Apa Itu Strava dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Juni

28

0 comments

JETE Indonesia – Di era digital seperti sekarang ini, melacak aktivitas olahraga bukan lagi hal yang rumit. Berbagai aplikasi pelacak olahraga bermunculan, salah satu yang paling populer adalah Strava. Memiliki 76 juta pengguna di seluruh dunia, Strava jadi pilihan favorit para pecinta olahraga, terutama untuk berlari dan bersepeda. Penasaran bagaimana cara kerjanya? Mari kita bahas tentang apa itu Strava dan bagaimana cara menggunakannya!

Apa Itu Strava? 

Apa Itu Strava
sc: Canadian Running Magazine

Strava adalah aplikasi sekaligus platform untuk melacak aktivitas olahraga. Aplikasi ini dilengkapi dengan teknologi GPS sehingga dapat melacak data terperinci, seperti jarak yang ditempuh, kecepatan rata-rata, dan masih banyak lagi. Strava juga bisa mengubah setiap latihan menjadi kompetisi dengan adanya papan peringkat dan pencapaian. Kamu juga bisa terhubung dengan teman dan atlet lain serta bergabung ke komunitas sesuai dengan minat sambil menemukan teman baru. 

Fitur Aplikasi Strava

Fitur Aplikasi Strava
sc: Bikerumor

Aplikasi Strava tidak hanya mencatat aktivitas olahragamu, tetapi juga bisa memotivasi penggunanya untuk terus berolahraga. Pengguna bisa memantau performa untuk terus berkembang. Bahkan, kamu bisa saling berbagi pengalaman dalam berolahraga dan menjadikannya petualangan seru. Setelah membahas tentang apa itu Strava, saatnya mengenal fitur-fitur yang ada di dalamnya yaitu sebagai berikut: 

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

1. Fitur Challenge (Tantangan) 

Strava menghadirkan serangkaian tantangan yang menarik sebagai cara yang menyenangkan untuk memotivasi dan mendorong penggunanya dalam mencapai tujuan tertentu. Durasi tantangannya bisa bervariasi, mulai dari sehari hingga sebulan penuh, dengan pengguna diminta untuk mencapai target jarak, ketinggian, atau waktu di berbagai aktivitas, seperti jalan kaki, lari, bersepeda, dan lainnya. 

Ketika berhasil menyelesaikan tantangan, pengguna akan mendapatkan penghargaan berupa badge yang dapat disimpan dalam koleksi Trophy Case. Selain itu, pengguna juga bisa melihat peringkat mereka dalam leaderboard yang mencantumkan nama-nama peserta yang mengikuti tantangan tersebut dari seluruh dunia. Kamu bisa melihat siapa yang tercepat, terjauh, atau tertinggi di tantangan yang diikuti. 

Baca Juga: 10 Smartwatch JETE Terbaik untuk Temani Aktivitasmu

2. Membuat Tantangan Sendiri Bersama Teman 

Selain menyelesaikan tantangan yang ada pada Strava, kamu juga bisa menciptakan tantanganmu sendiri bersama teman-teman. Di versi gratisnya, pengguna hanya bisa membuat tiga Group Challenges saja. Langkah pertama, pilih tipe tantangannya terlebih dahulu, seperti lomba lari terjauh, bersepeda tercepat, dan lain-lain. Kemudian, tentukan jarak tempuh dan durasi yang diinginkan. Terakhir, tentukan tanggal dimulai dan berakhir. Pastikan semua yang ikut sepakat, ya. 

3. Mengoleksi Lencana Sebanyak-Banyaknya 

Trophy Case di aplikasi Strava akan menampilkan lencana atau setiap badge dari semua tantangan yang telah ditaklukkan. Selain itu, kamu juga bisa membagikannya di media sosial, seperti Twitter, Facebook, atau WhatsApp agar teman-temanmu ikut terinspirasi. Cara mengaksesnya juga mudah, yaitu dengan membuka aplikasi Strava terlebih dahulu, lalu pergi ke You > Profile dan klik All Trophies.

Baca Juga: 10+ Fungsi Smartwatch yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membelinya!

4. Gabung ke Komunitas 

Strava hadir untuk membantumu tetap termotivasi dengan ikut bergabung di komunitas yang ada. Kamu bisa saling berkenalan, berinteraksi dengan komentar, likes, atau saling follow akun Strava. Pengguna bisa bergabung ke klub yang diinginkan untuk saling berbagi konten, berita, mengatur acara, dan mendapatkan feedback dari sesama anggota. Strava merupakan platform sosial yang bisa membuatmu tetap semangat! 

Cara Menggunakan Strava untuk Olahraga

Apa Itu Strava
sc: Tom’s Guide

Strava membantu pengguna untuk memilih jenis aktivitas yang akan dilakukan. Data yang diperoleh dari hasil pencatatan sangat rinci dan kamu bisa menggunakannya untuk meningkatkan latihan di masa depan. Dengan melacak latihanmu dari waktu ke waktu, maka bisa memantau kemajuan dan merasa termotivasi. Jika telah memahami tentang apa itu Strava dan fitur-fiturnya, berikut cara menggunakan Strava untuk olahraga: 

  • Buka aplikasi Strava dan klik ikon “Record” yang ada di bagian tengah bawah. 
  • Pastikan GPS smartphone telah aktif sebelum menekan tombol “Start”. 
  • Ketuk ikon sepatu untuk mengubah jenis olahraga yang akan dilakukan.
  • Ketuk ikon hati jika ingin menghubungkannya dengan aksesoris olahraga seperti smartwatch.
  • Klik “Start” lalu mulailah latihan seperti biasa. 
  • Aplikasi tetap bisa berjalan meski layar smartphone mati. 
  • Klik ikon “Pause” jika telah menyelesaikan latihan. 
  • Kamu bisa mengecek waktu berlari dan jarak yang telah ditempuh. 
  • Klik “Finish” dan input beberapa data yang dibutuhkan sebelum disimpan. 

Baca Juga: JETE Rilis Tiga Smartwatch Baru, Ini Fitur Unggulannya!

Penutup 

Sekarang jadi lebih paham kan tentang apa itu Strava, fitur, dan cara menggunakannya? Jangan lupa untuk terus mencatat latihanmu agar lebih mudah untuk dipantau ketika ingin meningkatkan performa. Aplikasi Strava juga bisa disambungkan dengan smartwatch dan salah satu perangkat yang support adalah smartwatch terbaik dari JETE Indonesia. Temukan berbagai smartwatch menarik lainnya dengan kunjungi JETE Indonesia

Artikel terkait:

Juni 29, 2024

Juni 28, 2024

Juni 27, 2024

Juni 25, 2024

Juni 24, 2024

Juni 22, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb