5 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Hang, Freeze, dan Lag!

Januari

18

0 comments

JETE Indonesia – HP hang, ngefreeze, dan ngelag adalah masalah yang umum dialami oleh pengguna smartphone. Kondisi ini dapat membuat pengguna merasa kesal dan tidak nyaman, karena ponsel menjadi tidak responsif dan tidak dapat digunakan dengan normal. Sebenarnya apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi HP hang? Tenang saja, kamu bisa mencari tahu jawabannya di bawah ini! 

Penyebab HP Nge-Hang 

cara mengatasi hp hang
sc: Tribunnews.com

Pertama-tama, penting untuk memahami penyebab umum mengapa HP sering mengalami masalah hang, ngefreeze, dan ngelag. Faktor seperti aplikasi yang berjalan secara bersamaan, kapasitas penyimpanan yang penuh, atau perangkat lunak yang tidak terbaru dapat menjadi penyebab utama. Ada beberapa penyebab HP hang, ngefreeze, dan ngelag, antara lain:

1. Kesalahan Software

Kesalahan software, seperti bug, virus dan malware dapat dengan mudah menyerang keamanan HP, terutama jika kamu mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak jelas atau tidak terpercaya. Pastikan untuk hanya mengunduh aplikasi dari toko aplikasi resmi dan sumber yang terpercaya. Selalu periksa ulasan pengguna sebelum mengunduh aplikasi baru.

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

2. Memori Penuh

Memori penuh, terutama pada memori internal, dapat membuat kinerja HP menjadi lambat. Ini dapat terjadi jika kamu sering menginstal aplikasi berukuran besar atau game-game berat. Atur pengelolaan memori dengan bijak, dan pastikan untuk membersihkan file-file tidak perlu secara rutin agar memori tidak terlalu terbebani.

3. Banyaknya Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Penggunaan berlebihan aplikasi secara bersamaan dapat menjadi salah satu penyebab utama HP mengalami hang. Setiap kali kamu menggunakan aplikasi dan tidak menutupnya secara benar, aplikasi tersebut masih berjalan di latar belakang, memakan resource yang seharusnya digunakan untuk kinerja HP secara optimal. Pastikan untuk menutup aplikasi dengan benar setelah selesai digunakan.

4. Sampah dan Cache yang Menumpuk

Sampah dan cache dari aplikasi yang terus menumpuk dapat menjadi beban berat bagi kinerja HP. Cache adalah data penyimpanan sementara yang dihasilkan oleh aplikasi untuk mempercepat proses, namun jika tidak dihapus secara berkala, dapat menyebabkan HP menjadi lambat. Membersihkan cache dan sampah secara rutin dapat membantu menjaga kinerja HP tetap optimal.

5. Kapasitas RAM yang Tidak Memadai

RAM merupakan komponen penting dalam menentukan kinerja HP. HP dengan kapasitas RAM yang tidak memadai cenderung mengalami lag dan hang. Pastikan untuk mengetahui kapasitas RAM pada smartphone kamu dan sesuaikan penggunaan aplikasi dengan kapasitas yang tersedia.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri yang Bisa Kamu Coba!

Cara Mengatasi HP Hang dan Ngefreeze

cara mengatasi hp hang
sc: kompas

Tidak perlu panik, untuk mengatassi HP Hang dan Ngefreeze kamu bisa melakukan sendiri di rumah sebelum membawanya ke service center. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi HP hang, ngefreeze, dan ngelag:

1. Restart / Force Stop 

Mengatasi masalah HP yang hang, ngefreeze, atau ngelag dapat dilakukan dengan cara termudah, yaitu dengan merestart ponsel. Restart ponsel akan memuat ulang sistem dan menghapus proses-proses yang berjalan di latar belakang, membantu mengembalikan kinerja perangkat ke kondisi normal. Selain itu, untuk mengatasi aplikasi yang crash, kamu dapat melakukan force stop dengan membuka menu “Settings/Pengaturan,” memilih aplikasi yang bermasalah, dan menekan tombol “Force stop/Paksa henti.”

Langkah ini membantu menghentikan aplikasi secara paksa, dan setelah itu, kamu dapat membukanya kembali. Tekan dan tahan tombol daya selama beberapa detik, pilih opsi “Restart,” dan tunggu hingga smartphone dimuat ulang. Setelah itu, kamu dapat membuka kembali aplikasi yang sebelumnya di-force close untuk memastikan kinerja yang lebih baik.

2. Bersihkan Cache dan Data Aplikasi 

Salah satu faktor penyebab HP mengalami hang adalah akumulasi sampah atau cache di perangkat. Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk secara rutin memeriksa dan membersihkan cache HP. Sistem Android biasanya memberikan notifikasi otomatis untuk membersihkan cache, namun pengguna juga dapat menggunakan aplikasi pembersih untuk tugas ini.

Tindakan ini dapat membantu mengatasi berbagai masalah yang berpotensi menyebabkan kinerja yang kurang optimal atau bahkan freeze pada perangkat. Jadi, membersihkan cache secara berkala merupakan langkah preventif yang dianjurkan untuk menjaga kinerja HP.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan dapat menghabiskan memori internal dan RAM, sehingga menyebabkan HP hang, ngefreeze, dan ngelag. Oleh karena itu, hapuslah aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan untuk meningkatkan performa ponsel.

Proses penghapusan aplikasi dapat dilakukan melalui Pengaturan dan Aplikasi, dengan membuka aplikasi yang ingin dihapus dan menekan tombol hapus instalasi. Beberapa jenis smartphone juga memungkinkan penghapusan dengan cara menekan lama ikon aplikasi dan menyeretnya ke ikon tempat sampah. Sebelum menghapus, penting untuk memastikan bahwa tidak ada data penting yang akan hilang, dan jika perlu, membuat cadangan terlebih dahulu.

4. Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

Salah satu langkah penting untuk meningkatkan performa smartphone adalah dengan memperbarui sistem operasi ke versi terbaru. Pembaruan ini tidak hanya membawa perbaikan bug, tetapi juga peningkatan performa secara keseluruhan. Selain itu, melakukan pembaruan sistem operasi secara teratur juga dapat mengoptimalkan fungsionalitas perangkat.

Tidak hanya sistem operasi, aplikasi-aplikasi yang terinstal di smartphone juga perlu diperbarui secara berkala. Pengembang aplikasi terus menyediakan pembaruan yang mengandung perbaikan bug dan peningkatan kinerja. Pengguna dapat dengan mudah melakukan pembaruan aplikasi melalui Google Play Store dengan mengetik nama aplikasi di kolom pencarian dan menekan tombol “Update/Perbarui”. 

5. Upgrade RAM

Peningkatan kapasitas RAM dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah HP yang mengalami hang akibat kapasitas RAM yang kurang memadai. Beberapa HP memungkinkan pengguna untuk mengupgrade kapasitas RAM, misalnya dari 2 GB menjadi 4 atau 8 GB. Untuk mengetahui apakah kapasitas RAM HP dapat ditingkatkan, pengguna disarankan untuk menghubungi service center dan menanyakan kemungkinan upgrade kapasitas RAM pada perangkat mereka.

Atau kamu bisa mengganti perangkat kamu ke smartphone generasi terbaru karena biasanya mereka telah menyematkan fitur RAM Extention, dimana ponsel secara otomatis akan mengupgrade RAM dengan meminjam ROM untuk mencegah aplikasi menjadi lemot saat digunakan. 

Baca juga: Begini Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di HP!

Penutup

Itulah deretan penyebab dan cara mengatasi HP Hang yang bisa kamu coba. Kalau kamu merasa sudah melakukan semua cara di atas namun tidak berhasil, sebaiknya segera bawa ke service center untuk pengalaman lebih lanjut, Agar lebih nyaman menggunakan smartphone untuk menunjang kerja dan aktivitas sehari-hari, kamu bisa gunakan berbagai aksesoris gadget pilihan dari JETE Indonesia.

Mulai dari powerbank, pelindung layar, charger, perangkat audio seperti headset dan TWS, dan sebagainya ada di sini. Dapatkan aksesoris tersebut di official store JETE Indonesia di berbagai kota di Indonesia maupun pembelian melalui website. Follow Instagram JETE Indonesia untuk melihat berbagai produk terbaru serta promo yang sedang berlangsung di waktu tertentu. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

Juni 18, 2024

Juni 5, 2024

Mei 31, 2024

Mei 28, 2024

Mei 22, 2024

Mei 21, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb