7 Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri yang Bisa Kamu Coba!

Desember

6

0 comments

JETE Indonesia – Pernahkah kamu mengalami situasi di mana HP-mu tiba-tiba mati sendiri, padahal baterainya masih cukup? Jangan khawatir, karena kita akan membahas cara mengatasi HP mati hidup sendiri yang biasanya terjadi pada ponsel dengan baterai tanam. Yuk intip cara lengkapnya di bawah ini! 

Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam 

sc: ipvanish

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi HP yang suka mati sendiri. Beberapa cara ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah lho.

1. Reset / Hard Reset / Factory Reset

Restart HP secara berkala merupakan langkah sederhana namun efektif untuk mengatasi masalah HP yang mati hidup sendiri, terutama pada ponsel dengan baterai tanam. Dengan memberikan kesempatan “istirahat” melalui proses mati dan hidup kembali, sistem dapat diperbarui, dan proses yang mungkin terjebak dapat diatasi. Meskipun demikian, ada opsi lain yang perlu diperhatikan, yaitu melakukan hard reset atau pengembalian ponsel ke pengaturan pabrik.

JETE Special Offer dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Namun, perlu diingat bahwa hard reset memiliki risiko karena tidak hanya mengembalikan pengaturan ponsel seperti semula, tetapi juga menghapus berbagai file dan data yang ada di dalamnya. Sebelum melakukan hard reset, disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Langkah-langkahnya cukup mudah, bukalah menu Pengaturan, lalu pergi ke Manajemen Umum, dan pilih opsi Reset Data Pabrik. Penting untuk memastikan bahwa proses reset data pabrik berjalan tanpa gangguan, dan sebaiknya ponsel terhubung dengan charger untuk menghindari masalah yang fatal.

2. Kalibrasi pada HP

Jika HP mengalami masalah hidup-mati yang disebabkan oleh baterai yang mungkin rusak, pertimbangkan untuk melakukan kalibrasi sebelum memutuskan untuk mengganti baterai. Caranya cukup sederhana, dimulai dengan membiarkan HP hingga baterainya benar-benar habis atau mati total. Selanjutnya, isi ulang daya baterai hingga mencapai 100%, meskipun saat itu HP dalam kondisi mati.

Setelah itu, hidupkan kembali HP dan pastikan baterai terisi penuh. Selanjutnya, gunakan HP hingga baterai habis lagi, lalu ulangi proses pengisian daya sampai penuh. Setelah proses ini selesai, kamu dapat membuka menu Pengaturan, menuju Pengaturan Perawatan Perangkat, dan memilih opsi Baterai untuk melihat penggunaan baterai.

Dengan melakukan langkah-langkah kalibrasi tersebut, diharapkan masalah hidup-mati pada HP dapat teratasi, dan baterai dapat bekerja secara optimal. Jika HP tidak lagi mengalami masalah mati hidup secara tiba-tiba, itu menkamukan bahwa kalibrasi telah berhasil dilakukan.

Baca juga: Ini Cara Membersihkan Kabel Charger dan Tips Merawatnya!

sc: freepik

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Aman 

Ada juga kemungkinan penyebab HP hidup-mati secara otomatis, karena adanya aplikasi mencurigakan yang terinstal ke dalam perangkatmu. Langkah pertama yang dapat diambil adalah mengidentifikasi dan menghapus aplikasi yang mencurigakan dari perangkat. Untuk melakukan ini, disarankan untuk merestart HP ke dalam mode aman, yang dapat diakses dengan menahan tombol Power, kemudian menekan dan menahan tombol Matikan hingga muncul jendela pop-up, dan terakhir memilih opsi untuk me-restart ke dalam mode aman.

Dalam mode aman, gunakan HP seperti biasa untuk beberapa waktu dan perhatikan apakah masalah terus muncul. Jika tidak, hal ini menkamukan bahwa ada aplikasi yang menyebabkan gangguan. Selanjutnya, keluar dari mode aman dan mulailah menghapus aplikasi secara berurutan untuk menemukan aplikasi yang menjadi penyebab masalah.

Penting untuk melakukan restart HP setiap kali setelah menghapus aplikasi. Selain itu, untuk mencegah kejadian serupa di masa depan, disarankan untuk berhati-hati saat menginstal aplikasi dan menghindari aplikasi yang tidak terpercaya atau berbahaya.

4. Kurangi Panas Berlebih

Kelebihan panas pada ponsel dapat menjadi penyebab mendadaknya mati perangkat. Ketika ponsel terlalu panas, entah karena penggunaan yang berkepanjangan atau kondisi lingkungan yang panas, perangkat secara otomatis akan mematikan diri untuk mencegah potensi kerusakan lebih lanjut. Ternyata, paparan suhu ekstrem, baik panas maupun dingin, juga berdampak pada kinerja baterai.

Ponsel yang mengalami suhu berlebihan, terutama panas, dapat menyebabkan baterainya cepat habis bahkan hingga mati sendiri. Sebaliknya, suhu dingin dapat sementara mengurangi kapasitas baterai. Oleh karena itu, menjaga suhu ponsel agar tetap optimal menjadi penting untuk meminimalkan risiko masalah baterai dan menjaga kinerja perangkat.

5. Update Sistem 

Munculnya bug atau kesalahan perangkat lunak juga dapat menjadi pemicu. Terutama jika perangkat lunak HP belum pernah diperbarui, bisa timbul ketidakstabilan sistem dan masalah lainnya. Pembaruan sistem perangkat lunak dirancang untuk menjaga kinerja HP dan mencegah potensi masalah yang tidak diinginkan. Untuk memastikan bahwa masalah tersebut tidak disebabkan oleh perangkat lunak yang bermasalah, langkah-langkah berikut dapat diikuti untuk memeriksa dan menginstal pembaruan terbaru.

Cara melakukannya cukup sederhana, yakni dengan membuka aplikasi Pengaturan pada perangkat, menggulir ke bawah, dan menemukan opsi Pembaruan Perangkat Lunak. Setelah itu, kamu dapat mengecek pembaruan yang tersedia dengan mengetuk opsi Periksa Pembaruan, dan jika ada pembaruan yang belum diinstal, unduh dan instal pembaruan tersebut. Proses ini dapat membantu memperbaiki bug, meningkatkan stabilitas sistem, dan mengoptimalkan kinerja HP.

Baca juga: Layar HP Kedip-Kedip? Begini Cara Mengatasinya!

sc: freepik

6. Masalah pada Baterai 

Walaupun jarang, baterai dapat mengalami kegagalan fungsi, terutama jika sudah rusak atau melewati masa pakainya. Kondisi ini dapat menjadi penyebab utama ponsel mati secara tiba-tiba. Oleh karena itu, langkah yang paling efektif dalam mengatasi masalah HP mati sendiri dengan baterai tanam adalah dengan mengganti baterai yang sudah tidak berfungsi dengan yang baru.

Beberapa masalah juga bisa timbul saat proses pengisian baterai, terutama terkait dengan port pengisian atau kabel yang digunakan. Jika ada ketidaknormalan pada salah satu dari ini, ponsel mungkin tidak dapat mengisi daya dengan baik, menyebabkan baterai habis dan menyebabkan ponsel mati. Memeriksa dan mengatasi masalah pada proses pengisian bisa menjadi solusi tambahan untuk memastikan kinerja optimal baterai dan mencegah mati tiba-tiba pada ponsel.

7. Bawa ke CS

Jika beberapa bagian perangkat keras HP mengalami kerusakan, dapat mengakibatkan gangguan sistem yang menyebabkan HP terus hidup dan mati secara otomatis. Dalam situasi ini, penyelesaian masalah mungkin tidak dapat dilakukan sendiri. Jika solusi-solusi sebelumnya tidak berhasil menghentikan siklus hidup-mati HP, disarankan untuk mencari bantuan profesional di pusat perbaikan resmi merek HP.

Untuk pengguna yang masih berada dalam masa garansi, pusat perbaikan resmi mungkin dapat memberikan perbaikan gratis. Namun, jika masalah masih persisten, ada kemungkinan bahwa HP mengalami kerusakan komponen yang memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Salah satu penyebab umum yang sering ditemui adalah kerusakan pada baterai, yang dapat menunjukkan tanda-tanda seperti HP mati hidup secara tiba-tiba. Karena baterai tanam sulit diganti secara mandiri, disarankan untuk membawa HP ke layanan servis untuk mengganti baterai tanam tersebut, terutama jika menghadapi masalah panas pada baterai.

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Charger Hp yang Tidak Mengisi, Jangan Langsung Dibuang!

Penutup 

Itulah cara mengatasi HP mati sendiri yang bisa kamu coba. Pastikan untuk menggunakan charger dan kabel yang tepat sehingga tidak akan merusak baterai tanam ponsel kamu. Gunakan home charger dan kabel charger terbaik dari JETE yang cocok untuk semua perangkat kamu. Bahkan charger iPhone dari JETE telah tersertifikasi MFI oleh Apple lho, yang artinya aman digunakan untuk perangkat Apple.

Kamu bisa mendapatkan semua produk JETE secara online maupun offline. Semua produk JETE mendapatkan garansi rusak ganti baru selama 2 tahun loh! Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami melalui WhatsApp! 

Artikel terkait:

April 24, 2024

Maret 28, 2024

Maret 27, 2024

Maret 16, 2024

Februari 14, 2024

Februari 12, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah

"JETE Special Offer" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb