Artificial Intelligence: Pengertian dan Manfaatnya untuk Kehidupan

Februari

7

0 comments

JETE Indonesia – AI atau kecerdasan buatan merujuk pada program komputer yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia. AI memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan, berpikir secara logika, dan lain sebagainya. Keterampilan AI dapat menjalankan tugas-tugas kompleks yang sebelumnya melibatkan manusia, salah satunya berkomunikasi. Lalu, apa itu AI atau Artificial Intelligence dan apa saja manfaatnya? Simak pembahasan berikut! 

Apa Itu AI? 

Apa Itu AI
SC: Freepik

Kecerdasan buatan atau AI merupakan bidang ilmu komputer yang didesain khusus untuk memecahkan masalah kognitif terkait kecerdasan manusia. Beberapa contoh penggunaan AI di kehidupan sehari-hari yaitu mampu merespon percakapan manusia dan membuat gambar serta teks asli. Selain itu, AI juga bisa digunakan untuk kemajuan bisnis, terutama dalam membuat inovasi.

Baca Juga: 7 Rekomendasi AI Untuk Pelajar dan Mahasiswa Terbaik Wajib Tahu

Bagaimana Cara Kerja AI? 

Bagaimana Cara Kerja AI
SC: Freepik

AI terus berkembang seiring dengan kecanggihan teknologi. AI memerlukan dasar perangkat keras dan perangkat lunak untuk melatih algoritma dari machine learning. Arti dari machine learning yaitu sistem komputer yang tidak hanya diinstruksikan untuk melakukan tugas tertentu, tapi juga diprogram untuk belajar beradaptasi dari pengalaman. 

AI tidak memiliki bahasa pemrograman yang identik. Namun, bahasa seperti Python, R, Java, C++, dan Julia begitu populer untuk pengembangan AI karena memiliki fitur yang lebih banyak. Keunggulan sistem AI, yaitu dapat mengonsumsi sejumlah besar data, kemudian melakukan analisa untuk mengidentifikasi antara korelasi dan pola. Cara kerja dari kecerdasan buatan ini berfokus pada keterampilan kognitif yang mencakup beberapa hal sebagai berikut: 

  1. Pembelajaran: Aspek pemrograman AI berfokus pada pengumpulan data dan membuat aturan untuk mengubahnya menjadi informasi. Aturan ini disebut dengan algoritma, yang memberikan petunjuk berupa langkah demi langkah utnuk menyelesaikan tugas tertentu.
  2. Penalaran: Aspek ini berfokus pada pemilihan algoritma yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan.
  3. Autokoreksi: Aspek yang dirancang untuk menyempurnakan algoritma secara terus-menerus dan memberikan hasil seakurat mungkin. 
  4. Kreativitas: Aspek kecerdasan buatan ini menggunakan sistem berbasis aturan, metode statistik, dan teknik AI lainnya untuk menghasilkan gambar, teks, musik, dan berbagai ide baru.

Baca Juga: 8 Produk AI dari Google untuk Kemudahan dalam Bekerja!

Apa Manfaat dari Artificial Intelligence

Salah satu keunggulan dari AI yaitu mampu memproses sejumlah besar data dengan cepat dan membuat prediksi lebih akurat daripada yang dilakukan oleh manusia. Cara kerja inilah yang membuat AI memiliki manfaat signifikan di sejumlah industri. Penggunaan AI bahkan bisa kamu temukan di sektor kesehatan, keuangan, marketing, dan lain sebagainya. Berikut beberapa manfaat adanya artificial intelligence.

1. Meningkatkan Efisiensi Bisnis 

Meningkatkan Efisiensi Kerja
SC: Freepik

Teknologi AI bisa bekerja setiap saat tanpa mengurangi performa. Berbeda dengan manusia, AI bisa melakukan tugas manual tanpa kesalahan. Kamu dapat mengandalkan AI untuk fokus melakukan tugas yang berulang. Keberadaan AI sangat membantu meringankan beban kerja karyawan sekaligus membuat pekerjaan menjadi lebih sederhana.

2. Pengambilan Keputusan yang Lebih Cerdas

Artificial Intelligence
SC: Freepik

Hasil yang diberikan oleh AI dalam pengambilan keputusan, lebih akurat daripada yang bisa dilakukan oleh manusia. Sebab, cara kerja AI menggunakan machine learning untuk menganalisis data dalam jumlah besar dan cepat. Setelah data dianalisis, AI membantu menyarankan tindakan yang harus dilakukan di masa mendatang.

3. Memecahkan Masalah yang Kompleks

Memecahkan Masalah Komoleks
SC: Freepik

AI bekerja dengan menggunakan machine learning dan jaringan deep learning layaknya otak manusia. Artificial Intelligence mampu memproses informasi dalam skala besar, menemukan pola, mengidentifikasi, dan memberikan jawaban. Kecerdasan buatan bisa menyelesaikan masalah di berbagai bidang, mulai dari deteksi penipuan, diagnosa medis, hingga analitik bisnis.

4. Berbisnis Secara Otomatis

Artificial Intelligence di Berbagai Bidang
SC: Freepik

Serupa dengan kemampuan manusia, AI bisa dilatih dengan machine learning untuk melakukan tugas dengan tepat dan cepat. Kamu bisa memanfaatkan kecerdasan buatan ini untuk meningkatkan efisiensi operasional secara otomatis yang sulit untuk dilakukan oleh karyawan. Sehingga, sumber daya manusia dapat digunakan untuk pekerjaan yang lebih kompleks. 

Baca Juga: Semua Tentang AI Gemini yang Wajib Kamu Tahu!

Seberapa Penting AI di Kehidupan Kita? 

Peran AI di Kehidupan
SC: Freepik

AI dapat mengubah cara kita hidup, bekerja, ataupun bermain. AI banyak digunakan dalam dunia bisnis untuk melakukan berbagai tugas, seperti pekerjaan customer service, mendeteksi penipuan, dan mengontrol kualitas. Kecerdasan buatan bisa memberikan wawasan baru tentang operasional yang mungkin belum diketahui sebelumnya. Sehingga, pekerjaan lebih cepat terselesaikan. 

Penutup

Ternyata, AI bisa membawa banyak manfaat di kehidupan kita, salah satunya dalam meringankan beban pekerjaan yang cukup kompleks. Itulah pengertian tentang Artificial Intelligence dan cara kerjanya. Menjalankan AI butuh perangkat yang mumpuni. Agar perangkat yang kamu gunakan bisa bertahan lebih lama, gunakan powerbank dan charger fast charging dari JETE!

Artikel terkait:

Februari 13, 2024

Februari 7, 2024

Januari 29, 2024

Januari 24, 2024

Januari 23, 2024

Januari 19, 2024

About the author, JETE Contributor