menggunakan lap kering yang bersih atau sikat gigi perlahan.

Baca juga: 5 Tips Memilih Headset Sesuai Kebutuhan

4. Jaga Pula Kebersihan Telinga

Tak hanya kebersihan headset saja, kebersihan telinga juga penting untuk diperhatikan. Sebab, menggunakan headset bisa saja akan membuat telinga tersumbat kotoran dan menumpuk. Membersihkan telinga, cukup menyekanya pada bagian luar menggunakan cotton bud. Sementara, untuk bagian telinga dalam gunakan cairan tetes telinga. Bila telinga bersih, headset pun akan menjadi bersih pula dan terhindar dari bakteri maupun kuman berbahaya yang mengganggu kesehatan telinga.

5. Cara Menggunakan Headset dengan Batas Suara Aman

Cara menggunakan headset terakhir yakni dengan memperhatikan batas aman suaranya. Idealnya, batas suara maksimal yang aman adalah kurang dari 85 dB. Hindarilah suara-suara yang mencapai 95-100 dB secara langsung. Begitu pula saat menonton film dengan menggunakan headset, biasanya suara musik horor atau film action mencapai batas aman suara tersebut. Maka, jangan dengarkan musik maupun audio di atas rata-rata batas suara yang telah ditetapkan tersebut agar tetap aman.

Memilih Headset Terbaik

01. headset, headphone, handsfree

Selain cara di atas, hal penting lainnya yang wajib diperhatikan adalah memilih headset yang terbaik. Misalnya dilengkapi fitur yang mampu meredam kebisingan, nyaman di telinga dan tidak membuat pekak. Di samping itu, pilih yang mampu menjaga pendengaran tetap dalam kondisi baik seperti adanya fitur bone conduction maupun noise cancelling.

Begitu juga dengan bahan headset tersebut. Headset yang baik terbuat dari bahan kualitas premium yang aman dan tidak berat dari segi bobotnya. Salah satu produk headset terbaik yang bisa Anda pilih ini adalah produk dari JETE yang melalui pengujian secara aman untuk kesehatan pendengaran. Anda bisa mendapatkannya di outlet resmi JETE Indonesia maupun melakukan pembelian di Doran Gadget selaku distributor resminya.

Itulah beberapa cara menggunakan headset yang benar dan aman, semoga bermanfaat!

× Whatsapp