6 Teknik Fotografi HP, Biar Kualitas Lebih Oke!

Februari

14

0 comments

JETE Indonesia – Sekarang semua orang bisa menjadi fotografer yang menghasilkan foto-foto keren hanya dengan HP atau smartphone. Namun dibalik itu semua, kamu harus ingat bahwa fotografi tidak sekadar tentang teknologi atau alat yang digunakan. Pengetahuan tentang teknik fotografi HP tetap menjadi kunci dalam menciptakan foto yang keren. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya, JETE Lovers!

Teknik Fotografi HP

Dikarenakan fotografi sekarang sudah mulai populer, teknik fotografi HP belakangan ini semakin ramai dipelajari, mulai dari yang menggunakan HP Android hingga menggunakan HP iPhone. Berikut ini adalah beberapa teknik fotografi HP yang wajib kalian ketahui dan dapat kalian terapkan.

1. Pilihlah Objek yang Menarik

teknik fotografi hp
sc: shootingstar

Pernahkah kamu mendapatkan hasil foto yang kurang memuaskan padahal kamu sudah mengembangkan dan menuangkan semua skill fotografimu dengan baik? Jika pernah, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena objek yang kamu pilih untuk dipotret kurang tepat. Terutama bagi kamu yang masih pemula, pastikan untuk memilih objek yang menarik. 

Jadi untuk menjadi seorang fotografer yang handal, kamu bisa mulai dengan memilih objek yang akan difoto. Karena dengan melakukan itu, secara tidak langsung kamu sedang melatih kepekaan atau pengetahuanmu terhadap penilaian bagus atau tidaknya sebuah objek. Selain dari segi visual, kamu juga harus tahu apakah objek tersebut dapat memberikan makna dan cerita ketika dipotret atau tidak.

2. Sesuaikan Fokus dan Pencahayaan

teknik fotografi hp
sc: lazone

Salah satu fitur yang umumnya ada di semua smartphone adalah mengatur fokus dan exposure gambar. Kamu dapat melakukannya secara manual maupun otomatis. Cukup tap pada layar ponselmu, maka lensa pada kamera HP akan secara otomatis langsung menangkap titik fokus gambar.

Pastikan objek tidak blur saat dipotret. Ini merupakan langkah dasar yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil foto yang jernih. Kamu mungkin kesulitan untuk mengikuti subjek yang bergerak dan harus melakukan fokus ulang sesuai kebutuhan.

Jika ingin melakukan fokus ulang, ketuk layar sama seperti sebelumnya untuk memperbaiki fokus kamera ponsel sebelum memotret gambar untuk memastikan subjek yang bergerak memiliki fokus yang sebaik mungkin. Kemudian, ikon berbentuk kotak atau lingkaran akan muncul di layar kamera yang bisa kamu gunakan untuk menyesuaikan fokus gambar ke semua isi di dalam ikon tersebut.

Selain itu, usahakan untuk fokus ke satu objek atau subjek utama. Banyak foto terbaik hanya menampilkan satu objek yang menarik tanpa mementingkan latar belakang atau background yang mana dapat melenceng dari esensi atau makna dari foto yang kamu inginkan. Jadi, saat kamu memfoto objek tunggal, luangkan waktu ekstra untuk menyusun latar belakang foto dengan baik. 

Beberapa fotografer profesional mengatakan bahwa objek tidak perlu mengisi seluruh bingkai, dan dua per tiga bagian foto harus berisi ruang negatif. Hal ini akan membantu objek lebih menonjol.

Untuk melakukannya, pastikan menyentuh layar ponsel untuk memfokuskan kamera pada objek yang kamu anggap sebagai objek atau subjek utama. Ini akan membantu kamu untuk memastikan fokus yang tepat dan pencahayaan yang optimal.

3. Gunakan Flash yang Seperlunya

teknik fotografi hp
sc: lazone

Tips fotografi di HP yang berikutnya adalah dengan menentukan penggunaan flash yang seperlunya ketika memotret. Tidak berarti di semua tempat yang redup kamu harus menggunakan flash, karena ada yang namanya low light photography. Sehingga penggunaan flash dirasa kurang diperlukan.

Sulit untuk menemukan foto HP yang bagus diambil dengan menggunakan flash. Saat  menggunakan flash, kebanyakan foto akan terlihat terlalu terang. Selain itu, flash juga akan mengubah warna secara negatif dan membuat objek manusia terlihat pucat.

Untuk menghindari hal tersebut,kamu bisa memanfaatkan sumber cahaya alami bahkan ketika gelap atau malam hari. Dengan menggunakan cahaya natural, kamu  bisa bermain dengan bayangan atau menciptakan siluet dengan menggunakan cahaya dari lalu lintas hingga bangunan di sekitar.

Akan tetapi, ada juga beberapa jenis fotografi yang sengaja menggunakan flash untuk menghasilkan foto yang memukau. Contohnya adalah hasil foto polaroid yang identik dengan objek yang terkena sorot flash. Ini membuktikan bahwa foto yang memiliki dark mood juga bisa lebih menarik daripada foto yang dipenuhi cahaya terang.

4. Pilihlah Angle Terbaik

teknik fotografi hp
sc: rumahmedia

Pemilihan angle atau sudut pengambilan gambar juga merupakan aspek yang sangat penting dalam teknik fotografi HP. Karena tergantung dari angle yang kamu pilih, kamu bisa akan memberikan kesan atau cerita yang berbeda pula pada hasil foto tersebut. Maka dari itu, kamu harus kreatif saat memilih angle, agar hasil foto menjadi lebih berkesan saat dilihat dan mampu menampilkan kesan dan cerita yang kamu inginkan pada yang melihatnya. 

Metode mengambil foto dari angle atau sudut pandang unik dan tak terduga cenderung menciptakan ilusi kedalaman atau tinggi pada subjek atau objeknya. Hal ini mampu membuat foto kamu menjadi lebih menonjol, karena sebagian besar foto HP diambil dengan sudut pandang lurus atau dari sudut pandang atas.

5. Pastikan HP Tetap Stabil 

teknik fotografi hp
sc: lazone

Masalah atau kendala yang sering membuat kualitas foto menjadi turun atau blur, buram atau distorsi adalah tremor dikarenakan getaran yang terjadi pada tangan ketika memegang HP.

Meskipun HP kamu mungkin sudah dilengkapi fitur stabilizer, tapi tetap saja HP kamu masih sensitif terhadap gerakan. kamu wajib menstabilkan kamera kamu terlebih dahulu atau menjaga kestabilan tangan agar dapat menghindari foto yang blur, buram atau distorsi.

Caranya, kamu bersandar pada dinding untuk mencegah tangan bergetar atau goyang. Jika kamu masih nggak bisa stabil saat memegang HP meskipun sudah bersandar di dinding, kamu sebaiknya harus menggunakan buku atau benda serupa. Contohnya, kamu bisa menggunakan tripod untuk menopang HP saat memotret agar tetap stabil sehingga kamu bisa menghasilkan foto terbaik. 

teknik fotografi hp
sc: lazone

Tripod HP sekarang sudah banyak pilihannya, ada yang ringandan simple. Tujuannya agar gambar tidak shaky dan lebih mudah ketika menggunakan rule of thirds. Ini adalah opsi alternatif terbaik buat kamu yang sering mengalami kesulitan untuk membuat gambar statis. 

6. Hindari Penggunaan Zoom

teknik fotografi hp
sc: lazone

Ketika mengambil foto dari jarak jauh, banyak orang dan fotografer pemula pasti akan mengandalkan atau menggunakan zoom untuk memperbesar detail kecil dari foto jarak jauhnya. Cara itu tidak dianjurkan jika kamu menginginkan foto yang jelas dan berkualitas tinggi karena itu malah akan membuat foto terlihat berbutir, buram, atau berpiksel. 

Perlu diingat bahwa fitur zoom di HP itu sendiri adalah zoom digital bukan langsung dari lensanya. Fitur zoom di HP juga akan menurunkan resolusi kamera yang mana malah akan membuat foto terlihat berbutir, buram, atau berpiksel.

Untuk itu, solusinya adalah kamu harus mendekati objek kamu secara langsung, kecuali ketika kamu mengambil foto binatang liar atau benda yang berbahaya. Sebaiknya, kamu ambil dari jarak yang aman dan nanti tinggal di-crop di aplikasi. Dengan cara ini, kamu tidak akan mengorbankan kualitas, dan kamu dapat lebih mudah bermain atau mengoptimalkan gambar yang lebih besar.

Namun khusus untuk smartphone flagship saat ini seperti Samsung Galaxy S Series Ultra telah dilengkapi dengan zoom yang cukup baik untuk memotret objek jarak jauh dengan lebih mudah dan jelas dibandingkan HP biasa. 

Memotret dengan HP Jadi Makin Seru Bareng JETE

Itulah deretan teknik fotografi HP yang wajib kamu ketahui dan bisa kamu terapkan. Gimana? Apakah tertarik untuk mencobanya? Agar mendapatkan pengalaman memotret terbaik seperti fotografer profesional, kamu bisa menggunakan tripod HP terbaik yang tersedia di JETE Store. Yuk! tunggu apa lagi? Nikmatilah kegiatan memotret atau fotografi dengan JETE yang bisa buat suasana jadi lebih bermakna!

 

Penulis: Fredrik Chandra (Petra Christian University)
Editor: Hendrik Ferdi Setiawan

Artikel terkait:

April 16, 2024

Maret 28, 2024

Maret 27, 2024

Maret 25, 2024

Maret 16, 2024

Maret 14, 2024

About the author, JETE Contributor