Apa Itu Road Trip? Inilah Definisi dan Manfaatnya Untukmu!

Februari

17

0 comments

JETE Indonesia – Kamu senang bepergian? Mungkin road trip bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa dilakukan. Namun, sebenarnya apa itu road trip? Secara harfiah jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, maka berarti perjalanan darat. 

Berbeda dari traveling yang bisa dilakukan dengan menggunakan transportasi umum, saat melakukan perjalanan darat kamu hanya akan menggunakan motor maupun mobil. Biasanya, jarak dan waktu tempuh road trip cukup panjang, sehingga lebih seru dilakukan bersama teman atau keluarga. Untuk itu, definisi road trip bisa juga diartikan sebagai perjalanan jarak jauh yang dilakukan secara berkelompok.

Manfaat road trip untuk kamu

Setelah memahami apa itu road trip, kini kamu juga perlu mengetahui manfaat dari melakukan aktivitas tersebut. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, cari tahu!

1. Memberi kesempatan berpetualang

Apa itu road trip dan manfaatnya
sc: Pexels

Jenis perjalanan ini memberi kesempatan kamu berpetualang lebih fleksibel. Saat melakukan perjalanan darat dengan jarak yang cukup jauh, misalnya Jakarta-Surabaya, kamu bersama rombongan bisa berhenti di tempat-tempat menarik yang ditemui di sepanjang jalan. Selain itu, kamu juga bisa memilih rute alternatif, serta memperpanjang atau memperpendek waktu perjalanan sesuai keinginan.

Baca juga: 10 Cara Cek Saldo E-Toll Lengkap, Mudah dan Cepat

2. Bisa mencoba beragam kuliner

apa itu road trip dan manfaatnya untuk kamu
sc: Pexels

Lebih lanjut, saat perjalanan darat kamu juga berkesempatan mencoba berbagai macam kuliner khas dari daerah yang dilewati. Pasalnya, dengan mengendarai kendaraan pribadi kamu lebih leluasa berhenti kapan saja dan di mana saja. Hal ini juga lebih menguntungkan ketika kamu tengah berburu oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kamu bisa lebih santai dan fleksibel dalam menentukan waktu berbelanja.

3. Menemukan tempat wisata baru

apa itu road trip dan manfaatnya
sc: Pexels

Beberapa orang mengaitkan apa itu road trip dengan kesempatan untuk menemukan tempat-tempat wisata baru yang belum banyak diketahui masyarakat umum. Tentu saja, ini bakal jadi pengalaman yang seru dan tidak terlupakan. Terlebih jika tempat wisata yang ditemukan memiliki pemkamungan alam yang mempesona. Sebelum dipadati pengunjung, kamu sudah pernah menikmatinya secara privat. Seru, kan?

Baca juga: Hati-hati Isi Baterai Ponsel di Mobil, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan!

4. Menambah wawasan budaya

apa itu road trip dan manfaat terbaiknya
sc: Pexels

Nggak cuma mencicipi kuliner lokal dan mengeksplor tempat wisata tersembunyi, kamu juga bisa menambah wawasan budaya melalui perjalanan cara ini. Pasalnya, kamu bisa lebih lama berinteraksi dengan warga lokal di sekitar. Mengenali bahasa daerah mereka serta mempelajari adat istiadat setempat. Artinya, selama road trip kamu pun dapat banyak ilmu baru yang mungkin belum didapatkan sebelumnya.

5. Menciptakan kenangan indah

apa itu road trip yang bisa menciptakan kenangan
sc: Pexels

Road trip mampu menciptakan kenangan bersama teman, keluarga, atau orang-orang tercinta dalam kehidupan kamu. Menghabiskan waktu untuk menempuh perjalanan jauh bersama-sama mampu menciptakan bonding yang kuat. Di samping itu, road trip juga membuka lebar kesempatan untuk kamu menemukan kesempatan menjelajah dunia di sekitar kamu dengan lebih bebas dan fleksibel.

Baca juga: JETE R2-20W – Charger Mobil Terbaik untuk Traveling

6. Sarana hiburan dan relaksasi

apa itu road trip untuk rileksasi
sc: Pexels

Terakhir, manfaat road trip tentunya menjadi sarana hiburan dan relaksasi untuk kamu yang setiap harinya harus menjalani rutinitas yang padat. Road trip merupakan waktu untuk bersantai dan melepaskan diri dari rasa jenuh. kamu dapat menikmati pemkamungan yang indah, menghirup udara segar, dan merasa lebih dekat dengan alam. Jadi, suasana hati atau mood kamu jauh lebih baik setelah melakukan road trip.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat road trip

apa itu road trip dan hal-hal penting yang perlu disiapkan
sc: Pexels

Demi memastikan keamanan dan kenyamanan selama road trip, ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan. Antara lain:

  1. Periksa kondisi kendaraan dalam keadaan prima sebelum dipakai untuk melakukan perjalanan jauh
  2. Pastikan kamu berada dalam kondisi fit
  3. Siapkan dana tunai untuk keperluan darurat, sebagai antisipasi jika tidak ada mesin ATM atau fasilitas pembayaran cashless
  4. Hanya bawa barang-barang penting yang memang dibutuhkan sehingga bagasi kendaraan tidak overload
  5. Segera istirahat di rest area maupun tempat ibadah jika kamu mulai merasa lelah atau mengantuk

Penutup

Pertanyaan kamu tentang apa itu road trip semoga terjawab dengan baik lewat artikel ini, ya. Jangan lupa, sebelum memulai road trip pastikan untuk melengkapi kebutuhan aksesoris mobil, seperti dash cam, car charger, kabel USB, Head Unit GPS, dan lainnya. Kamu bisa mendapatkan aksesoris tersebut melalui official store JETE Indonesia.

Artikel terkait:

April 11, 2024

April 8, 2024

April 6, 2024

April 3, 2024

April 2, 2024

Maret 26, 2024

About the author, JETE Contributor