Tips Merawat Speaker HP Agar Suara Tetap Jernih

Speaker HP

JETE IndonesiaSpeaker HP harus dirawat dengan baik agar tetap awet dan suaranya jernih. Ini sangat penting kalau kamu suka menonton film dan video atau mendengarkan musik melalui HP-mu. Kegunaan speaker smartphone sendiri lebih dari itu. Speaker juga sangat membantu ketika kamu sedang melakukan panggilan telepon.

Sebagai salah satu aspek yang sangat penting, speaker handphone justru mudah mengalami kerusakan. Itulah mengapa kamu harus merawat speaker HP dan menjaga kondisinya tetap bagus.

Penyebab Speaker HP Cepat Rusak

Speaker HP

Ada banyak faktor yang menyebabkan speaker handphone cepat rusak. Salah satunya adalah kotoran yang menempel pada speaker dan sudah mengendap dalam waktu yang cukup lama. Kotoran ini menyebabkan suara pada speaker jadi kurang jelas dan tidak nyaman didengar.

Jika sudah seperti ini, tentu saja HP jadi kurang enak digunakan. Selain itu, jika akan dijual lagi harganya pun turun drastis. Debu yang sudah lama menempel akan mengendap dan menjadi kerak seiring berjalannya waktu.

Penyebab selanjutnya adalah volume ketika menggunakan speaker. Speaker yang bagus adalah yang bisa mengeluarkan suara jernih, namun bukan berarti kamu boleh menggunakan volume yang paling keras. Justru inilah yang bisa membuat speaker HP cepat rusak.

Ketika volume kencang, gendang speaker yang bergetar kencang juga dan rentan mengalami kerusakan. Demikian juga jika kamu terlalu sering menggunakan headset. Daya speaker akan menurun karena jarang digunakan, sehingga level suaranya pun semakin mengecil.

Cara Merawat Speaker Pada HP 

Ini dia cara-cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kualitas suara speaker pada handphone kamu.

1. Bersihkan speaker secara rutin

Speaker HP perlu dibersihkan secara rutin. Speaker yang ada di handphone-mu memiliki unsur magnet yang bisa menarik debu dan kotoran dengan mudah. Jika tidak dibersihkan, maka akan semakin tebal lapisan kotorannya.

Membersihkan speaker bisa dilakukan dengan menggunakan tisu. Buka casing HP, lalu bersihkan dengan tisu atau kain bersih. Hindari membersihkan speaker dengan kapas untuk mencegah serat-serat kapas menempel pada speaker.

2. Jauhkan speaker dari benda bermagnet

Karena speaker sendiri sudah mengandung magnet, sebaiknya jangan didekatkan ke benda-benda lain yang mengandung magnet juga. Hal tersebut akan menyebabkan magnet speaker cepat rusak dan kehilangan sifat elektronya. Akibatnya, kinerja speaker jadi kurang maksimal.

Benda-benda lain yang mengandung magnet adalah alat-alat elektronik seperti TV, kulkas, microwave, dan masih banyak lagi. Letakkan HP kamu dalam jarak 1-2 meter dari benda bermagnet.

3. Jauhkan HP dari sumber air

Speaker HP

Jika HP kamu tidak dilengkapi dengan fitur waterproof, jauhkan dari sumber air agar speaker-nya tidak cepat rusak. Karena apabila speaker terkena air, maka suara yang dikeluarkan jadi kurang jernih dan mengganggu.

4. Hindari volume tinggi

Ini dia yang tadi sudah disinggung sedikit di atas. Hindari menggunakan volume maksimal pada HP kamu. Getaran yang ditimbulkan oleh volume tinggi menyebabkan lapisan pada speaker cepat pecah. Volume ideal saat menggunakan speaker pada HP adalah 80%. Jangan memutar musik lebih dari volume itu ya!

5. Gunakan headset seperlunya

Menggunakan speaker dengan volume tinggi memang tidak baik, namun jarang atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali juga sangat tidak disarankan lho. Terlalu sering menggunakan headset, earphone , atau speaker bluetooth dapat menurunkan daya speaker dan membuat volumenya mengecil.

Butuh Speaker Bluetooth Eksternal? Pilih JETE Aja!

Jika ingin speaker tetap bekerja dengan baik dan menghasilkan suara jernih, kamu harus merawatnya dengan baik. Selain menggunakan speaker HP bawaan, kamu juga bisa menggunakan speaker eksternal untuk mendapatkan efek suara yang dramatis dan  menggelegar. 

Kalau kamu mencari speaker bluetooth eksternal berkualitas, jangan ragu untuk pilih JETE. Produk-produk aksesoris gadget lainnya dari JETE bisa kamu dapatkan di Doran Gadget!

× Whatsapp