Kenapa HP Tidak Bisa Buka Link? Ini Penyebabnya!

Februari

13

0 comments

JETE Indonesia – Apakah kamu pernah berada di situasi ketika HP tidak bisa membuka link tertentu? Kejadian seperti ini pasti sempat bikin bingung dan frustasi. Sebenarnya, ada beberapa penyebab kenapa HP tidak bisa buka link tertentu. Mulai dari jaringan yang kurang stabil, terdapat masalah pada perangkat, dan lain-lain. Setiap faktor penyebab, memiliki cara penanganan masing-masing. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasi link yang tidak bisa dibuka di HP. Simak baik-baik, ya! 

Penyebab Kenapa HP Tidak Bisa Buka Link 

Cara Mengatasi Link yang Tidak Bisa Dibuka di HP
SC: Freepik

Ketika menerima pesan berupa link dari teman, terjadi suatu masalah sehingga kamu tidak bisa membuka tautan tersebut. Mungkin kamu sempat merasa bingung, kenapa HP tidak bisa buka link tertentu. Ternyata, ada beberapa alasan umum yang menjadi penyebab HP tidak dapat membuka tautan. Berikut beberapa alasannya:

1. Jaringan yang Kurang Stabil 

Dalam beberapa kasus, jaringan internet yang kurang stabil bisa menjadi penyebab HP tidak bisa membuka tautan. Jaringan yang terputus-putus akan membuat aksesnya ditolak oleh server sehingga menyebabkan error. Kamu tentu merasa bingung dan frustasi jika tautan tersebut berisi informasi penting. Pastikan sinyalnya stabil dan perangkat tetap terhubung dengan internet tanpa hambatan. Ini akan meminimalkan potensi error ketika membuka tautan. 

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

2. Server Link Down 

Terkadang, keberhasilan dalam mengakses tautan pada HP terhambat oleh server link yang bersangkutan. Terjadinya error ketika membuka tautan, dapat dialami ketika server tersebut sedang mengalami masalah, mulai dari kesibukan yang tinggi hingga downtime. Ketika server link sedang sibuk atau tidak berfungsi, perangkat mungkin mengalami kesulitan dalam mengakses tautan. Jadi, jangan lupa memperhatikan faktor ini, ya. 

3. Browser Belum Update 

Ketika peramban atau browser pada perangkat Anda belum ter-update, maka bisa menjadi penyebab kenapa HP tidak bisa buka link atau tautan. Perangkat lunak yang tidak ter-update mungkin tidak mampu dalam menangani permintaan terbaru dari situs web atau aplikasi. Inilah yang mengakibatkan timbulnya bug atau kerentanan keamanan. Oleh karena itu, selalu lakukan update berkala agar tidak terjadi masalah atau error

4. Penyimpanan Internal Penuh 

Saat kamu merasa butuh waktu yang lama untuk membuka tautan, bisa jadi disebabkan oleh penyimpanan internal perangkat yang  hampir penuh. Terbatasnya ruang penyimpanan internal bisa memperlambat kecepatan operasional perangkat, terutama saat mengakses dan memuat data dari internet. Penting untuk mengelola dan membersihkan penyimpanan internal secara rutin untuk memastikan tersedia ruang yang cukup untuk kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Hang, Freeze, dan Lag!

Cara Mengatasi Link yang Tidak Bisa Dibuka di HP 

Kenapa HP Tidak Bisa Buka Link Tertentu?
SC: Freepik

Link adalah penghubung antar-halaman situs dengan situs lain atau domain satu dengan yang lain. Umumnya, link terdiri dari empat jenis, yaitu Internal Link, Inbound Link, Outbound Links, dan Link Dua Arah. Namun, terkadang terjadi masalah yang membuat pengguna tidak bisa membuka sebuah tautan. Berikut beberapa cara mengatasi link yang tidak bisa dibuka di HP yang bisa kamu terapkan sendiri. Simak selengkapnya! 

1. Periksa Pengaturan Jaringan 

Pastikan sambungan internet di HP-mu tetap stabil dan terkoneksi dengan baik, ya. Kalau merasa kesulitan membuka tautan, coba untuk mengganti jaringan atau sinyal. Pastikan HP-mu terhubung ke jaringan dan sinyal yang kuat. Terkadang, penyebab kenapa HP tidak bisa buka link terjadi karena jaringan yang kurang stabil. Jadi, coba gunakan jaringan alternatif untuk melihat apakah masalahnya ada di situ. 

2. Periksa Pengaturan Keamanan 

Pastikan bahwa pengaturan keamanan di browser-mu tidak memblokir tautan atau link “https”. Caranya bisa dengan membuka pengaturan privasi dan keamanan di browser. Kemudian lihat apakah akses ke situs yang ingin kamu kunjungi sudah diizinkan. Periksa juga opsi keamanannya tidak menghambat tautan yang menggunakan protokol “https”. Pengaturan tersebut bisa mempengaruhi kemampuan browser untuk membuka tautan dengan aman. 

Baca Juga: Mengenal 10 Jenis Kabel Data yang Perlu Kamu Tahu

3. Hapus Cache dan Data Browser 

Cache aplikasi peramban yang menumpuk bisa bikin HP jadi tidak bisa membuka link atau muncul error. Membersihkan cache seringkali ampuh untuk mereset informasi yang disimpan oleh peramban. HP juga terasa lebih ringan dan kemungkinan besar bisa membuka link dan browsing tanpa hambatan. Berikut langkah-langkah untuk mengatasi link yang tidak bisa dibuka di HP: 

  1. Buka aplikasi peramban yang dipakai, misalnya seperti Google Chrome
  2. Masuk ke pengaturan peramban (settings)
  3. Cari menu ‘Privacy and Security’ 
  4. Ketuk ‘Clear browsing data’ dan atur bagian ‘Time range’ menjadi ‘All time’
  5. Isi centang ‘Cookies and site data’ dan ‘Cached images and files’
  6. Sekarang tap ‘Clear data’
  7. Selesai. Cache pada aplikasi peramban telah dihapus! 

4. Tutup Paksa Aplikasi Peramban dan Buka Kembali 

Cara mengatasi link yang tidak bisa dibuka di HP berikutnya, yaitu dengan menutup paksa aplikasi peramban atau browser ketika terjadi error pada tautan. Solusinya mudah, kamu bisa mengetuk tombol garis tiga di layar, lalu usap aplikasi peramban ke arah atas. Setelah itu, buka peramban kembali dan cek apakah link yang tadinya bermasalah sudah bisa dibuka atau belum. Langkah simpel seperti ini cukup ampuh untuk membuat peramban kembali berfungsi dengan baik. 

5. Mengatur Ulang Preferensi Aplikasi 

Jika link masih tidak bisa dibuka, coba atur ulang preferensi aplikasi di HP-mu. Mengatur ulang preferensi bisa memberikan kesempatan pada HP untuk ‘refresh’ pengaturan. Selain itu juga memungkinkan untuk menyelesaikan masalah yang ada. Jangan ragu mencoba langkah ini karena bisa membuat perbedaan besar dalam kinerja perangkat dan kemampuannya membuka link dengan lancar. Berikut cara yang bisa kamu lakukan: 

  1. Buka Pengaturan
  2. Masuk ke menu ‘Aplikasi’ lalu ketuk ‘See All‘ untuk membuka semua aplikasi
  3. Muat ulang preferensi Aplikasi, ketuk titik tiga dan klik ‘Reset App Preferences‘. Pada jendela konfirmasi, ketuk ‘Reset apps’ 
  4. Selesai, tautan bisa kembali dibuka dan masalah dapat teratasi! 

Baca Juga: Google Chrome di HP Lemot? Ini 5 Cara Ampuh Untuk Mengatasinya!

Penutup 

HP murah ram besar, Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone (1)
sc: JETE

Itulah beberapa penyebab kenapa HP Tidak bisa buka link atau tautan tertentu. Selain memastikan jaringannya stabil, kamu juga perlu memeriksa bahwa tidak ada kerusakan fisik yang dapat mempengaruhi kinerja HP. Jika kamu sering memindahkan data, gunakan kabel data dengan kualitas baik dari JETE. Kualitas kabel data yang baik sangat mempengaruhi kecepatan transfer data dan kenyamanan penggunaan sehari-hari. Semoga bermanfaat! 

Artikel terkait:

Juni 20, 2024

Juni 19, 2024

Juni 18, 2024

Juni 14, 2024

Juni 13, 2024

Juni 10, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb