6 Jenis Olahraga Pagi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Januari

17

0 comments

JETE Indonesia – Sebelum mulai beraktivitas ada baiknya kalau kamu meluangkan waktu untuk olahraga pagi. Hanya dengan sepuluh hingga dua puluh menit berolahraga, kamu bisa mendapatkan tubuh yang lebih bugar dan segar. Dengan begitu, kamu lebih siap menjalani padatnya aktivitas rutin.

Tidak perlu membayangkan latihan fisik yang berat, beberapa jenis olahraga pagi berikut ini cukup ringan dilakukan lho! Terlebih manfaatnya juga cukup banyak untuk dirimu secara fisik maupun psikis. Berikut ulasan selengkapnya.

Jenis Olahraga Pagi dan Manfaatnya

Rekomendasi olahraga pagi yang bisa kamu lakukan sebelum memulai aktivitas sehari-hari:

1. Stretching

Olahraga pagi hari bisa dilakukan dengan stretching
sc: Pexels

Stretching atau peregangan otot merupakan pilihan olahraga pagi yang paling mudah dan ringan dilakukan. Bahkan kamu bisa melakukannya di dalam kamar setelah bangun tidur. Mulai dengan peregangan otot leher. Caranya yaitu rilekskan bahu dan gerakkan kepala ke arah bahu kiri, tahan selama 15 detik, kemudian ulangi untuk sisi yang lainnya.

Lanjutkan dengan meregangkan otot punggung. Duduklah di tepi tempat tidur, dengan kaki berpijak di lantai. Lalu, kaitkan jari-jarimu dan raih ke depan, tekuk dari punggung tengah. Regangkan punggung atas dengan tangan ke depan setinggi bahu sampai kamu merasakan peregangan di antara tulang belikat.

Baca juga: Olahraga Sebelum Tidur: Jenis, Manfaat, dan Resiko

2. Jogging

Jogging jadi salah satu olahraga pagi paling banyak diminati
sc: Pixabay

Bosan stretching? Kamu bisa mencoba alternatif jogging di pagi hari. Tak perlu pergi ke lapangan lari, cukup berlari keliling kompleks perumahan saja. Kamu sudah bisa mendapatkan banyak manfaat untuk tubuh.

Jogging berperan penting dalam meningkatkan kesehatan organ jantung, paru-paru serta seluruh otot tubuh. Olahraga pagi ini juga bisa meredakan stres dan menjaga suasana hati jadi lebih baik. Pasalnya, hormon endorfin dilepaskan oleh tubuh selama kamu jogging. Hormon tersebut mampu meningkatkan semangat serta menciptakan perasaan positif.

3. Jenis Olahraga Pagi dan Manfaatnya – Yoga

Yoga juga jadi olahraga pagi yang cukup populer di Indonesia
sc: Pixabay

Yoga sangat cocok dilakukan di pagi hari karena bisa membantu kamu dalam melatih tubuh dan pikiran jadi lebih segar. Beberapa gerakan yoga juga efektif memperlancar aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih rileks dan bugar usai melakukan yoga.

Salah satu gerakan yoga yang direkomendasikan, yaitu pose pohon atau vrikshasana. Mulailah pada posisi berdiri tegak dengan punggung lurus, bahu rileks dan kedua tumit kaki bertemu. Setelah kaki terasa kokoh, pindahkan berat badan ke kaki kanan, angkat kaki kiri dari lantai, tekuk lutut kiri dan posisikan kaki kiri ke bagian dalam paha kanan. Jika sudah stabil, posisi tangan diangkat ke atas kepala.

Baca juga: 5 Perlengkapan Olahraga Untuk Gaya Hidup Sehat Kamu

4. Push Up

Push up adalah olahraga pagi paling mudah dilakukan di rumah
sc: Pexels

Olahraga pagi lain yang juga mudah dilakukan, yaitu push up. Aktivitas fisik ini juga gratis, karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli alat atau menyewa tempat khusus. Kamu bisa melakukan gerakan push up di dalam kamar dengan jendela terbuka atau di teras rumah untuk mendapatkan udara segar.

Meski terlihat sederhana, push up juga punya banyak manfaat untuk tubuhmu. Gerakan push up membantu membentuk otot-otot tubuh bagian atas, seperti tangan dan dada. Di samping itu, olahraga ini juga bisa melatih kekuatan otot jantung. Dengan begitu risiko serangan jantung bisa jauh diminimalisir.

5. Bersepeda

Bersepeda bisa kamu lakukan sebagai alternatif olahraga pagi hari
sc: Pixabay

Punya cukup banyak waktu di pagi hari sebelum beraktivitas? Kamu bisa memilih bersepeda sebagai alternatif olahraga yang menyenangkan. Luangkan waktu selama 20-30 menit untuk bersepeda, demi mendapatkan banyak manfaatnya. Kamu bisa berkeliling komplek perumahan atau bersepeda sedikit lebih jauh lagi di luar perumahan,

Tak hanya melatih otot kaki, bersepeda juga bisa memperkuat otot tangan kamu. Selain itu, selama bersepeda aliran darah ke seluruh tubuh mengalir lebih lancar. Artinya, peredaran darah tidak terhambat dan tubuh pun jadi lebih rileks.

Baca juga: Mengenal Heart Rate Monitoring dan Fungsinya di Smartwatch

6. Naik-Turun Tangga

Olahraga pagi paling mudah yaitu naik dan turun tangga di rumah
sc: Pixabay

Satu lagi olahraga pagi yang bisa kamu lakukan dengan mudah, yaitu naik dan turun tangga di rumah. Gerakan naik dan turun tangga bisa melatih otot kaki, mengecilkan perut, serta menguatkan jantung dan paru-paru.

Namun, pastikan anak tangga dalam keadaan aman untuk dilewati. Apabila anak tangga masih dalam keadaan basah, pastikan untuk lebih dulu membiarkannya kering. Hal ini penting diperhatikan untuk mencegah kemungkinan buruk kamu terpeleset ketika melewatinya.

Penutup

Banyak juga ya alternatif jenis olahraga pagi yang bisa kamu pilih. Kira-kira mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu? Agar semakin nyaman dalam berolahraga, kamu bisa menggunakan berbagai perangkat pendukung olahraga dari JETE Indonesia. Dapatkan perangkat tersebut dengan potongan harga khusus dengan cara masuk ke laman JETE Special Offer ini. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

Februari 27, 2024

Februari 24, 2024

Februari 23, 2024

Februari 21, 2024

Februari 20, 2024

Februari 17, 2024

About the author, JETE Contributor