Apa itu Safe Exam Browser dan Cara Menginstalnya

Mei

21

0 comments

JETE Indonesia – Menjelang proses rekrutmen bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seluruh peserta diwajibkan untuk menginstall Safe Exam Browser (SEB) pada PC agar menghindari kecurangan saat mengikuti tes ujian online. Oleh karena itu, agar kamu lebih paham mengenai apa itu Safe Exam Browser dan cara menginstalnya. Simak selengkapnya di artikel berikut! 

Apa Itu Safe Exam Browser?

Safe Exam Browser
Sc: Youtube

Safe Exam Browser adalah perangkat lunak yang digunakan khusus untuk mengikuti ujian, tes, dan evaluasi online dengan tingkat keamanan yang tinggi, termasuk proses rekrutmen bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Setiap peserta tes diwajibkan menginstall perangkat lunak ini agar keamanan proses ujian tetap stabil dari berbagai gangguan. 

Saat masuk kedalam perangkat tersebut kamu tidak akan bisa mengakses aplikasi asing terkait komunikasi suara dan video, melakukan pencarian di browser web atau mengunjungi situs tertentu, dan menyimpan informasi di clipboard. Tujuannya adalah agar kamu tetap fokus mengerjakan ujian online dan mencegah dari berbagai kecurangan saat ujian berlangsung. 

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Dalam operasionalnya, SEB memegang seluruh kendali mulai dari fungsi sistem, situs web, dan aplikasi lainnya. Sehingga, ujian online yang kamu ikuti akan terjamin kejujurannya. Selain itu, SEB juga dapat menciptakan lingkungan ujian yang aman dan bebas dari gangguan eksternal seperti aplikasi atau sumber daya yang tidak diizinkan. 

Baca juga: Charger Beda Ampere dan Voltase: Apakah Aman?

Ketentuan Menginstal Safe Exam Browser

Safe Exam Browser
Sc: Exam

Saat menginstal SEB, kamu perlu memperhatikan beberapa ketentuan yang ditetapkan oleh BUMN. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memahami cara menginstal Safe Exam Browser adalah: 

  • SEB tidak dapat diakses jika perangkat terdapat aplikasi Chrome Remote Desktop. Kamu harus menghapusnya terlebih dahulu sebelum menginstal SEB.  
  • SEB tidak dapat diakses jika terdapat aplikasi video conference (Zoom) yang aktif.  
  • Saat ujian berlangsung, kamu tidak bisa menghubungkan perangkat ke layar lain seperti proyektor, TV, HDMI, dan sebagainya. Layar akan otomatis terkunci dan tidak bisa kembali ke halaman ujian dengan tampilan “SEB LOCKED”.
  • Jika ingin mengaktifkan SEB kembali, kamu harus memasukan exit password dan klik unlock.
  • Seluruh peserta harus mengetahui fungsi password yang terdapat di SEB seperti password masuk SEB, password exit SEB, dan password Tes Online.
  • Password yang terdapat dalam SEB harus diingat atau dicatat di sticky note karena saat tes berlangsung tidak dapat membuka halaman lain. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Speaker Mini Terbaik dan Tips Memilihnya

Cara Menginstal Safe Exam Browser

Safe Exam Browser
Sc: Safe Exam Browser

Setelah memahami pengertian dan beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah cara meginstall SBE yang dapat kamu ikuti langkahnya. 

  • Peserta dapat mengunduh aplikasi SEB melalui link https://safeexambrowser.org/download_en.html.
  • Setelah membuka situs, peserta dapat memilih dan mengunduh SEB sesuai dengan perangkat yang digunakan, baik itu Windows atau MacOS.
  • Setelah memilih, peserta akan dialihkan ke halaman baru dan tunggu sekitar 5 detik sebelum aplikasi SEB secara otomatis terunduh.
  • Setelah berhasil terunduh, peserta dapat memeriksa aplikasi tersebut di folder download.
  • Selanjutnya, peserta dapat memulai proses instal dengan mengklik file unduhan dua kali.
  • Tunggu proses instalasi hingga selesai hingga muncul tulisan “Installation Successfully Completed”.
  • Setelah berhasil terinstal, peserta dapat mencari aplikasi SEB di perangkat yang digunakan dan menggunakannya untuk melakukan uji coba atau ujian online.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Merawat Mouse Wireless Agar Tetap Awet

Penutup

Itu tadi adalah penjelasan mengenai cara menginstal Safe Exam Browser yang dapat kamu ikuti ketika mengikuti ujian online rekrutmen bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Agar pelaksanaan ujian online kamu terasa lebih nyaman dan lancar, gunakan perangkat komputer seperti mouse dan keyboard dari JETE Indonesia. Dapatkan pula berbagai promo menarik di setiap pembelian dan cek programnya  di JETE special Offer. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami via WhatsApp.

Artikel terkait:

Juni 6, 2024

Juni 5, 2024

Juni 3, 2024

Mei 31, 2024

Mei 30, 2024

Mei 29, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb