Belum Banyak yang Tahu! Ini Alasan Huruf Pada Keyboard Tidak Berurutan

Mei

28

0 comments

JETE IndonesiaSaat mengetik di komputer, salah satu komponen yang berperan adalah keyboard. Namun, apakah kamu pernah menyadari susunan abjad yang terdapat di keyboard tidak berurutan atau biasa dikenal dengan keyboard QWERTY? Hal tersebut tentunya ada alasan kenapa huruf pada keyboard tidak berurutan. Berikut penjelasan selengkapnya!

Sejarah Keyboard QWERTY

Huruf Pada Keyboard Tidak Berurutan
sc: Freepik

Sebelum memahami alasan huruf pada keyboard tidak berurutan, setidaknya kamu perlu memahami sejarah keyboard QWERTY. Awal munculnya keyboard terdapat pada pertengahan abad ke-19 di mesin tik mekanik. Dalam penggunaanya, mesin tik memiliki sebuah papan ketik yang digunakan untuk mengetik dengan cepat. Selain itu, mesin tik pada saat itu juga memiliki model layout keyboard yang bervariasi. 

Selanjutnya mesin tik mengalami perkembangan pada tahun 1868 yang mengadaptasi susunan keyboard QWERTY. Susunan tersebut ditemukan oleh Christopher Latham Sholes dari Amerika. Adapun alasan Christopher menerapkan keyboard QWERTY adalah adanya masalah yang muncul ketika operator mesin tik mengetik terlalu cepat, sehingga tuas-tuas pada mesin tik sering macet dan menyebabkan kerusakan.

Baca juga: Cara Mengunci Galeri di iPhone, Praktis dan Aman!

Alasan Huruf Pada Keyboard Tidak Berurutan

Setelah memahami sejarah huruf pada keyboard tidak berurutan, setidaknya berikut ini adalah beberapa alasan keyboard menggunakan urutan tombol QWERTY. Berikut penjelasan selengkapnya!

1. Mesin Tik Error

Alasan huruf pada keyboard tidak berurutan yang pertama adalah karena mesin tik yang sering error. Hal tersebut bisa terjadi karena awalnya menggunakan layout tombol abjad yang berurutan untuk papan ketiknya. Dengan begitu, seseorang dapat mengetik dengan cepat. Namun, mengetik cepat justru dapat menimbulkan kesalahan pada mesin tik karena menekan dua tombol huruf secara bersama yang pada akhirnya menyebabkan mesin tik sulit bergerak.

2. Munculnya Mesin Tik Remington

Huruf Pada Keyboard Tidak Berurutan
sc: Freepik

Alasan selanjutnya adalah munculnya mesin tik Remington. Mesin tik QWERTY pertama di dunia yang disesuaikan dengan hasil penelitian Sholes bernama Remington No. 1 pada tahun 1873. Berkembangnya mesin tik QWERTY tersebut kemudian terdapat penambahan tombol Shift pada tahun 1878 dan menjadikan mesin tik QWERTY semakin populer pada masa itu. Bahkan beberapa perusahaan juga turut menggunakan mesin tersebut karena dinilai lebih mudah digunakan dan nyaman saat melakukan pengetikan. 

3. Perkembangan Komputer dan Gadget

Alasan yang terakhir adalah karena teknologi komputer dan gadget yang terus mengalami perkembangan. Meskipun awalnya keyboard QWERTY hanya diterapkan pada mesin tik. Namun pada tahun 1900-an tombol QWERTY sudah diterapkan  di sejumlah mesin cetak jarak jauh atau teleprinter. Bahkan untuk pertama kalinya QWERTY diterapkan di komputer tahun 1940-an. Sedangkan mulai tahun tahun 1990-an keyboard QWERTY mulai digunakan di teknologi elektronik seperti laptop, smartphone, dan tablet.

Baca juga: Cara Pakai Plugin Canva di ChatGPT, Jadi Lebih Praktis

Manfaat Huruf Pada Keyboard Tidak Berurutan

Huruf Pada Keyboard Tidak Berurutan
sc: Freepik

Setelah memahami alasan huruf pada keyboard tidak berurutan. Kamu pasti sudah sering melihat kalau keyboard tidak urut atau QWERTY tidak hanya terdapat untuk komputer saja, melainkan gadget juga sudah menerapkan urutan keyboard tersebut. Selain itu, meskipun keyboard tersedia dengan pilihan banyak bahasa, urutan penempatan tombol abjad biasanya masih sama. 

Adapun manfaat dari penggunaan keyboard yang tidak berurutan adalah lebih mudah dipelajari dan digunakan. Terlebih saat ini keyboard QWERTY sudah banyak diterapkan dan menjadi standar keyboard di seluruh dunia. Sehingga, sudah tidak heran jika sudah banyak yang lebih cepat beradaptasi dengan urutan tombol keyboard yang tidak berurutan. 

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri dan Penyebabnya

Penutup

Setidaknya itu tadi adalah pembahasan mengenai huruf pada keyboard tidak berurutan. Meskipun abjad yang terdapat di keyboard tidak urut abjad, saat ini sudah banyak yang terbiasa dengan keyboard QWERTY. Selain itu, agar proses mengetik mu semakin lancar dan nyaman, gunakan keyboard terbaik dari official store JETE Indonesia. Dapatkan sekarang sebelum kehabisan promonya!

Artikel terkait:

Juni 6, 2024

Juni 5, 2024

Juni 3, 2024

Mei 31, 2024

Mei 30, 2024

Mei 29, 2024

About the author, JETE Contributor