5 Langkah Mudah Merawat Mouse Wireless Agar Tetap Awet

Desember

1

0 comments

JETE IndonesiaMouse wireless menjadi perangkat yang cukup penting dalam menunjang pekerjaan dan aktivitas saat menggunakan komputer atau laptop. Namun, penggunaan mouse yang terlalu sering juga dapat membuatnya cepat rusak bila tidak dirawat dengan baik. Lalu, bagaimana cara merawarnya dengan benar?

Merawat Mouse Wireless

Berikut lima langkah mudah yang bisa Anda terapkan untuk menjaga mouse dengan koneksi wireless lebih awet dan tidak cepat rusak.

1. Cek Optik Mouse Wireless Anda

mouse wireless

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah mengecek optik mouse. Cara kerja mouse ini memang mengandalkan optik yang berada pada bagian bawah. Apabila optik terkena partikel debu dan kotoran, hal itu akan berpengaruh pada tingkat sensitivitasnya dan mempengaruhi kenyamanan saat digunakan.

Maka dari itu, bersihkanlah optik mouse dengan teratur saat Anda merasa kurang nyaman. Membersihkannya bisa dengan menggunakan kain bersih yang halus. Kemudian gunakan cairan pembersih khusus seperti cairan untuk membersihkan lensa kacamata. Usaplah optik secara halus dan pastikan sudah benar-benar kering untuk bisa digunakan kembali.

2. Matikan Saat Tidak Digunakan

Selanjutnya, matikanlah mouse wireless saat tidak digunakan. Biasanya, mouse jenis ini dilengkapi tombol indikator on/off yang ada di bagian dekat sensor atau di badan mouse itu sendiri. Meski terlihat sepele, langkah ini sangat bermanfaat dan membuat mouse awet. Mouse yang tidak segera dimatikan ketika tak digunakan akan berdampak pada masa pakai baterai.

Baca juga: 5 Tips Memilih Mouse Wireless yang Nyaman Digunakan

3. Hindarkan Mouse Wireless dari Benda Cair

mouse wireless

Jika Anda selalu meletakkan minuman di dekat komputer, khususnya di dekat mouse sebaiknya perlu berhati-hati JETE Lovers. Bila Anda tidak berhati-hati bisa saja air tumpah karena tersengol dan mengenai bagian mouse wireless. Apalagi jika terkena bagian yang sensitif seperti optiknya.

Ada baiknya saat menggunakan mouse tersebut pastikan permukaan benar-benar kering dan letakkan minuman di tempat yang agak jauh. Lalu, perhatikan pula tangan Anda saat mengoperasikan mouse dalam keadaan kering. Sebab, jika tangan masih dalam kondisi basah bisa saja air dapat mengalir ke celah-celah mouse dan masuk pada bagian komponen dalam sehingga cepat rusak.

4. Siapkan Baterainya

Jangan lupa untuk selalu menyiapkan baterai cadangan agar mouse tetap berjalan dengan baik. Tak jarang terkadang mouse kurang responsif saat digeser. Misalnya kursor tidak dapat berjalan dan sebagainya. Hal itu bisa jadi karena daya baterai mouse sudah habis. Oleh karena itu, segera siapkan dan ganti baterai mouse agar lebih nyaman saat digunakan kembali. Di sisi lain, menggunakan baterai dengan daya yang hampir habis bisa berdampak buruk pada komponen mouse.

5. Perhatikan Mouse Pad

mouse wireless

Selain keempat langkah di atas, Anda perlu memperhatikan mouse pad yang digunakan. Sebenarnya, mouse dengan teknologi wireless tidak memerlukan alas yang mahal asalkan lembut dan nyaman digunakan. Kemudian, gunakanlah alas dengan warna yang terang agar pergerakannya semakin mudah.

Memang, mouse jenis ini dapat digunakan tanpa alas khususnya pada meja granit hitam maupun permukaan trasnparan. Akan tetapi, jangan sering melakukannya. Sebab sensor pelacakan mouse lebih banyak menggunakan daya yang ada. Saat menggunakan alas berwarna terang, selain membuat pengoperasian lebih mudah hal itu juga akan membuat daya baterai menjadi lebih hemat.

Baca juga:  Keunggulan Mouse Wireless Dibandingkan Mouse Kabel

Mendapatkan Mouse Wireless Terbaik

Bagaimana, mudah bukan langkah merawat mouse wireless agar tetap awet saat digunakan untuk bekerja dan aktivitas Anda? Gunakanlah selalu mouse dengan kualitas terbaik seperti mouse dari JETE Indonesia dengan tingkat sensitivitas tinggi dan nyaman digenggam. Sehingga, membantu menyelesaikan pekerjaan dengan optimal.

Anda bisa mendapatkan mouse ini di outlet resmi JETE Indonesia maupun di marketplace atau di distributor utamanya seperti Doran Gadget. Dapatkan pula garansi rusak ganti baru dan tukar sepuasnya di setiap pembelian.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

Agustus 30, 2023

Agustus 9, 2023

Juli 31, 2023

Juli 27, 2023

Juli 21, 2023

Juli 11, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan