Apa Itu TWS? Pengertian, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

Maret

7

0 comments

JETE Indonesia – Di era teknologi yang terus berkembang, Hal ini menyebabkan perangkat audio semakin merajalela, salah satunya adalah TWS atau true wireless stereo. Sebuah teknologi audio tanpa kabel yang populer karena penggunaannya yang nyaman dan fleksibel. Yuk simak artikel berikut untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu TWS hingga cara menggunakannya dengan benar.

Apa Itu TWS?

Apa itu TWS?
sc: Freepik

TWS atau true wireless stereo mungkin  sudah menjadi istilah umum yang kamu dengar. Namun apakah kamu tahu apa itu TWS? TWS adalah teknologi yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan dua perangkat audio secara nirkabel melalui bluetooth.

Dibandingkan dengan aksesori nirkabel lainnya yang masih mengandalkan koneksi fisik. True wireless stereo tidak memerlukan kabel sama sekali, baik untuk menghubungkan dengan sumber media maupun antara satu earbud dengan yang lainnya.

Promo "JETE THR" dapatkan Diskon up to 50% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Hasil audio yang dihasilkan oleh true wireless stereo juga terbilang menarik karena mampu menciptakan koneksi yang kuat dan jernih dengan mengirimkan sinyal secara terpisah ke earbud kiri dan kanan. Bahkan, dapat mencegah ketegangan listrik sehingga menjadikan true wireless stereo aman.

Baca juga: 10 Rekomendasi TWS Terbaik JETE 2024!

Kelebihan TWS

Apa itu TWS?
sc: Freepik

Tidak adanya kabel pada true wireless stereo membuat kamu dapat bergerak dengan bebas tanpa khawatir dengan kabel yang mengganggu. Berikut ini adalah beberapa kelebihan true wireless stereo yang menjadikannya banyak diminati oleh banyak orang.

1. Performa Suara Jernih

Salah satu kelebihan yang menonjol dari TWS adalah performa suara yang jernih dan memuaskan. Sebagai penggemar musik, true wireless stereo sangat cocok buat kamu karena menawarkan kualitas audio yang luar biasa untuk memuaskan kebutuhan mendengarkan musikmu.

Selain itu, sebagian besar true wireless stereo juga didesain dengan driver yang powerful dan memiliki bass yang dalam. Dengan fitur pengaturan EQ, kamu juga dapat menyesuaikan suara sesuai preferensimu untuk meningkatkan kualitas audio secara keseluruhan, dan membuat sesi mendengar musikmu menjadi lebih unik.

2. Nyaman dan Flexibel

 true wireless stereo juga terkenal dengan penggunaannya yang nyaman dan fleksibel. Sebagai pengguna, kamu dapat memastikan kenyamanan di telinga kamu dalam jangka waktu yang lama. Adanya berbagai ukuran ear tip yang disediakan juga dapat kamu sesuaikan dengan bentuk telinga kamu, sehingga memberikan kenyamanan lebih pada telinga.

Selain itu, true wireless stereo juga hadir dengan desain ergonomic yang cocok di telinga. Terdapat juga beberapa model lain yang memiliki bentuk bulat dan lebih tradisional. Beberapa true wireless stereo juga ada yang dilengkapi dengan ear fins atau wings untuk menjaga tetap aman saat beraktivitas fisik seperti olahraga.

Baca juga: Aplikasi JETE Connect Kini Bisa Terhubung dengan TWS JETE

3. Daya Tahan Baterai Awet

Apa itu TWS?
sc: Freepik

Daya tahan baterai yang dimiliki true wireless stereo juga terbilang awet. Sehingga, kamu dapat menikmati kebebasan tanpa kabel dengan durasi baterai yang mencukupi untuk kegiatan sehari-hari, seperti berlari, bekerja, atau sekedar menikmati musik favorit.

Beberapa model true wireless stereo bahkan memberikan 12 jam penggunaan dan kepraktisan tanpa harus sering mengisi ulang daya. Terlebih lagi, bagi mereka yang aktif secara fisik. Selain itu ada juga true wireless stereo tahan air dan keringat untuk mendukung gaya hidup aktif tanpa harus khawatir baterai habis saat berolahraga.

4. Jangkauan Bluetooth Luas

Kelebihan TWS selanjutnya adalah jangkauan bluetooth yang luas mencapai lebih dari 9 meter. Hal ini membuat true wireless stereo sangat cocok untuk berbagai aktivitas di luar ruangan seperti bekerja di teras rumah atau olahraga.

Dengan jangkauan yang luas ini, kamu dapat bebas bergerak tanpa perlu khawatir akan kehilangan koneksi dengan perangkat sumber media kamu. Sehingga, kamu akan bebas dalam beraktivitas dengan menikmati kualitas audio yang baik tanpa gangguan.

5. Peredam Kebisingan

Active Noise Cancellation (ANC) yang ditawarkan oleh true wireless stereo menjadi kelebihan yang sangat berguna. Hal ini karena fitur ANC dapat memblokir kebisingan latar belakang kamu untuk dapat lebih fokus pada musik atau konten audio yang sedang dinikmati.

Jika kamu mencari pengalaman audio yang mendalam, memilih true wireless stereo dengan fitur ini adalah pilihan yang cocok. Bahkan, beberapa model TWS juga dilengkapi dengan transparency mode untuk mendengar lingkungan sekitar saat diperlukan. Sehingga kamu bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi TWS Mati Sebelah dengan Mudah

Tips Menggunakan TWS

Apa itu TWS?
sc: Freepik

Setelah kamu mengenal apa itu TWS dan kelebihannya. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu kamu menggunakan true wireless stereo dengan lebih baik dan nyaman dalam berbagai kehidupan sehari-hari.

1. Jangan Perbaiki Sendiri

Ketika menggunakan true wireless stereo, penting untuk diingat bahwa perangkat ini dirakit dengan sangat teliti oleh para ahli. Jika terjadi kerusakan, disarankan untuk membawanya ke pusat layanan resmi. Kamu harus menghindari memperbaiki sendiri karena tidak hanya berisiko gagal, tetapi juga dapat mengakibatkan kehilangan garansi.

2. Hindari Air

Seperti barang elektronik lainnya, TWS rentan terhadap air. Pastikan telingamu benar-benar kering sebelum menggunakan earphone untuk menghindari kerusakan air dan merusak komponen internal earphone. Sehingga, kamu dapat memperpanjang umur pakai dan menjaga kualitas audio dari perangkat. Namun, saat ini sudah banyak true wireless stereo yang memiliki fitur tahan air, jadi masih aman bila terkena percikan air atau keringat. Namun pastikan untuk tidak menggunakan true wireless stereo saat berenang.

3. Perhatikan Suhu

Selain air, kamu juga perlu memperhatikan suhu sekitar saat menggunakan true wireless stereo. Jangan letakkan pada tempat bersuhu ekstrim, baik terlalu panas maupun terlalu dingin. Jika cuaca tempat kamu seperti itu, pastikan jangan meletakkan perangkat TWS dekat dengan jendela atau di luar rumah karena dapat mempengaruhi kinerja baterai dan komponen elektronik dalam TWS.

4. Hindari penggunaan saat Badai

Tips Menggunakan TWS yang terakhir adalah menghindari penggunaan saat cuaca buruk atau badai dengan kilat petir. Saat badai, perangkat elektronik, termasuk true wireless stereo rentan terhadap lonjakan listrik yang dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Baca juga: Ini Cara Mudah Menggunakan Headset Bluetooth dan TWS!

Penutup

Itulah informasi seputar TWS, jangan lupa juga pilih dan gunakan rekomendasi TWS terbaik. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami via WhatsApp. Pastikan untuk belanja JETE via Website dan dapatkan berbagai promo menarik!

Artikel terkait:

April 16, 2024

April 15, 2024

April 13, 2024

April 6, 2024

April 2, 2024

Maret 30, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE THR" - Diskon up to 50% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb