Apa Itu Wireless Charging? Ini Kelebihan & Cara Kerjanya

Februari

12

0 comments

JETE IndonesiaPerkembangan teknologi yang kian pesat menghadirkan fitur canggih berupa pengisian daya tanpa kabel atau juga disebut dengan wireless charging. Namun, sebenarnya apa itu wireless charging? Apa kelebihannya dibandingkan dengan pengisian daya menggunakan kabel? Bagaimana tips aman dan nyaman menggunakannya? Kamu bisa temukan semua jawabannya dalam artikel berikut ini. Let’s check it out!

Apa Itu Wireless Charging?

Definisi apa itu wireless charging
sc: Pexels

Secara umum, jika diterjemahkan dari bahasa Inggris maka wireless charging berarti pengisian daya tanpa kabel. Namun, masih banyak yang belum memahami teknologi ini secara keseluruhan. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Perlu diketahui, wireless charging pengisian daya dilakukan dengan memanfaatkan induksi elektromagnetik. Kemudian daya yang berasal dari transmitter dihubungkan oleh receiver pada perangkat smartphone. Namun demikian, produk wireless charger tidak bisa diperjual belikan dengan sembarangan. Ada standar tertentu yang harus dipenuhi demi memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna.

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Di Indonesia, produk wireless charger harus memenuhi standar PMA (Power Matter Alliance) dan standar Qi (dibaca ‘chee’). PMA merupakan wireless charger yang menggunakan teknologi induksi dari medan magnet. Sementara standar Qi memanfaatkan cara kerja induksi medan magnet dan teknologi dari resonansi medan magnet.

Baca juga: 9 Rekomendasi Charger Mobil Terbaik JETE Harga Terjangkau

Bagaimana Cara Kerja Wireless Charging?

Mengenal apa itu wireless charging dan cara kerjanya
sc: Pexels

Seperti yang sudah sedikit dibahas pada poin apa itu wireless charging, cara kerja teknologi ini memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik, yaitu menghasilkan arus listrik dari medan magnet yang berubah-ubah. Wireless charging station memiliki kumparan yang terhubung dengan sumber listrik.

Sama seperti generator maupun dinamo, teknologi wireless charger juga tidak membuat sumber listrik melainkan sebagai metode transfer daya. Wireless charger umumnya memanfaatkan dua buah kumparan. Kumparan pertama berfungsi sebagai pemancar medan magnet, sementara yang kedua menangkap perubahan fluks untuk memicu gaya gerak listrik.

Ketika terhubung dengan aliran listrik, maka akan terbentuk medan magnet di sekitarnya. Medan magnet ini kemudian ditangkap oleh kumparan lain yang ada pada smartphone. Kumparan tersebut juga terhubung dengan baterai smartphone. Arus listrik yang dihasilkan oleh medan magnet kemudian mengisi baterai smartphone secara nirkabel.

Baca juga: Layar HP Kedip-Kedip? Begini Cara Mengatasinya!

Kelebihan Wireless Charging

apa itu wireless charging dan kelebihannya
sc: Pexels

Setelah memahami apa itu wireless charging dan cara kerjanya, kini kamu perlu mengetahui apa saja kelebihan dari teknologi tersebut. Dibandingkan dengan pengisian daya menggunakan kabel, wireless charging lebih populer saat ini karena beberapa kelebihan berikut.

1. Minim risiko korsleting

Persis seperti namanya, wireless charger tidak memakai kabel sebagai konduktor listrik. Hal itu tentu lebih aman karena risiko sengatan listrik atau terjadinya korsleting dapat diminimalisir. Selain itu, risiko korsleting juga biasanya terjadi akibat lapisan kabel terkelupas. Dengan menggunakan wireless charger maka kamu bisa mengisi daya lebih aman dan nyaman, kan?

2. Port USB Perangkat Smartphone Lebih Awet

Kelebihan wireless charger berikutnya, yaitu memastikan port USB pada perangkat smartphone lebih awet. Pasalnya, kamu tidak perlu menghubungkannya dengan kabel seperti ketika mengisi daya dengan menggunakan charger konvensional. Menariknya, masa pemakaian smartphone pun jadi lebih awet. Kamu tak perlu khawatir harus ganti smartphone baru karena kerusakan pada port USB.

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Charger Hp yang Tidak Mengisi, Jangan Langsung Dibuang!

3. Praktis dan Mudah Digunakan

Teknologi pengisian daya tanpa kabel ini lebih praktis dan mudah digunakan kapan saja dan di mana saja. Kamu pun tak perlu repot lagi membawa kabel panjang ketika bepergian. Termasuk mencari sumber energi atau stop kontak. Kamu bisa mengisi ulang daya baterai hanya dengan meletakkan smartphone di pad charging lalu tunggu sampai baterai terisi penuh. Tidak perlu lagi memeriksa kabel setiap kali pengisian.

Penutup

Itulah tadi yang bisa kamu pelajari tentang apa itu wireless charging, cara kerja, juga kelebihannya dibandingkan dengan pengisi daya konvensional yang menggunakan kabel. Salah satu produk pengisi daya tanpa kabel terbaik yang bisa kamu bawa kemana saja, yaitu Powerbank Wireless JETE A11. Dengan kapasitas 10.000 mAh, powerbank ini cocok untuk kamu yang punya mobilitas tinggi. Baterai juga lebih awet dan tahan lama. Dapatkan produk original Powerbank Wireless JETE A11 hanya di official store JETE Indonesia. Tunggu apalagi? Check out sekarang juga!

Artikel terkait:

April 24, 2024

Maret 28, 2024

Maret 27, 2024

Maret 16, 2024

Februari 28, 2024

Februari 27, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb