Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok, dari Konten Jadi Cuan!

Juni

18

0 comments

JETE Indonesia – TikTok menjadi platform media sosial yang digemari banyak kalangan, khususnya generasi muda. Platform ini menawarkan ruang bagi para penggunanya untuk mengekspresikan diri melalui video kreatif, mulai dari konten edukasi, informasi, hingga hiburan yang menarik. Salah satu hal yang membuatnya menarik yaitu TikTok membuka peluang sebagai ladang penghasilan. Ingin tau bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok? Simak pembahasan berikut, ya! 

Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Era digital menghadirkan berbagai peluang menarik untuk menghasilkan uang dan salah satu platform yang termasuk di dalamnya adalah TikTok. Di balik keseruannya, TikTok membuka gerbang pundi-pundi rupiah bagi para penggunanya. Banyak sekali cara yang bisa kamu coba, seperti dari gift, affiliate, dan masih banyak lagi. Namun, untuk memulainya butuh kerja keras, dedikasi, dan strategi yang tepat. Berikut cara mendapatkan uang dari Tiktok. 

1. Gabung di TikTok Creator Fund 

Gabung di TikTok Creator Fund
sc: Newsroom _ TikTok

TikTok Creator Fund merupakan program pendanaan Tiktok kepada para kreatornya. Program ini memungkinkan para TikTokers untuk mendapatkan penghasilan yang bervariasi berdasarkan ukuran audiens, kualitas interaksi dengan pengikut, dan frekuensi posting konten. Kamu yang pemula dan ingin bergabung ke TikTok Creator Fund bisa memperhatikan beberapa kriteria yang diperlukan sebagai berikut: 

  1. Berusia minimal 18 tahun.
  2. Berdomisili di negara yang terdaftar dalam program, seperti Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, atau Italia.
  3. Memiliki minimal 10.000 pengikut.
  4. Mendapatkan minimal 100.000 penayangan video dalam 30 hari terakhir.
  5. Mematuhi panduan komunitas TikTok dan persyaratan layanan.

2. Menjadi Influencer TikTok 

Cara menghasilkan uang dari TikTok
sc: Freepik

Selain melalui TikTok Creator Fund, cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya bisa dengan menjadi seorang influencer. Seorang influencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain melalui konten-konten kreatifnya. 

Kemampuan ini membuka kesempatan bagi para influencer untuk bekerjasama dengan brand dalam mempromosikan produk atau layanan mereka. Dari kerjasama tersebut, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Microphone Terbaik JETE untuk Bikin Konten

3. Sponsored Content 

Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok
sc: Freepik

Konten yang mempromosikan produk atau layanan dari suatu brand dan dikemas dalam bentuk review, endorsement, atau berbagai format menarik lainnya bisa menjadi peluang bisnis. 

Menariknya, kamu tak perlu memiliki jutaan pengikut untuk dapat monetisasi konten promosimu. Banyak brand terutama brand-brand menengah juga mencari influencer dengan jumlah pengikut yang lebih sedikit, namun memiliki engagement tinggi dengan audiensnya.

4. Ikut TikTok Affiliate 

TikTok Affiliate
sc: TikTok

TikTok Affiliate merupakan program yang menghubungkan kreator konten dengan para penjual (seller). Program ini membuka peluang bagi kreator untuk menghasilkan uang sekaligus menguntungkan penjual karena meningkatkan penjualan produk mereka. Kreator hanya perlu menautkan sebuah link produk pada konten video. 

Nantinya, pengguna TikTok yang melihat video tersebut bisa membeli produk melalui link tersebut.  Kreator akan mendapatkan komisi dari penjual. Para kreator berperan sebagai pihak yang menawarkan produk kepada calon pembeli. Biasanya, akan disematkan ikon keranjang kuning yang memudahkan penonton untuk langsung membeli produk. 

Semakin banyak penjualan yang dihasilkan dari tautan afiliasi kreator, semakin besar pula komisi yang akan mereka terima. Bagi pengguna TikTok, program ini menawarkan kemudahan dalam membeli produk yang diinginkan melalui konten-konten menarik. 

Baca Juga: Ini Cara Daftar TikTok Affiliate, Mudah dan Tanpa Minimal Followers Lho! 

5. Gift dari Live TikTok 

Gift dari Live TikTok
sc: Kabar24 – Bisnis

Cara menghasilkan uang dari TikTok berikutnya melalui gift di fitur live atau siaran langsung. Para kreator konten dapat menerima koin dari gift yang diberikan oleh penonton selama mereka siaran langsung. Koin yang didapatkan bisa diuangkan menjadi rupiah. 

Semakin banyak gift yang diterima, semakin banyak pula koin yang dikumpulkan dan semakin besar penghasilannya. Namun, perlu diingat bahwa untuk mendapatkan penghasilan yang siginifikan juga diperlukan banyak pengikut dan konten menarik. 

Cara Cek Penghasilan di Tiktok 

Setelah mengikuti berbagai cara di atas untuk meraup cuan di TikTok, saatnya mengecek penghasilan di TikTok. Ada beberapa cara yang bisa digunakan dan salah satu yang populer melalui TikTok Analytics. Fitur ini memberi gambaran menyeluruh tentang kinerja dari suatu konten, jumlah tampilan, engagement, dan masih banyak lagi. Pembahasan berikut akan menjelaskan langkah-langkah untuk mengecek penghasilan di TikTok melalui TikTok Analytics: 

  1. Buka Aplikasi TikTok dan masuk ke akun pribadi. 
  2. Pergi ke Profil dan klik ikon profil di bagian kanan bawah.
  3. Klik Menu Tiga Garis yang terletak di kanan atas, lalu pilih “Creator Tools”.
  4. Selanjutnya, pilih Analytics. Di sini kamu akan menemukan berbagai data tentang kinerja video, pengikut, dan penghasilan.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Holder HP untuk Aktivitas Anda

Penutup 

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu lakukan jika ingin menjadi konten kreator. Namun, untuk meningkatkan kualitas konten dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Smart Holder JETE W8 dari JETE Indonesia. Dengan menggunakan Smart Holder ini, proses pembuatan konten akan menjadi lebih stabil dan mudah. Kamu akan lebih fokus pada kreativitas tanpa khawatir tentang stabilitas perangkat!

Artikel terkait:

Juli 18, 2024

Juli 15, 2024

Juli 13, 2024

Juli 8, 2024

Juli 6, 2024

Juli 4, 2024

About the author, JETE Contributor