Apa Itu Cloud Storage dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Maret

6

0 comments

JETE IndonesiaPenyimpanan cloud telah menjadi alternatif terbaru di dunia penyimpanan data. Platfrom ini tidak hanya menawarkan kemudahan dalam menyimpan data, tapi juga memfasilitasi pengelolaan berbagai jenis file secara online. Kelebihan utamanya yaitu mampu menyediakan ruang penyimpanan tak terbatas. JETE Lovers, pada artikel berikut akan membahas tentang apa itu cloud storage atau penyimpanan awan. Simak, ya! 

Apa Itu Cloud Storage

Apa Itu Cloud Storage?
SC: Freepik

Pernah dengar tentang cloud storage? Jika pernah, apa itu cloud storage? Cloud storage atau penyimpanan awan, merupakan layanan penyimpanan data yang dapat diakses secara online. Kamu bisa menyimpan berbagai jenis file, seperti dokumen,foto, video, musik, dan lain-lain hanya dengan koneksi internet. Istilah “cloud” merujuk pada infrastruktur internet yang digunakan untuk menyimpan data, sedangkan “storage” berarti penyimpanan data. 

Singkatnya, penyimpanan cloud menawarkan kemudahan dalam menyimpan data yang aman, dapat diakses kapan saja, dan fleksibel. Kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan dan membeli hardisk eksternal. Penyimpanan cloud menjadi pilihan terbaik bagi individu atau perusahaan yang ingin mengelola data dengan cara yang lebih efisien, efektif, dan hemat biaya. 

Baca Juga: Ini Perbedaan RAM, ROM, dan Media Penyimpanan yang Perlu Diketahui

Keunggulan Cloud Storage 

Keunggulan Cloud Storage
SC: Freepik

Berbeda dengan penyimpanan offline yang memakan waktu dan biaya besar, cloud storage menawarkan kapasitas tak terhingga dan dapat diakses oleh berbagai perangkat sekaligus. Kamu juga tidak perlu khawatir kehilangan data karena memiliki fitur keamanan. Penyimpanan cloud memiliki banyak keunggulan dan menjadi pilihan yang menarik bagi individu dan perusahaan. Berikut beberapa keunggulan menggunakan penyimpanan cloud

1. Kemudahan Mengakses Data Kapan dan Dari Mana Saja 

Menggunakan cloud storage, memudahkan kamu dalam mengakses data dari manapun dan kapanpun secara online. File yang tersimpan di penyimpanan cloud, dapat diakses melalui berbagai perangkat, seperti komputer, laptop, tablet, atau smartphone. Hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan karena bisa diakses secara cepat tanpa hambatan jarak. Selain itu, tidak butuh instalasi serta biaya maintenance. 

2. Keamanan Data yang Lebih Terjamin

Penyimpanan data di cloud menawarkan tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan penyimpanan lokal. Alasan utamanya karena penyedia layanan penyimpanan cloud menerapkan kebijakan keamanan yang ketat dan berlapis-lapis. Pencadangan otomatis di cloud memberikan perlindungan ekstra untuk data yang kamu miliki. Sehingga kamu tidak perlu khawatir terdapat virus atau hal lainnya. 

3. Lebih Hemat Biaya 

Beralih ke penyimpanan cloud membuat kamu lebih hemat. Tak perlu membeli perangkat keras tambahan seperti hardisk eksternal atau server. Kamu juga tidak perlu lagi pusing dengan biaya operasional dan pemeliharaan server yang rumit dan mahal. Umumnya, penyimpanan awan menawarkan biaya langganan bulanan atau tahunan yang terjangkau tanpa terikat kontrak jangka panjang. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Flashdisk Agar Tidak Salah Pilih!

Cara Kerja Penyimpanan Cloud

Cara Kerja Cloud Storage
SC: Freepik

Setelah menyimak penjelasan tentang apa itu cloud storage dan keuntungannya, kali ini akan membahas tentang bagaimana cara kerja penyimpanan cloud. Penyimpanan cloud bekerja menggunakan jaringan internet yang luas dan pusat data yang kuat. Pusat data ini memastikan aksesisibilitas dan redundansi data yang optimal. Berikut cara kerja cloud dalam menyimpan data: 

  • Langkah pertama yaitu dengan mengunggah. Kamu hanya perlu mengirimkan file melalui koneksi internet ke server jarak jauh yang aman di pusat data penyedia layanan cloud.
  • Keamanan data adalah prioritas utama. File-file tersebut dienkripsi dengan algoritma canggih, mengubahnya menjadi kode yang tidak terbaca tanpa kunci enkripsi.
  • Saat ingin mengakses data, masuk ke akun cloud storage kamu dan jelajahi serta kelola file dengan bebas, seperti mengunduh, mengedit, menghapus, atau membagikannya dengan orang lain.
  • Data kembali ditransmisikan melalui internet ke perangkatmu. Kecepatan transfer data ini bergantung pada koneksi internet.
  • Penyimpanan cloud umumnya mencadangkan data di beberapa lokasi berbeda untuk memastikan keamanan dan ketahanan terhadap berbagai situasi.

Contoh Layanan Cloud yang Populer  

Apa Itu Cloud Storage?
SC: Freepik

Cloud Storage memungkinkan kamu untuk menyimpan data di server jarak jauh yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui internet. Melihat tingginya kebutuhan penyimpanan cloud di era digital ini, banyak penyedia layanan yang berlomba-lomba menawarkan solusi terbaik dengan berbagai keunggulan. Berikut 5 contoh layanan penyimpanan cloud terbaik yang bisa kamu gunakan:

  • Dropbox: User-friendly, kapasitas gratis, mudah berbagi file.
  • Google Drive: Terintegrasi dengan akun Google, mudah menyimpan dan berbagi dokumen, spreadsheet, foto, dan video.
  • Microsoft OneDrive: Terintegrasi dengan Office 365, cocok untuk pengguna dokumen Microsoft Office.
  • Amazon Drive: Beragam pilihan penyimpanan, opsi berlangganan, bonus untuk pelanggan Amazon Prime.
  • iCloud: Terintegrasi dengan perangkat Apple, mudah menyimpan dan menyinkronkan data.

Baca Juga: Spesifikasi Flashdisk JETE U1: Cocok untuk Menunjang Kerja

Penutup 

Itulah penjelasan tentang apa itu cloud storage, keunggulan, cara kerja, dan contoh layanannya. Keberadaan penyimpanan cloud memudahkan pengguna untuk mengakses datanya dari mana dan kapan saja. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan penyimpanan cloud juga dibutuhkan perangkat yang optimal. Yuk, upgrade perangkatmu dengan pilihan aksesoris komputer dari JETE. Temukan promo menarik lainnya di sini

Artikel terkait:

April 11, 2024

April 10, 2024

April 9, 2024

April 8, 2024

April 5, 2024

April 4, 2024

About the author, JETE Contributor