Menggunakan Headphone Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Jerawat, Benarkah?

Headphone (1)

JETE IndonesiaHeadphone banyak digunakan untuk berbagai aktivitas. Misalnya saat berolahraga, bekerja, bermain game, dan bersantai sembari mendengarkan musik. Akan tetapi, penggunaannya dalam waktu yang cukup lama tentu akan menimbulkan masalah tersendiri mulai dari pendengaran hingga masalah lainnya.

Dampak Menggunakan Headphone Terlalu Lama

Headphone

Meski membuat telinga lebih nyaman, ternyata menggunakan headphone terlalu lama dapat menimbulkan efek negatif. Termasuk bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Hal itu diungkapkan oleh Dokter Ana H. Kim, MD. Sebagaimana dilansir dari laman The List yang dikutip oleh Kumparan, beberapa dampak tersebut di antaranya adalah:

1. Timbul Masalah Kulit

Apakah menggunakan perangkat audio di dekat telinga menyebabkan jerawat? Jawabannya adalah bisa. Terutama ketika seseorang menggunakannya saat berolahraga. Sebab, keringat dan kelembapan kulit ketika berolahraga, membuat bakteri bisa jadi tumbuh di headphone yang Anda gunakan. Oleh karena itulah, hal tersebut bisa menimbulkan masalah kulit seperti gatal-gatal hingga jerawat. Agar lebih aman, Anda bisa menggunakan perangkat audio dalam bentuk lebih sederhana seperti TWS maupun earphone.

2. Pendengaran Terganggu

01. cara menggunakan headset

Dampak negatif yang selanjutnya jika Anda menggunakan headphone terlalu lama adalah terganggunya pendengaran. Apalagi digunakan dalam waktu lama dengan volume yang tinggi. Hal ini akan membuat gendang telinga mengalami getaran dan dapat menjalar ke koklea. Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan volume setidaknya 60 persen. Untuk penggunaan yang cukup lama sebaiknya istirahatkan telinga lima menit sekali setiap pemakaian kurang lebih 30 menit.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Headset yang Benar dan Aman bagi Pendengaran

3. Penggunaan Berlebihan Mempengaruhi Fungsi Otak

Dampak menggunakan headphone dalam waktu lama yang terakhir ialah bisa berpengaruh terhadap fungsi otak. Memang, mendengarkan musik bisa membuat lebih semangat. Namun, di sisi lain ada sebagian orang yang merasa penggunaan yang terlalu sering akan membuat mereka sulit berkonsentrasi dan suara akan menekan otak secara tak langsung melalui indera pendengaran. Alhasil, dapat menyebabkan vertigo atau kepala merasa berputar-putar.

Gunakan Selalu Headphone Terbaik Agar Makin Nyaman

Headphone, Noise cancelling, cara kerja noise canelling (1)

Untuk menghindari dampak menggunakan headphone terlalu lama, Anda juga penting untuk memperhatikan kualitas headphone itu sendiri. Memang, saat ini sudah banyak headphone dijual di pasaran. Namun, di sini butuh kejelian ketika memilih headphone terbaik.

Mulai dari bahan yang digunakan hingga fitur-fitur yang tidak berbahaya. Misalnya dengan adanya fitur Noise Cancelling, suara bass yang tidak membuat telinga sakit, dan sebagainya. Selain itu, penting pula untuk setidaknya membatasi penggunaan. Dalam artian, ada jeda waktu untuk ‘mengistirahatkan’ telinga sejenak.

Nah, itulah JETE Lovers dampak negatif menggunakan perangkat audio terlalu lama. Anda bisa gunakan produk-produk terbaik dari JETE Indonesia untuk perangkat audio terbaik dan nyaman di segala aktivitas.

× Whatsapp