Begini Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di HP!

Desember

14

0 comments

JETE IndonesiaFile yang hilang atau terhapus di HP terkadang membuat kita bete. Apalagi kalau file tersebut merupakan data penting. Namun, kamu tak perlu khawatir JETE Lovers, sebab ada beberpa cara mengembalikan file yang terhapus permanen di HP tersebut. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di artikel ini sampai tuntas, ya!

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di HP

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone, cara mengatasi hp lemot
sc: Freepik

Pengguna Android saat ini mungkin memiliki jumlah terbesar pengguna smartphone di berbagai belahan dunia. Untuk mengembalikan file yang terhapus secara permanan pada HP Android, setidaknya ada empat cara utama yang bisa dilakukan seperti:

1. Cek Kartu SD

Pertama, kamu bisa mengecek kartu SD yang digunakan di HP. Terkadang, tidak semua data tersimpan dalam memori internal smartphone. Apabila ada file yang tersimpan di kartu SD, maka dengan mudah bisa dicek kembali. Caranya adalah menghubungkannya dengan kabel USB ke komputer. Tunggulah beberapa saat hingga proses pemindaian selesai. Setelah kamu menemukan file yang hilang di HP dan masih ada di kartu SD, kamu dapat mengembalikannya ke HP Android.

"JETE Special Offer" dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Baca juga: 7 Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri yang Bisa Kamu Coba!

2. Lihat Kembali Cloud Storage

Cara yang kedua yakni dengan mengecek di penyimpanan komputasi awan atau cloud storage. Jika ingin menggunakan cara ini, kamu bisa masuk ke akun cloud yang kamu gunakan. Setelah itu, pilah dan pilih file mana yang terhapus di HP. Selanjutnya, unduh file atau gandakan di HP Android. Lalu, cobalah untuk membuka file tersebut kembali.

3. Cek Pakai Fitur Trash

Sebagian besar HP Android dibekali dengan fitur trash. Dimana cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan Recycle Bin di komputer. Biasanya, fitur ini ada di File Manajer dan berfungsi untuk menyimpan file terhapus dalam beberapa hari (paling tidak sekitar 30 hari sejak file dihapus atau bahkan lebih, ini tergantung pada jenis HP-nya) sebelum terhapus secara permanen.

4. Menggunakan Aplikasi

Langkah terakhir, kamu dapat menggunakan aplikasi. Ada banyak aplikasi dari pihak ketiga untuk memulihkan file yang telah terhapus. Beberapa aplikasi yang sering digunakan antara lain EaseUS MobiSaver, DiskDigger, dan Recuva. Ada juga aplikasi lainnya seperti DiskDrill maupun MiniTool Power Data Recovery. Unduh dan install aplikasi tersebut dari PlayStore untuk bisa digunakan di smartphone.

Baca juga: Tak Perlu Panik, Ini Cara Membuka Kata Sandi HP yang Lupa

Khusus Pengguna HP iOS

sc: Sotwe

Tak hanya bagi pengguna HP Android saja, cara mengembalikan file yang terhapus permanen di HP juga bisa dilakukan di sistem operasi iOS. Sebenarnya, caranya tidak jauh berbeda dengan HP Android, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah cara yang paling mudah dilakukan. Namun, pastikan untuk mengunduh aplikasi ini kapasitas ruang di ponsel iOS mencukupi. Sebab, jika tidak cukup aplikasi tidak akan berjalan dengan baik.
  2. Cara lainnya adalah dengan memeriksa kembali folder ‘Terhapus’ yang ada di iPhone. Biasanya folder ini berisikan file yang sudah dihapus. Akan tetapi, file yang ada di folder tersebut lama waktunya terbatas. Misalnya saja selama 30 hari.
  3. Gunakan media penyimpanan awan seperti iCloud dan iTunes. Apabila kamu menyimpan file di platform tersebut, maka dapat dengan mudah menemukan file yang sudah terhapus di HP. Hanya saja untuk menikmati fitur ini, dikenakan biaya tertentu. Jadi, pastikan sesuai kebutuhan dan hanya file-file penting saja yang akan disimpan.

Baca juga: Cara Mengembalikan Foto Terhapus atau Hilang di HP Android dan iPhone

Penutup

Bagaimana JETE Lovers, cukup mudah bukan cara mengembalikan file yang terhapus permanen di HP tersebut? Jadi, kamu tak perlu panik lagi ketika ada file yang tidak sengaja terhapus dan ingin mengembalikannya bisa menggunakan cara di atas.

Agar lebih nyaman menggunakan smartphone untuk menunjang kerja dan aktivitas sehari-hari, kamu bisa gunakan berbagai aksesoris gadget pilihan dari JETE Indonesia. Mulai dari powerbank, pelindung layar, charger, perangkat audio seperti headset dan TWS, dan sebagainya.

Dapatkan aksesoris tersebut di official store JETE Indonesia di berbagai kota di Indonesia maupun pembelian melalui website. Follow Instagram JETE Indonesia untuk melihat berbagai produk terbaru serta promo yang sedang berlangsung di waktu tertentu. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

Februari 12, 2024

Februari 5, 2024

Februari 1, 2024

Januari 31, 2024

Januari 24, 2024

Januari 22, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan

"JETE Special Offer" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb