Apa Itu Dashcam? Begini Cara Kerja & Manfaatnya!

Januari

17

0 comments

JETE IndonesiaPerkembangan teknologi kamera telah membawa dampak positif untuk berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah kemunculan dashboard camera atau dashcam. Walaupun terlihat sederhana, keberadaan perangkat ini memberikan perspektif baru bagi pengendara. Lantas, apa itu dashcam, cara kerja, dan manfaatnya? Simak ulasannya!

Apa Itu Dashcam?

Daschcam Terbaik
sc: VOI

Dashcam adalah perangkat atau kamera penangkap gambar yang biasa dipasang di dasbor atau kaca depan mobil. Perangkat dapat merekam video dari perspektif depan kendaraan dan dapat digunakan sebagai bukti dalam kecelakaan atau insiden di jalan. Beberapa dashcam juga dilengkapi dengan lensa belakang untuk merekam tampilan di belakang kendaraan.

Dashcam berfungsi sebagai penguat bukti yang merekam peristiwa di sekitar mobil saat sedang dikendarai. Pemasangan dashcam umumnya mudah, dan penggunaannya dapat membantu pengemudi mengatasi situasi yang tidak terduga atau membuktikan kejadian di jalan.

Baca juga: 5 Daftar Fitur AI di Google Map, Travelling Jadi Mudah! 

Bagaimana Cara Kerja Dashcam?

apa itu dashcam (2)
sc: Start Rescue

Setelah mengetahui apa itu dashcam, ketahui juga bagaimana cara kerja perangkat ini. Pada umumnya, dashcam dipasangkan di bagian cermin depan mobil. Dengan begitu, dapat merekam apa yang terjadi di depan. Selain itu, dashcam dapat menyala dan merekam secara otomatis ketika pemilik mulai menghidupkan mobilnya.

Kemudian, file video yang direkan tadi akan disimpan pada kartu SD. Oleh karena itu, mengingat kapasitas kartu SD ini terbatas, ada baiknya kamu memilah mana video yang dianggap penting dan menghapus yang tidak perlu. Namun, untuk dashcam dengan fitur memiliki fitur loop-recording, secara otomatis akan menghapus file lama dan membuat ruang penyimpanan untuk file baru.

Dashcam juga memiliki kemampuan merekam objek dengan sangat baik, tajam, dan jelas. Kamera ini dilengkapi dengan lensa wide-angle untuk menangkap objek secara menyeluruh dan lebih luas. Beberapa kamera dasbor ada yang menggunakan lensa ganda, yang merekam bagian dalam mobil. Selain itu, ada juga fitur pelacak GPS yang mencatat kecepatan mobil dan lokasi yang tepat. Ini akan membantu jika pengendara terlibat kecelakaan.

Baca juga: Memilih Charger Mobil Terbaik, Simak Tips Mudah Ini!

Manfaat Menggunakan Dashcam

apa itu dashcam (1)
sc: Pexels

Penggunaan dashcam tidak hanya sekadar aksesoris pemanis interior mobil saja. Alat ini memiliki sejumlah manfaat yang bisa dirasakan oleh pemilik kendaraan. Berikut beberapa manfaat menggunakan dashcam untuk aktivitas berkendara sehari-hari:

  • Sebagai bukti penguat ketika terjadi insiden. Dashcam dapat merekam rekaman kecelakaan atau tabrakan, memberikan bukti berharga untuk klaim asuransi dan proses hukum. Hal itu akan mempermudah polisi dalam mencari bukti kebenaran. Selain itu, melindungi pengemudi dari klaim palsu oleh orang yang tak bertanggungjawab.
  • Membantu meminimalisir tindakan penipuan. Hal ini terjadi saat klaim asuransi kendaraan. Pihak asuransi akan terbantu dengan adanya dascham untuk meneliti dan menghindari adanya kecelakaan rekayasa atau klaim cedera palsu. Rekaman tersebut dapat sangat penting untuk membuktikan keabsahan klaim.
  • Mempermudah pengendara saat parkir. Beberapa dashcam memiliki mode parkir yang memungkinkan pengendarau ntuk terus merekam saat kendaraan diparkir. Tentu, ini berguna untuk merekam kejadian tak diinginkan seperti perusakan, tabrakan saat parkir, atau insiden lain yang mungkin terjadi saat mobil ditinggalkan.
  • Dapat dijadikan sebagai dokumentasi perjalanan. Hal ini karena dashcam mendukung untuk perekaman video dengan hasil jernih dan tajam. Tak hanya itu, beberapa dilengkapi dengan GPS untuk mencatat rute. Rekaman ini dapat dibagikan dengan teman dan keluarga atau digunakan sebagai catatan pribadi.
  • Mendorong pengendara untuk lebih baik dalam mengemudi. Dengan begitu, pengendara dapat menghindari tindakan melanggar hukum ketika berada di jalan. Misalnya menerobos rambu, melaju dengan kecepatan tinggi, dan lainnya.

Baca juga: 5 Gadget untuk Traveling yang Wajib Kamu Bawa

Penutup

Sekarang kamu jadi tahu apa itu dascham, cara kerja, dan manfaatnya. Oleh karena itu, penggunaan nya sangat dianjurkan untuk mobil. Bingung cari dashcam terbaik dengan berbagai fitur unggulan dengan harga terjangkau? Kamu bisa gunakan dashcam JETE DC1 Series. Dengan sensor untuk parkir, pemantau gerakan, dan lainnya sangat cocok untuk kamu yang aktif berkendara. Dapatkan di official store JETE Indonesia atau secara online melalui website. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

Februari 7, 2024

Januari 29, 2024

Januari 23, 2024

Januari 18, 2024

Januari 17, 2024

Desember 22, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan