5 Tips Memilih Flashdisk Agar Tidak Salah Pilih!

Januari

23

0 comments

JETE Indonesia – Flashdisk menjadi salah satu perangkat yang memberikan banyak manfaat bagi penggunanya terutama bila kamu adalah tipikal orang yang memiliki mobilitas tinggi. Meskipun sudah banyak penyimpanan berbasis cloud, namun flashdisk masih menjadi salah satu perangkat yang masih banyak digunakan karena manfaatnya. Agar tidak salah pilih, kamu harus mengetahui tips memilih flashdisk di bawah ini!

Mengapa Harus Flashdisk?

Tips Memilih Flashdisk
sc: freepik

Flashdisk masih merupakan alat yang populer untuk menyimpan dan mentransfer data. Mereka mudah digunakan, portabel, dan terjangkau. Flashdisk sering digunakan untuk menyimpan file penting, seperti dokumen, foto, dan video. Mereka juga digunakan untuk mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa orang masih menggunakan flashdisk:

  • Portabilitas: Flashdisk sangat portabel dan mudah dibawa ke mana saja. kamu dapat memasukkannya ke saku atau tas kamu dan membawanya bersama kamu.
  • Kemudahan penggunaan: Flashdisk mudah digunakan. kamu cukup menyambungkan flashdisk ke port USB di komputer kamu dan mulai mentransfer file.
  • Harga terjangkau: Flashdisk relatif terjangkau, terutama untuk kapasitas rendah.

Meskipun flashdisk masih merupakan alat yang populer, ada beberapa tren yang dapat berdampak pada penggunaannya di masa depan. Salah satu tren tersebut adalah peningkatan penggunaan cloud storage. Cloud storage memungkinkan pengguna menyimpan file mereka secara online, sehingga mereka dapat mengaksesnya dari perangkat apa pun yang memiliki koneksi internet.

Tren lain adalah peningkatan penggunaan perangkat seluler. Perangkat seluler memiliki penyimpanan internal yang lebih besar daripada sebelumnya, sehingga pengguna tidak perlu bergantung pada flashdisk untuk menyimpan file. Meskipun ada beberapa tren yang dapat berdampak pada penggunaan flashdisk di masa depan, flashdisk masih merupakan alat yang populer yang akan terus digunakan oleh banyak orang.

Baca juga: Ini Perbedaan RAM, ROM, dan Media Penyimpanan yang Perlu Diketahui

Tips Memilih Flashdisk

sc: freepik

Flashdisk menjadi barang wajib di era digital ini. Tapi dengan berbagai merk, kapasitas, dan fitur, memilih yang tepat bisa jadi membingungkan. Tenang, panduan ini akan membantu kamu!

1. Kapasitas

Pastikan kapasitas sesuai kebutuhan kamu. Musik dan dokumen butuh sekitar 16GB, film HD 32GB, dan game PC bisa mencapai 1TB. Pilih kapasitas yang cukup, tapi jangan berlebihan agar hemat. Jika kamu ingin menggunakan penyimpanan yang lebih besar dibanding 1TB, maka kamu bisa memilih hardisk eksternal atau SSD eksternal. Namun tentu saja bentuknya lebih besar dan tidak se-compact flashdisk yang mudah dibawa kemana-mana. 

2. Kecepatan Transfer

Kecepatan transfer mempengaruhi seberapa cepat file dipindahkan. USB 2.0 standar, USB 3.0 10x lebih cepat, dan USB 3.1 Gen 2 tercepat dengan 20 Gbps. Pilih sesuai kebutuhan, seperti USB 2.0 cukup untuk dokumen, USB 3.0 ideal untuk foto dan video, dan USB 3.1 Gen 2 cocok untuk transfer besar (film, game).

Kecepatan data ini merupakan kecepatan flashdisk dalam membaca maupun menyimpan data yang ada. Biasanya, kecepatan dalam membaca data lebih tinggi ketimbang kecepatan menyimpan data. Flashdisk yang bagus memiliki kecepatan pembacaan data paling tinggi hingga 34 Mbyte/s (272 Mbit/s).

Untuk kecepatan dalam penyimpanan hingga 28 Mbyte/s (224 Mbit/s). Pada USB 2.0, kecepatan transfer datanya adalah 14 Mb/s sampai 24 Mb/s. Kecepatan transfer ini bisa menurun ketika kamu menggunakan USB hub atau kabel USB.

3. Desain dan Daya Tahan

Flashdisk tersedia dalam berbagai ukuran dan bahan. Pilih yang sesuai gaya dan kebutuhan kamu. Flashdisk logam kokoh, plastik ringan dan murah, dan ada yang tahan air atau debu. Perhatikan juga konektor, pilih USB-A standar atau yang lebih modern seperti USB-C. Casing flashdisk yang bagus biasanya kuat dan kokoh. Memilih casing yang kuat merupakan kewajiban, mengingat penggunaan flashdisk yang lepas pasang mengharuskannya untuk kuat agar tidak mudah rusak. 

4. Fitur Keamanan

Jika menyimpan data sensitif, pilih flashdisk dengan enkripsi data. Ini mencegah akses tanpa password. Beberapa flashdisk juga memiliki tombol proteksi penulisan untuk mencegah penghapusan file tidak sengaja. Bentuknya pun beragam seperti adanya fitur pemindaian sidik jari atau fingerprint.

Sitem fingerprint pada flashdisk disebut-sebut sebagai fitur yang bisa diandalkan dan keamanannya cukup tinggi. Adanya fitur ini membuat satu flashdisk hanya dapat digunakan oleh satu orang saja untuk mengakses flashdisk tersebut. Sehingga flashdisk akan tetap aman karena meskipun berada di tangan orang lain belum tentu bisa membukanya.

5. Merk dan Garansi

Pilih merk dengan reputasi baik dan garansi yang bagus. Karena dengan membeli flashdisk dari merk terpercaya, kamu akan mendapatkan garansi terbaik bila terjadi sebuah kerusakan. Salah satunya merk yang menjual flashdisk adalah JETE.

Membeli flashdisk di JETE kamu akan mendapatkan garansi resmi rusak ganti baru selama 2 tahun. Store JETE tersebar di seluruh indonesia dengan layanan after sales yang aktif, sehingga kamu bisa konsultasi melalui online atau offline dengan mudah. 

Baca juga: Spesifikasi Flashdisk JETE U1: Cocok untuk Menunjang Kerja

Penutup

Itulah deretan tips memilih flashdisk yang wajib Anda ketahui. Dapatkan flashdisk dari JETE dengan harga terjangkau yang terdiri dari berbagai macam kapasitas. Semua produk JETE mendapatkan garansi resmi rusak ganti baru selama 2 tahun. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami via WhatsApp. 

Artikel terkait:

Juli 17, 2019

Juli 17, 2019

Juli 17, 2019

Juli 16, 2019

Juli 15, 2019

Juli 15, 2019

About the author, Arini Rizki Fauziah