Cara Membuat Podcast di Spotify dan Alat yang Perlu Dipersiapkan

Juni

19

0 comments

JETE Indonesia – Membuat podcast di Spotify merupakan langkah menarik untuk berbagi konten audio dengan audiens yang lebih luas. Proses ini melibatkan beberapa tahap penting yang harus dipersiapkan dengan baik. Oleh karena itu, jika kamu berminat untuk menjadi seorang podcaster. Simak artikel berikut yang mengulas cara membuat podcast di Spotify.

Alat yang Perlu Dipersiapkan Saat Podcast 

Cara Membuat Podcast di Spotify
sc: Globo Vision

Sebelum lanjut ke cara membuat podcast, kamu harus mengetahui kalau ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu untuk memastikan kualitas dan kelancaran saat produksi podcast. Adapun beberapa alat yang harus kamu perhatikan adalah sebagai berikut!

  • Mikrofon: Alat utama podcast untuk menciptakan konten berkualitas dengan suara yang jernih ataupun terdengar jelas.
  • Headset atau Headphone:  Memantau dan mendengar suara saat merekam dan mengedit podcast.
  • Audio Interface: Diperlukan jika menggunakan mikrofon analog yang berfungsi untuk mengkonversi audio analog menjadi digital.
  • Digital Audio Workstation: Perangkat lunak untuk mengedit rekaman agar hasilnya lebih halus.
  • Laptop atau Komputer: Digunakan untuk mengedit audio rekaman, melakukan pemotongan audio, dan pengeditan suara lainnya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Microphone Terbaik JETE untuk Bikin Konten

Cara Membuat Podcast di Spotify

Cara Membuat Podcast di Spotify
Sc: The Verge

Setelah mengetahui beberapa alat yang perlu dipersiapkan saat memulai podcast. Kini, saatnya kamu untuk langsung membuat podcast di Spotify. Proses ini melibatkan beberapa langkah yang perlu diikuti untuk memastikan podcast kamu siap didengarkan oleh banyak orang. Berikut selengkapnya!

1. Membuat Akun Spotify for Podcaster

Cara membuat podcast di Spotify yang pertama adalah mendaftar akun di situs resmi Spotify for Podcasters. Setelah mengisi informasi pribadi dan melakukan verifikasi akun melalui email yang dikirimkan oleh Spotify, kamu bisa memilih tipe podcast sesuai situasimu. Jika kamu sudah memiliki rekaman podcast di luar Spotify, pilih opsi “I have a Podcast“. Namun, jika kamu ingin memulai podcast baru, pilih opsi “I want to start a podcast“.

2. Tentukan Topik yang Akan Dibahas

Cara Membuat Podcast di Spotify
Sc: BukaReview

Setelah membuat akun, selanjutnya kamu bisa mulai menentukan topik bahasan yang sesuai dengan minat dan pemahamanmu. Pilihlah topik yang belum banyak dibahas oleh orang lain untuk memberikan kesan berbeda pada podcast. Selain itu, pastikan kamu menguasai topik yang dibahas agar konten podcast menarik dan informatif bagi pendengar.

3. Membuat Script Podcast

Jika kamu sudah menentukan topik yang akan dibahas. Berikutnya adalah menyusun script podcast sebagai panduan utama saat  melakukan rekaman audio agar tetap lancar. Selain itu, pastikan juga membuat narasi secara detail namun tetap fleksibel untuk melakukan improvisasi agar pembicaraan terdengar lebih alami dan menarik bagi pendengar.

Baca juga: 7 Peralatan Podcast Pemula Agar Konten Makin Berkualitas

4. Rekam Podcast

Cara Membuat Podcast di Spotify
Sc: Wave Video

Cara membuat podcast di Spotify selanjutnya adalah merekam podcast. Saat merekam podcast, pastikan semua peralatan sudah siap seperti mikrofon, laptop, audio interface, dan lainya. Setelah selesai merekam, kamu bisa memastikan terlebih dahulu apakah kualitas suara sudah baik dan jelas. Jika sudah, kamu bisa langsung ke tahap editing. Selain itu, pastikan juga file rekaman tidak melebihi 200 MB sebelum mengunggahnya di Spotify.

5. Lengkapi Informasi Podcast

Melengkapi informasi podcast juga penting untuk kamu lakukan. Adapun informasi tersebut meliputi judul, nama, dan deskripsi podcast. Biasanya, saat kamu akan upload podcast terdapat beberapa kolom yang harus kamu isi. Selain itu, kamu juga bisa membuat informasi dengan jelas dan singkat agar audiens merasa relevan dengan apa yang dicarinya.

6. Buat Sampul Podcast

Cara Membuat Podcast di Spotify
Sc: Fiver

Selain informasi podcast, kamu juga bisa membuat sampul podcast untuk menarik audiens. Untuk membuatnya, pastikan kamu menggunakan gambar dengan resolusi tinggi agar terlihat tajam dan profesional. Pastikan juga gambar memiliki rasio persegi (1:1) untuk memastikan tampilannya optimal. Dengan begitu, audiens akan tertarik untuk mengeksplor podcast kamu lebih lanjut.

7. Upload Podcast di Spotify

Jika beberapa cara sebelumnya sudah kamu lakukan, cara terakhir adalah mengunggah podcast ke Spotify. Adapun cara upload podcast di Spotify adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi halaman Spotify for Podcaster dan masuk dengan akun kamu.
  • Pilih “Get Started” di bagian “Submit your Podcast“.
  • Jika sudah membaca “Terms and Conditions“, tandai kotaknya dan klik “Continue“.
  • Isi link RSS feed pada tempat yang disediakan.
  • Masukkan judul dan cover podcast yang sudah kamu siapkan, kemudian lanjutkan dengan mengklik “Next“.
  • Tambahkan informasi seperti kategori, nama negara, bahasa, atau penyedia layanan di bagian “Add Podcast Info“. Setelah selesai, klik “Next“.
  • Pastikan untuk memeriksa kembali detail informasi dan podcast yang ingin kamu unggah sebelum mengklik “Submit“.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Podcast, Pemula Wajib Tahu!

Ketentuan Membuat Podcast di Spotify

Cara Membuat Podcast di Spotify

Perlu kamu perhatikan juga saat mempublikasikan podcast di Spotify, ada beberapa ketentuan yang perlu dipahami dan diikuti agar proses pengunggahan berjalan lancar dan konten kamu bisa diakses oleh pendengar dengan mudah. Adapun beberapa ketentuannya adalah sebagai berikut:

  • Format Audio: Berkas harus dalam format ISO/IEC 11172-3 MPEG-1 Bagian 3 (MP3) dengan bitrate 96 hingga 320 kbps.
  • Gambar Sampul: Gambar sampul harus memiliki rasio persegi (1:1) dan berformat PNG, JPEG, atau TIFF.
  • RSS Feed: Harus memiliki judul, gambar sampul, dan detail relevan untuk minimal 1 episode.
  • Judul Episode: Tidak boleh melebihi 20 karakter.
  • Karakter Spesial: Penulisan karakter spesial dalam judul dan deskripsi harus dalam bentuk HTML code.
  • Tag HTML: Tidak diperbolehkan menggunakan tag HTML lain seperti <bold>.
  • Durasi Episode: Tidak boleh melebihi 200 MB, setara dengan 83 menit pada bitrate 320 kbps atau lebih dari 200 menit pada bitrate 128 kbps.

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Podcast Terbaik Buat Kamu

Penutup

Gimana JETE Lovers? Jika kamu sudah siap untuk menjadi seorang podcaster, pastikan untuk mengikuti beberapa cara membuat podcast di Spotify yang sudah dijelaskan di atas ya! Kamu juga bisa menggunakan microphone terbaik dari JETE Indonesia yang tersebar di berbagai kota. Yuk dapatkan sekarang sebelum kehabisan!

Artikel terkait:

Juli 15, 2024

Juli 13, 2024

Juli 9, 2024

Juli 8, 2024

Juli 6, 2024

Juli 4, 2024

About the author, JETE Contributor