7 Penyebab Kebocoran Data, Wajib Diketahui!

JETE IndonesiaData di era digital adalah hal penting yang wajib dilindungi. Sebab, tak jarang kebocoran data dapat berimbas pada aktivitas seseorang. Ada beberapa penyebab kebocoran data yang umum dialami oleh masyarakat di Indonesia dan di manapun berada. Mulai dari masalah kejahatan siber, aplikasi, hingga kesalahan individu itu sendiri.

Penyebab Kebocoran Data

Berikut di antaranya yang wajib diketahui dan dihindari:

1. Perangkat Hilang

Penyebab utama yang sering terjadi adalah karena perangkat atau gadget hilang. Padahal, gadget atau smartphone tersebut berisi data-data penting. Ketika gadget atau smartphone tersebut ditemukan dan berada pada orang yang salah, maka mereka pun akan dengan mudah mengakses data-data penting. Hal seperti ini akan membuat kasus semakin sulit ditangani.

Baca juga: 5 Cara Melindungi Data Pribadi Saat Transaksi Online

2. Penyebab Kebocoran Data – Phising

Kedua yakni tindakan Phising yang cukup sering terjadi dalam kasus pencurian data. Bahkan, di berbagai penjuru dunia Phising menjadi salah satu serangan siber yang sangat diwaspadai. Khususnya dalam mencuri data perbankan dan keuangan milik seseorang. Misalnya dengan mencuri data kartu kredit dan lain sebagainya.

3. Aplikasi Abal-Abal

Ketiga, apakah Anda sering megunduh aplikasi tertentu yang tidak jelas? Sebaiknya, hal ini wajib dihindari. Sebab, aplikasi bisa jadi sebagai sarana para pembajak mencuri data. Ini sering terjadi pada aplikasi pihak ketiga dan aplikasi yang tidak resmi. Selain itu, aplikasi yang jarang update pun bisa jadi sasaran para hacker untuk mencuri data Anda.

4. Penyebab Kebocoran Data – Serangan Siber

Keempat, bocornya data seseorang dan lembaga bisa terjadi karena adanya serangan siber yang berbahaya. Kasus yang cukup sering terjadi adalah mailicious software atau malware. Caranya adalah dengan menyusup masuk ke dalam sistem komputer dan mencuri data penting di dalamnya. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan anti-virus yang terpercaya.

Baca juga: Cara Mudah Melindungi Data Pribadi Agar Tidak Bocor

5. Tautan Berbahaya

Penyebab kebocoran data yang kelima adalah tindakan social engineering. Dimana kasusnya adalah memanimpulasi data sensitif dengan penyamaran. Sebagai contohnya, mengisi data lengkap dengan mengklik tautan berbahaya. Padahal, walau link tersebut terlihat meyakinkan namun itu hanya pancingan saja.

6. Kredensial Lemah

Keenam yakni mengenai masalah kredensial. Kredensial ini adalah sistem yang mengamankan akses Anda ketika mengakses data. Misalnya saja seperti password yang terlalu lemah. Contohnya password yang menggunakan tanggal lahir dan lainnya. Hal itu mudah ditebak oleh hacker.

7. Human Error

02. melindungi data pribadi, data pribadi

Terakhir, penyebab kebocoran data selain dikarenakan aplikasi dan lainnya bisa jadi karena kelalaian manusia itu sendiri. Misalnya saja Anda mengirim email untuk penerima yang salah, dokumen hilang, hingga memberikan akses penting namun tidak mengetahui risikonya. Walaupun tidak disengaja dan tidak bermaksud jahat, namun jika data tersebut jatuh di tangan yang salah pun berisiko tinggi pada penyelewengan data untuk melanggar hukum.

Baca juga: Begini Cara Backup WhatsApp Agar Data Aman

Penutup

Nah, itu dia JETE Lovers penyebab kebocoran data yang sering terjadi dan disadari atau tidak mungkin Anda juga pernah melakukannya. Oleh karena itu, mulai saat ini lakukanlah tindakan ekstra untuk menjaga keamanan data penting. Misalnya dengan keamanan dua langkah pada gadget. Jangan lupa juga untuk selalu mengganti password dan PIN secara berkala, ya!

× WhatsApp