Apa Saja Perbedaan Headset, Headphone, dan Handsfree? Ini Ulasannya!

01. headset, headphone, handsfree

JETE IndonesiaPerangkat audio saat ini banyak digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas menggunakan gadget. Baik laptop, komputer, maupun smartphone. Perangkat tersebut pun beragam mulai dari headset, headphone, maupun hadnsfree. Lalu, tahukah Anda meski bentuknya hampir sama ada perbedaan mengenai ketiganya?

Perbedaan Headset, Headphone, dan Handsfree

Sebenarnya, membedakan ketiganya memang cukup sulit jika tidak teliti. Namun, setidaknya ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan. Berikut iniadalah perbedaan antara headset, headphone, dan handsfree yang perlu Anda ketahui. Baik dari spesifikasi maupun penggunaan dari ketiganya.

1. Headset

02. headset, headphone, handsfree

Headset menjadi perangkat audio yang banyak dipilih saat ini. Ciri utamanya adalah menggunakan dua buah speaker mini di sisi kiri dan kanan dan terhubung pengait di bagian atas kepala. Fungsinya pun beragam, tak hanya untuk mendengarkan musik saja tapi juga untuk melakukan hal lainnya.

Misalnya saja melakukan panggilan, melakukan panggulan secara online, hingga digunakan untuk gaming. Hal ini karena headset dibekali dengan sebuah mikrofon untuk komunikasi. Mikrofon ini juga menempel pada salah satu unit speakernya. Namun, untuk gaming biasanya headset yang digunakan memiliki spesifikasi khusus dan telah disesuaikan.

Penggunaannya sendiri kompatibel untuk komputer atau laptop. Jadi, tidak bisa digunakan pada smartphone. Mengapa demikian? Ini karena headset hanya dibekali port khusus berjumlah dua unit. Yakni port berukuran 3.5 mm dan port lainnya untuk mikrofon.

2. Headphone

03. headset, headphone, handsfree

Dari segi bentuk dan desain, headphone sekilas sangat mirip dengan headset. Akan tetapi ada perbedaan mendasar yakni, tidak dilengkapi dengan mikrofon untuk berkomunikasi. Ini karena fungsinya sendiri hanya digunakan untuk mendengarkan audio dengan kualitas tinggi. Selain itu, biasanya juga dilengkapi dengan fitur khusus untuk meredam kebisingan.

Perangkat audio ini kerennya adalah bisa dihubungkan pada laptop maupun smartphone. Karena menggunakan satu buah port audio jack 3.5 mm. Bahkan, kini juga sudah ada yang menggunakan fitur bluetooth ingga teknologi khusus seperti Bone Conduction agar pengguna lebih nyaman saat mengoperasikannya.

Headphone juga kerap dipakai oleh orang-orang untuk mengecek kualitas audio tertentu. Misalnya musisi saat di panggung atau prosesi rekaman, komposer musik, hingga DJ. Ukurannya pun beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan.

3. Handsfree

04. TWS, true wireless stereo, earbud TWS, TWS JETE

Terakhir adalah handsfree yang  juga sering disebut dengan earphone. Seperti namanya, perangkat audio ini memudahkan penggunanya ketika berkomunikasi dan melakukan panggilan. Karena dilengkapidengan berbagai tombol untuk fungsi-fungsi tertentu mulai dari mengatur volume, melakukan panggilan, dan sebagainya.

Desainnya memang lebih kecil dari headset dan kompatibel untuk laptop maupun smartphone. Bahkan keunggulannya adalah, saat ini sudah ada handsfree dengan koneksi Bluetooth terbaru dan menggunakan teknologi audio True Wireless Stereo (TWS).

Lalu, juga ada yang hadir dalam mode earbuds. Yakni perangkat dengan desain khusus dimana bagian speaker dapat masuk hingga lubang telinga. Agar lebih nyaman, biasanya dilengkapi dengan busa dan fitur teknologi yang tidak membuat telinga sakit.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Earbuds TWS

Mendapatkan Perangkat Audio Terbaik

Perlengkapan Olahraga

Setidaknya itulah ulasan mengenai perbedaan antara headset, headphone, serta handsfree. Semoga dengan ulasan di atas tidak membuat Anda bingung lagi ya untuk membedakan ketiganya saat membeli. Lantas mana yang terbaik untuk digunakan? Hal ini sebenarnya tergantung apa kebutuhan Anda.

Jika menggunakan untuk mendengarkan audio dan melakukan panggilan, maka headset dan handsfree bisa dijadikan pilihan. Namun, bila untuk sebatas pada aktivitas mendengarkan audio saja, maka bisa memilih headphone.

Sebenarnya, apapun pilihannya yang terpenting adalah produk tersebut memiliki kualitas terbaik. Mulai dari bahan yang digunakan hingga mampu menghasilkan output audio yang jernih, jelas, menggelegar namun tidak pekak saat digunakan dan sakit di telinga. Salah satunya adalah produk perangkat audio dari JETE yang sudah teruji kualitasnya. Anda bisa mendapatkannya di outlet resmi terdekat atau melalui pembelian di Doran Gadget sebagai distributor utama JETE Indonesia.

× Whatsapp