7 Perlengkapan Lari Jarak Jauh, Tingkatkan Semangat!

Juni

29

0 comments

JETE Indonesia – Olahraga lari digemari berbagai kalangan, ini karena dapat dengan mudah dilakukan kapanpun dan di manapun. Tak heran, lari menjadi pilihan banyak orang untuk menjaga kebugaran dan meraih hidup lebih sehat. Buat kamu yang tertarik untuk memulai lari jarak jauh, bisa mempersiapkan diri dengan perlengkapan lari yang tepat agar aktivitas olahraga menjadi lebih nyaman dan aman. Simak rekomendasinya, ya!

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Lari 

Perlengkapan Lari Jarak Jauh
sc: Freepik

Olahraga lari memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh. Melakukannya secara rutin membantu menjaga kesehatan dan kebugaran serta program efektif untuk menurunkan berat badan. Meski olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan, namun kamu perlu mempersiapkan beberapa hal agar terhindar dari cedera. Berikut deretan hal penting yang wajib kamu catat: 

1. Pemanasan 

Pemanasan sebelum berlari adalah kunci untuk meminimalisir cedera. Meskipun fokus utama saat berlari adalah kaki, pemanasan seluruh tubuh tak kalah penting. Pemanasan memiliki manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan suhu tubuh dan fleksibilitas otot, mempersiapkan jantung dan sistem pernapasan, serta meningkatkan fokus. Kamu bisa mulai dengan jalan cepat selama 5-10 menit atau melakukan jumping jack selama 30 detik – 1 menit. 

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

2. Makan yang Cukup Bernutrisi

Lari jauh memang menguras banyak energi. Tak heran jika perut merasa keroncongan dan butuh asupan untuk kembali bersemangat. Namun, kamu perlu memperhatikan kapan waktu terbaik untuk makan. Jika ingin makan makanan berat, konsumsi 2 jam sebelum lari. Sedangkan untuk makanan ringan, berikan jeda waktu 30 menit sebelum lari. Makanan yang disarankan, antara lain oats, granola, smoothies, buah kering, dan buah segar. 

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Sebelum berlari, pastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik. Minum air putih yang cukup merupakan kunci untuk performa lari yang maksimal. Minumlah 2 gelas air putih 2 jam sebelum berlari. Hal ini membantu tubuh memiliki persediaan air yang cukup sebelum memulai aktivitas fisik. Jika kamu berencana berlari lebih dari 30 menit, kamu bisa membawa botol minum kecil yang mudah dibawa saat berlari. Kalau merasa haus, jangan ragu untuk minum lebih banyak air.

Baca Juga: 7 Aplikasi Lari Terbaik, Cocok untuk Pemula dan Pelari Pro

7 Rekomendasi Perlengkapan Lari Jarak Jauh

Bagi kamu yang ingin menekuni dunia lari, ada beberapa perlengkapan yang perlu untuk dimiliki. Perlengkapan lari jarak jauh tak hanya meningkatkan pace dan endurance, tapi juga mencegah cedera serta memaksimalkan performa. Berikut beberapa rekomendasi perlengkapan lari jauh yang wajib kamu punya. 

1. Pakaian yang Nyaman 

Pakaian yang Nyaman
sc: Freepik

Olahraga merupakan aktivitas yang menguras tenaga dan membuat tubuh berkeringat. Tapi, jangan jadikan hal tersebut alasan untuk malas berolahraga. Mengenakan pakaian yang tepat akan membuatmu bisa tetap nyaman dan fokus. Tips yang pertama yaitu pilihlah baju dan celana yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat, seperti dry-fit atau cotton pique. Bahan-bahan ini akan membuatmu merasa sejuk dan kering saat berolahraga. 

2. Sepatu Lari 

Perlengkapan Lari Jarak Jauh
sc: Freepik

Sepatu lari bukan sekadar alas kaki, tapi menjadi kunci untuk meningkatkan performa dalam berolahraga. Tak hanya membantu lari menjadi lebih kencang, sepatu yang tepat juga melindungimu dari cedera. Beragam pilihan sepatu lari tersedia, dari yang sporty hingga simple dan ringan. Tips dalam memilih sepatu yang tepat yaitu pilih yang ukurannya pas. Selain itu, pilih sepatu dengan bantalan bagian dalam yang empuk untuk kenyamanan maksimal saat berlari. 

3. Run Bag

Run Bag
sc: Tom’s Guide

Saat berolahraga, terkadang ada beberapa barang penting yang perlu dibawa, seperti dompet, kunci, handphone, atau air minum. Solusinya, kamu bisa menggunakan run bag. Pilih tas yang tidak terlalu besar, tapi memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk barang-barang pentingmu. Pastikan tali atau sabuknya dapat diatur dengan kencang dan rapat agar tas bisa menempel di pinggang dengan aman saat berlari.

4. Smartwatch 

Perlengkapan Lari Jarak Jauh
sc: Freepik

Jam tangan olahraga atau smartwatch bukan sekadar penunjuk waktu biasa. Bagi para pelari, jam tangan ini bagaikan asisten cerdas yang menemani setiap langkah. Beragam informasi penting terkait lari dapat dilacak dengan mudah, membantumu memantau performa ketika berolahraga. Kamu bisa mencatat durasi berlari, mengukur jarak tempuh, memantau detak jantung, hingga memutar musik favorit. Dengan smartwatch, kamu bisa semakin termotivasi. 

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Stamina Lari Agar Tidak Mudah Lelah

5. Headset Bluetooth 

Headset Bluetooth
sc: Freepik

Siapa yang tidak suka berlari sambil mendengarkan musik favorit? Headset bluetooth menjadi perlengkapan lari jarak jauh yang tepat untuk menemani langkahmu. Namun, kamu mungkin bertanya, amankah mendengarkan musik saat berlari? Jawabannya tetap aman! Asalkan kamu memilih headset yang tepat seperti JETE Open Ear 2. Headset bluetooth ini membuat kamu bisa mendengarkan musik namun masih bisa mendengarkan suara sekitar. 

6. Heart Rate Monitor 

Heart Rate Monitor
sc: Freepik

Heart Rate Monitor atau HRM merupakan salah satu alat penghitung detak jantung secara khusus. Alat ini memiliki sensor canggih di dada yang menempel langsung pada kulit sehingga memberikan data terkait detak jantung yang presisi. Kamu bisa memantau detak jantung selama berlari sehingga dapat menyesuaikan intensitas latihan dengan tepat. HRM ini juga kompatibel dengan berbagai perangkat, seperti smartwatch, smartphone, atau aplikasi fitness. 

7. Sunscreen 

Perlengkapan Lari Jarak Jauh
sc: Freepik

Sinar UVA dan UVB dapat menyebabkan kerusakan kulit seperti sunburn, penuaan dini, bahkan kanker kulit. Kamu bisa menggunakan sunscreen untuk melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV. Oleskan pada wajah dan seluruh tubuh sebelum beraktivitas di luar ruangan. Jika ingin perlindungan yang maksimal, kombinasikan sunscreen dengan topi, kacamata hitam, atau baju lengan panjang. Pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30 dan spektrum luas yang melindungi dari UVA dan UVB.

Baca Juga: Makanan yang Dikonsumsi Sebelum, Selama, dan Setelah Lari

Penutup 

Memilih perlengkapan lari jarak jauh sangatlah penting untuk meningkatkan performa saat berolahraga. Selain sepatu, kamu juga perlu menggunakan aksesoris tambahan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Apakah kamu ingin merasakan sensasi lari jarak jauh yang seru dan menantang? Ikuti event JETE RUN 2024! Kunjungi website JETE Indonesia untuk informasi lebih lanjut dan rasakan pengalaman lari jauh yang berkesan!

Artikel terkait:

Juli 8, 2024

Juli 2, 2024

Juni 29, 2024

Juni 28, 2024

Juni 27, 2024

Juni 25, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb