Layar HP Kedip-Kedip? Begini Cara Mengatasinya!

Oktober

25

0 comments

JETE IndonesiaHP tidak sekadar digunakan sebagai alat komunikasi. Namun seiring berkembangnya teknologi dan fitur yang dimilikinya, kerap kali HP dijadikan sebagai perangkat mendukung fungsi teknologi digital. Dengan semua kemudahan yang ditawarkan, terkadang HP juga bisa mengalami masalah. Salah satunya masalah pada layar HP yang kedip-kedip. 

Layar HP yang berkedip ketika digunakan biasanya disebabkan oleh banyak faktor, seperti adanya gangguan pada layar, adanya masalah pada CPU, hingga software yang bekerja secara tidak optimal. Nah, buat kamu yang mengalami masalah seperti ini, ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

Cara Mengatasi Layar HP Kedip-kedip

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi layar HP kedip-kedip untuk JETE Lovers! 

JETE Special Offer dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

1. Nonaktifkan Kecerahan Otomatis

layar hp kedip kedip kecerahan

Tingkatan layar yang cerah kerap menjadi salah satu penyebab layar HP menjadi kedip-kedip. Sebab, fitur tersebut beroperasi menyesuaikan layar HP terhadap kondisi cahaya di sekitar. Oleh karena itu, kamu perlu menonaktifkan kecerahan otomatis jika tidak ingin layar HP berkedip. Berikut caranya:

  • Buka menu “Pengaturan
  • Pilih “Tampilan
  • Klik opsi “Kecerahan
  • Pilih “Nonaktifkan Kecerahan Layar Otomatis

Untuk mengatur kecerahannya, kamu bisa atur ke angka 40% sampai 60%. Sebisa mungkin jangan atur sampai full, agar menghindari masalah layar shadow, terutama untuk HP keluaran baru. Kalau kamu mengembalikan pengaturan kecerahan ini ke mode otomatis, mungkin nanti masalah kedipnya akan kembali lagi. Jadi, coba tunggu sekitar 2 sampai 3 hari, maka akan hilang dengan sendirinya.

Baca juga : Layar Monitor Tidak Full? Ini Tips Mengembalikannya!

2. Restart HP

layar hp kedip kedip reboot

Selanjutnya, untuk mengatasi layar HP yang berkedip kamu bisa melakukan dengan cara restart HP. Cara ini dinilai efektif untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada software atau aplikasi yang tidak berjalan dengan baik, termasuk pada layar HP kedip-kedip. Selain itu, dengan me-restart HP juga bisa menyegarkan komponen memori HP ketika kinerja HP melambat.

3. Beralih ke Safe Mode

layar hp kedip kedip safemode
sc : Samsung

Jika kedua cara diatas tidak bekerja dengan baik dan layar HP kamu masih berkedip, cobalah untuk beralih ke Safe Mode selama beberapa jam. Dengan ini akan memungkinkan kamu menggunakan HP tanpa aplikasi dan layanan dari pihak ketiga. Berikut cara masuk ke Safe Mode:

  • Tekan dan tahan tombol “Power
  • Pilih opsi “Reboot” ke Safe Mode
  • Tekan tombol kombinasi, seperti “Power+Volume Up“, “Power+Volume down“, atau “Power+Volume Up+Volume Down

4. Mematikan Overlay HW

layar hp kedip kedipoverlay hw
sc : Realme Coummunity

Dengan cara ini ternyata bisa mengatasi layar HP kedip-kedip hingga mampu meningkatkan performa HP Android yang digunakan. Pasalnya, layar HP kini memanfaatkan lebih sedikit memori untuk menampilkan gambar dan tampilan dari aplikasi yang berjalan. Untuk menggunakannya ikuti cara berikut. 

  • Buka “Setelan
  • Pilik opsi “Pengembang
  • Geser ke bawah untuk mencari kolom “Rendering
  • Centang pada opsi “Nonaktifkan Overlay HW

Baca juga : Apa itu Wipe Data? Pengertian, Fungsi, dan Caranya!

5. Berhenti Menggunakan HP Ketika Panas

layar hp kedip kedip matikan hp
sc : BukaReview

Beberapa HP ketika panas suhunya bisa terasa sampai ke bagian layar. Hal tersebut yang mengakibatkan munculnya masalah layar (backlight) kedip-kedip.Biasanya sering terjadi pada HP dengan jangka pemakaian ebih dari 1-2 tahun di mana kondisi komponen sudah mulai melemah.

Untuk mengatasi hal seperti ini, tentu saja kamu harus berhenti sementara menggunakan HP untuk menstabilkan suhunya. Ikuti beberapa tips berikut:

  • Saat HP terasa hangat, langsung iatirahatkan HP dengan tombol power 
  • Jangan cas HP terlalu lama, karena sering kali membuat suhu komponen meningkat
  • Gunakan charger yang original atau sebisa mungkin bawaan dari HPnya
  • Jika layar HP mulai berkedip di saat suhu meningkat, coba matikan (power off) dan tunggu beberapa saat

6. Periksa Hardware yang Rusak

layar hp kedip kedip periksa hardware
sc : Servisin Kuy

Jika semua cara di atas sudah dicoba, namun tidak ada satu pun yang berhasil, maka kemungkinan besar permasalahan HP yang kedip-kedip disebabkan oleh hardware-nya yang rusak. Dalam hal ini, kamu dapat membawa HP ke tempat servis atau menghubungi pusat layanan HP untuk memperbaiki masalah tersebut. Namun setelah dibawa ke tempat servis hasilnya tidak memuaskan maka bukanlah ide yang buruk untuk beralih menggunakan perangkat yang baru.

Baca juga : Kenapa Wi-Fi Tidak Ada Internet? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penutup

layar hp kedip kedip end
sc : kliksumut.com

Nah, itu tadi adalah beberapa cara untuk mengatasi layar HP kedip-kedip, JETE Lovers! Jika kamu sering menggunakan smpartphone namun baterai cepat habis saat berada di luar ruangan, jangan lupa gunakan powerbank dari JETE sebagai solusinya Kamu bisa mendapatkan semua produk JETE di sini! Untuk promo produk yang berlaku, follow Instagram JETE Indonesia di HP-mu sekarang juga. Selamat mencoba!


Penulis : Putri Nurul Iman
Editor : Irfantoni Listiyawan

Artikel terkait:

April 20, 2024

April 10, 2024

Maret 25, 2024

Maret 19, 2024

Maret 6, 2024

Februari 27, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Special Offer" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb