Viral Dipakai Debat Cawapres, Kenali 9 Jenis Microphone Ini!

Januari

10

0 comments

JETE IndonesiaDebat calon presiden dan wakil presiden beberapa waktu lalu sempat jadi perbincangan. Terutama ketika salah satu calon wakil presiden yang memaparkan pandangannya menggunakan tiga mikrofon sekaligus. Hal itu dilakukan karena untuk mengantisipasi apabila salah satu mikrofon tidak berfungsi. Tentu kita tidak akan membahas mengenai polemik itu JETE Lovers, tapi mengenai jenis microphone yang digunakan di berbagai acara termasuk debat pilpres ini. Apa saja di antaranya? Simak di artikel ini!

Jenis Microphone yang Sering Dipakai

Setidaknya ada sembilan jenis mikrofon dengan fitur-fitur terbaik. Selain itu, bentuk mikrofon tersebut berbeda-beda dan itu disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan. Berikut di antaranya:

1. Microphone Ribbon

Pertama ada mikrofon ribbon dengan bentuk unik yang khas. Selama ini, mikrofon ribbon hanya digunakan untuk kegiatan tertentu saja. Hal itu karena harganya harganya yang lumayan mahal. Dengan harga yang mahal itulah, kelebihan mikrofon ini mampu merekam instrumen sangat detail dan jelas. Misalnya suara saxophone, biola, dan lainnya. Di sisi lain, mikrofon ribbon sensitif terhadap kebisingan maupun suara latar belakang.

Baca juga: 5 Cara Merawat Mic Clip-On Agar Tetap Awet

2. Microphone Dynamic

Selanjutnya yakni mikrofon dynamic yang mungkin sudah tidak asing bagi kamu. Ya, karena mikrofon ini sering digunakan di berbagai acara. Termasuk penggunaan di panggung dan rekaman para musisi. Sensitivitasnya rendah dan cocok merekam suara dengan volume keras. Contohnya untuk perangkat seperti gitar dan drum. Keunggulan lain dari mikrofon dynamic adalah tahan dari suara latar belakang dan juga feedback.

3. Microphone Condenser

Jenis microphone lainnya yang tak kalah memiliki sensitivitas tinggi adalah condenser. Biasanya banyak digunakan dalam proses rekaman, baik vokal mapun instrumen. Itu karena mikrofon ini dapat menghasilkan output suara yang halus dan jernih. Di samping itu juga memiliki tingkat sensitif terhadap kebisingan.

Baca juga: 5 Aplikasi Perekam Suara Terbaik di HP 

4. Microphone Shotgun

Bentuk mikrofon shotgun cukup unik. Yakni dengan desain yang memanjang dan rapi. Berkat desain tersebut, dapat diandalkan untuk pengambilan suara saat rekaman dengan jarak yang sedikit lebih jauh sekalipun. Oleh jarena itu, banyak dipilih untuk produksi rekaman video, film, hingga video klip. Mikrofon ini juga memiliki tingkatan sensitif tinggi, khususnya untuk suara dari arah depan objek.

5. Jenis Microphone Headset

Seperti namanya, mikrofon headset adalah perangkat tambahan yang dipasangkan pada headset dan banyak diminati beberapa waktu belakangan. Biasanya banyak digunakan oleh para gamers untuk berkomunikasi antar tim. Ini karena dinilai lebih praktis. Jadi, pengguna tak perlu memegang mikrofon untuk berkomunikasi dan tetap berfokus pada game yang mereka mainkan.

Baca juga: 5 Tips Memilih Material Headset Gaming yang Baik

6. Microphone Instrumen

Bisa dibilang mikrofon instrumen adalah perangkat yang dirancang secara khusus dalam merekam suara tertentu. Biasanya untuk suara dari alat musik seperti bass, piano, gitar, dan drum. Keunggulannya adalah bisa menangkap suara secara jelas dan mendetail. Dalam perkembangannya, mikrofon ini memiliki variasi dan disesuaikan dengan model instrumennya, sehingga penggunaan lebih nyaman. Khususnya ketika berada di atas panggung.

7. Microphone USB

Di kalangan vlogger dan podcaster, mikrofon USB sangat populer. Kamu bisa menggunakannya hanya dengan mencolokkannya ke perangkat pendukung seperti komputer dan laptop  dengan port USB. Meski bentuknya tidak begitu besar, namun soal sensitivitasnya cukup unggul. Sehingga dapat menghasilkan output audio yang baik dan lebih optimal saat live.

Baca juga: 7 Peralatan Podcast Pemula Agar Konten Makin Berkualitas

8. Microphone Lavalier

Jenis microphone lavalier juga sering digunakan di berbagai kesempatan. Khususnya untuk acara TV dan presentasi. Bentuknya yang kecil dirasa lebih praktis dan cukup dipasangkan di baju atau kancing. Di sisi lain, tingkat sensitivitasnya juga tinggi. Karena dapat meredam suara latar belakang. Inilah yang membuatnya cocok dipakai pada ruangan dalam kondisi ramai.

9. Microphone Wireless

Terakhir ada mikrofon wireless yang tak kalah praktis. Banyak para presenter menggunakannya, begitu pula dengan para MC. Kamu tak perlu menggunakan kabel lagi untuk menyambungkan dengan perangkat pendukungnya. Cukup dengan donggle saja dan lebih leluasa kaena dapat dibawa ke mana saja dalam jarak jangkau cukup jauh hingga 20 meter.

Baca juga: 5 Kelebihan Mic Wireless Dibanding Mic dengan Kabel

Penutup

mic wireless
sc: JETE

Kini, kamu sudah tahu bukan beberapa jenis microphone yang sering digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari konser, seminar, sampai debat presiden yang sempat viral beberapa waktu lalu JETE Lovers. Kamu pun bisa menggunakan mikrofon wireless terbaik dari JETE Indonesia untuk berbagai aktivitasmu.

Dapatkan perangkat tersebut di official store yang tersebar di berbagai kota. Atau kamu bisa membelinya secara online di website JETE Indonesia. Raih berbagai bonus menarik di setiap pembelian untuk waktu tertentu. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

Mei 3, 2024

Mei 2, 2024

April 22, 2024

Maret 18, 2024

Maret 7, 2024

Februari 22, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan