7 Cara Mudah Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Februari

16

0 comments

JETE IndonesiaHandphone merupakan salah satu alat yang tidak pernah lepas dari tangan orang-orang. Bahkan, HP sudah dianggap sebagai kebutuhan sehari-hari dalam kehidupan. Dalam penggunaan yang panjang, tentunya HP memiliki berbagai risiko yang bisa kamu hadapi. Salah satunya adalah layar sentuh HP tidak berfungsi. Maka, ikuti artikel berikut untuk mengetahui solusi mengatasi layar hp tidak bisa disentuh!

Penyebab Layar Hp Tidak Bisa Disentuh

Layar HP Tidak Bisa Disentuh
sc: Freepik

Layar sentuh HP tidak berfungsi tentunya bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Kamu juga perlu mengetahui penyebab dari kerusakan tersebut. Berikut ini ada beberapa penyebab layar HP tidak bisa disentuh yang diantaranya:

1. Layar HP Kemasukan Air atau Debu

Penyebab layar HP tidak bisa disentuh yang pertama bisa saja diakibatkan karena kemasukan air atau kotoran seperti debu. Hal ini dikarenakan air bisa menyebabkan korsleting pada sistem operasi, sementara debu mengganggu respons layar terhadap sentuhan jari. Membersihkan debu secara teratur dan menjaga agar air tidak masuk ke dalam HP bisa kamu coba agar layar tetap berfungsi dengan baik.

Baca juga: Begini Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di HP!

2. HP Terbentur atau Tertekan

Ketika HP kamu mengalami benturan atau tekanan yang cukup keras, layar HP rentan mengalami kerusakan fisik yang bisa mengganggu fungsi layar. Meskipun menggunakan casing, tidak jarang layar HP bisa pecah akibat terjatuh. Ketika layar HP bermasalah, sensor layar sentuh bisa menjadi tidak responsif atau bahkan mengalami masalah pada sambungan kabel LCD.

3. Penyimpanan RAM Penuh

Penyebab terakhir adalah karena kapasitas RAM dan ROM-nya penuh. Kapasitas yang terbatas bisa mengakibatkan kinerja HP terganggu, terutama ketika RAM penuh karena aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Hal ini bisa menyebabkan layar sentuh HP tidak berfungsi hingga mengalami hang.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri yang Bisa Kamu Coba!

Atasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Setelah kamu mengetahui beberapa penyebab layar HP tidak bisa disentuh, selanjutnya kamu perlu mengetahui solusi dari penyebab yang terjadi pada HP-mu. Simak selengkapnya di bawah ini!.

1. Diagnosis Layar HP

Layar HP Tidak Bisa Disentuh
sc: Freepik

Cara atasi layar HP tidak bisa disentuh yang pertama adalah dengan melakukan diagnoisis layar. Kamu bisa download aplikasi “Display Tester” di Play Store untuk mengetahui penyebabnya. Setelah diinstall, buka aplikasi dan ikuti langkahnya untuk melakukan pengujian layar. Jika nilai indikator tidak mencapai 100%, itu bisa menjadi pertanda bahwa layar HP-mu mengalami kerusakan.

2. Tekan Perlahan Sudut HP

Layar HP Tidak Bisa Disentuh
sc: Freepik

Selanjutnya, kamu juga bisa atasi dengan menekan perlahan setiap sudut HP untuk memastikan komponen layar kembali terhubung. Dengan menekan secara lembut setiap sudut, kamu bisa mencoba menyatukan kembali komponen yang mungkin terlepas akibat benturan.

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Charger Hp yang Tidak Mengisi, Jangan Langsung Dibuang!

3. Aktifkan Safe Mode

Layar HP Tidak Bisa Disentuh
sc: Freepik

Jika layar HP tidak berfungsi seperti biasanya, kamu bisa mencoba aktifkan Safe Mode untuk mengidentifikasi apakah masalahnya disebabkan oleh aplikasi yang baru diunduh atau adanya malware. safe mode memungkinkan kamu menggunakan perangkat dengan sistem bawaan, menghapus sementara aplikasi dan layanan pengguna. Untuk mengaktifkan safe mode caranya meliputi:

  • Tekan tombol daya
  • Lalu pilih opsi “Nonaktifkan”
  • Saat ponsel mati, tekan tombol daya dan tombol volume turun secara bersamaan.

4. Restart HP

Layar HP Tidak Bisa Disentuh
sc: Freepik

Jika layar HP kamu tidak merespons terhadap sentuhan, melakukan restart HP juga  bisa menjadi langkah yang bisa kamu coba. Dengan melakukan restart, sistem bisa menormalkan proses yang sedang berjalan dan memperbaiki masalah pada sistem operasinya. Caranya cukup sederhana:

  • Tekan tombol daya beberapa detik
  • Tunggu HP hingga memuat ulang
  • Setelah proses reload selesai, coba operasikan layar sentuh HP kamu untuk melihat apakah masalahnya teratasi.

5. Lepas Anti gores

Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Jika layar HP kamu tiba-tiba tidak merespons atau kurang responsif setelah memasang lapisan anti gores, melepas perlindungan tersebut mungkin merupakan langkah pertama yang perlu kamu coba. Meskipun lapisan anti gores dibuat untuk melindungi layar dari goresan. Dalam beberapa kasus, anti gores juga bisa mengganggu sensor layar dan menyebabkan tidak responsif.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Ghost Touch di HP dengan Mudah

6. Pakai Keyboard & Mouse Eksternal

Layar HP Tidak Bisa Disentuh
sc: Freepik

Ketika layar HP tidak bisa disentuh, menggunakan keyboard dan mouse eksternal bisa menjadi solusi praktis yang bisa kamu coba. Dengan memanfaatkan keyboard bluetooth untuk mengetik dan mouse untuk mengoperasikan perintah, kamu bisa tetap menggunakan HP meskipun layarnya tidak berfungsi dengan baik.

7. Layanan Service

Layar HP Tidak Bisa Disentuh
sc: Freepik

Mengunjungi layanan Service Center bisa menjadi langkah terakhir yang penting. Meskipun terkadang sulit untuk dihindari, pergi ke layanan resmi dari vendor ponsel bisa memberikan keuntungan tersendiri. Dengan demikian, kamu bisa memastikan penggunaan suku cadang yang original dan mendapatkan bantuan dari petugas service yang terlatih secara profesional.

Baca juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Hang, Freeze, dan Lag!

Penutup

Meskipun masalah layar HP tidak bisa disentuh bisa sangat mengganggu. Dengan langkah-langkah di atas, kamu bisa mencoba mengatasi sebagian besar masalah tersebut dengan mudah. Untuk melindungi layar HP kamu dari kerusakan dan masalah sensitivitas layar HP, pertimbangkan untuk memasang screen protector yang tersedia di official store JETE Indonesia.

Artikel terkait:

April 6, 2024

April 4, 2024

April 3, 2024

April 2, 2024

Maret 30, 2024

Maret 28, 2024

About the author, JETE Contributor