5 Kelebihan Mic Wireless Dibanding Mic dengan Kabel

Juni

14

0 comments

JETE IndonesiaMikrofon jadi salah satu perangkat penting yang digunakan untuk membuat konten. Terutama untuk konten video maupun audio. Sebelumnya, untuk menangkap suara seseorang menggunakan mikrofon yang dilengkapi dengan kabel.

Namun, lambat laun mikrofon dengan kabel ini dirasa kurang pas karena tidak praktis. Sehingga, kini muncul mic wireless. Lantas, apa saja kelebihan mic wireless ini jika dibandingkan dengan mikrofon yang menggunakan kabel? Simak ulasannya!

Kelebihan Mic Wireless

Buat kamu yang masih penasaran apa saja keunggulan dan kelebihan mic wireless, berikut alasan mengapa kamu harus memilihnya untuk membuat konten dan aktivitas lainnya.

1. Memudahkan Pengguna Bergerak Bebas

Keunggulan yang pertama adalah memudahkan pengguna lebih bergerak bebas. Terkadang, mikrofon yang menggunakan kabel tidak efektif dan hanya terbatas di area tertentu saja karena panjang kabel yang terbatas pula. Beda halnya dengan mic wireless yang membuat pengguna lebih leluasa. Termasuk digunakan saat membuat konten vlog traveling, interview, ASMR, dan konten lainnya terutama untuk konten berupa video.

Baca juga: 5 Tips Memilih Mic Clip On yang Bagus untuk Bikin Konten dan Meeting

2. Praktis dan Tinggal Pakai

Menggunakan mic wireless bisa menghemat waktumu, lho JETE Lovers! Alasannya, kamu hanya cukup mengaktifkan dan menyambungkan dengan perangkat lalu tinggal pakai saja. Selain itu, tak perlu lagi memegang mikrofon sepanjang kamu membuat konten. Tanpa kabel yang mengikat, kamu bisa dengan mudah mengatur mikrofon sesuai kebutuhan, mulai dari mengubah posisi, atau berbagi mikrofon dengan orang lain tanpa repot lagi. Ini memungkinkanmu untuk lebih fokus saat bikin konten.

3. Memiliki Jangkauan Lebih Luas

Kelebihan mic wireless ketiga yakni memiliki jangkauan lebih luas dibandingkan mikrofon kabel yang terbatas. Koneksinya menggunakan sistem Bluetooth terbaru yang memiliki jangkauan lebih luas tanpa kabel tambahan. Tentu, ini mengurangi masalah pada mikrofon berkabel. Seperti kabel yang terinjak sehingga tidak terhubung ke sistem audio. Bahkan mic wireless ini ada yang memiliki jangkauan hingga jarak 100 meter.

Baca juga: 5 Cara Merawat Mic Clip-On Agar Tetap Awet

4. Bebas Interferensi

Selain memiliki jangkauan yang lebih luas, kamu pun tak perlu khawatir koneksi terputus dan banyaknya suara yang tidak diinginkan masuk ke dalam output audio. Hal itu karena pada mikrofon wireless dilengkapi dengan fitur peredam kebisingan dan mengurangi suara dari luar. Misalnya dengan teknologi Intelligent Noise Reduction. Suara pun lebih jernih dan bersih. Selain itu, banyak mikrofon wireless saat ini dilengkapi dengan fitur lain, seperti kontrol volume dan pengaturan frekuensi hingga mode suara yang memudahkan penggunaan dan penyesuaian sesuai kebutuhan.

5. Desain Lebih Ergonomis

Hal terakhir yang dapat diunggulkan dari mic wireless yakni dari desainnya. Kebanyakan mikrofon tanpa kabel memiliki desain persegi yang ramping. Bobotnya pun sangat ringan, bahkan bisa dimasukkan ke dalam kantong. Tak hanya itu saja, beberapa brand pun menambahkan pouch khusus yang untuk menyimpan mikrofon saat tidak digunakan. Dengan material pouch yang kokoh, dapat melindungi kerusakan mikrofon. Khususnya dari benturan dan terkena benda lainnya seperti debu dan air yang bisa menghambat kinerja.

Baca juga: Suara Speaker Pecah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Dapatkan Mic Wireless Terbaik dari JETE Indonesia

Itu dia JETE Lovers beberapa keunggulan dan kelebihan mic wireless dibandingkan dengan mic yang menggunakan kabel. Kini, kamu bisa mendapatkan mic wireless terbaik salah satunya adalah JETE MX1 Series yang dapat diandalkan di segala situasi. Sebab, mikrofon ini memiliki teknologi omnidirectional yang menangkap suara hingga 360°.

Selain itu, mendukung untuk penggunaan di kamera maupun smartphone dengan jarak jangkau hingga 10 meter. Selain itu, memiliki ketahanan baterai yang tangguh. Jadi, kamu bisa menggunakannya di luar maupun dalam ruangan. Kamu pun bebas memilih mode suara sesuai dengan kebutuhan. Dapatkan mikrofon ini di official store JETE Indonesia di kotamu.

Artikel terkait:

Agustus 30, 2023

Agustus 9, 2023

Juli 31, 2023

Juli 27, 2023

Juli 21, 2023

Juli 11, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp