6 Rekomendasi Plugin ChatGPT Terbaik!

Maret

14

0 comments

JETE Indonesia – ChatGPT adalah kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) yang cara kerjanya memakai format percakapan atau tulisan yang disebut sebagai prompt. Namun dibalik itu semua, kamu harus ingat bahwa ChatGPT tidak sekadar tentang menuliskan suatu prompt. ada beberapa plugin terbaik yang dapat membantu kamu dalam menggunakan ChatGPT. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya, JETE Lovers!

Apa Itu Plugin ChatGPT?

apa itu plugin
sc: Ars Technica

Fitur Plugin adalah ekstensi dari pihak ketiga yang dirancang untuk memperluas fungsionalitas ChatGPT. OpenAI merilis fitur tersebut di dalam layanan generative AI (artificial intelligence) chatbot populernya, yaitu ChatGPT. Fitur ini pertama kali dirilis pada tanggal 27 Maret 2023.

Menurut OpenAI, fitur tersebut dirancang khusus untuk model bahasa dengan keamanan sebagai prinsip utama, dan membantu ChatGPT mengakses informasi terkini, menjalankan komputasi, atau menggunakan layanan dari pihak ketiga. Namun perlu juga diketahui bahwa fitur Plugin ChatGPT hanya tersedia untuk model GPT-4, artinya kamu perlu berlangganan ChatGPT Plus untuk mengaksesnya.

Fungsi utama dari fitur Plugin adalah untuk membawa informasi yang lebih berguna ke dalam ChatGPT, membuatnya menjadi lebih berguna. Kamu bisa menggunakannya untuk berinteraksi dengan aplikasi, layanan, dan perusahaan eksternal untuk membuat pengaturan perjalanan, memesan meja di restoran, memesan pesan-antar makanan, melamar pekerjaan, bermain game, atau mempelajari bahasa baru.

Baca juga: 4 Cara Menghubungkan Chat GPT ke WhatsApp!

Plugin ChatGPT Terbaik

ChatGPT terus mencapai tingkatan baru dengan hadirnya beberapa fitur yang luar biasa dan salah satu contohnya adalah dengan adanya fitur plugin. Namun, tahukah kamu jika ada beberapa plugin terbaik di ChatGPT bisa lebih membantu pekerjaan kamu? Berikut ini adalah beberapa plugin ChatGPT yang wajib kamu ketahui dan bisa kamu coba.

1. Prompt Perfect 

prompt perfect
sc: Instant AI Prompt

Prompt Perfect adalah salah satu plugin ChatGPT terbaik yang memungkinkan pengguna menulis prompt sempurna untuk chatbot AI. Jika kamu tidak mampu melakukannya, jangan khawatir. Karena plugin Prompt Perfect bisa membantumu untuk membuat prompt yang sempurna. 

Untuk memulai, kamu harus memasukkan prompt untuk hal apapun yang ingin kamu tanyakan pada bot AI terlebih dahulu. Contohnya adalah kamu mau ChatGPT untuk mereview cerita dari film “Taken”, maka kamu tinggal tulis prompt nya dulu, baru nanti chatbot AI akan bekerja.

Namun, kamu harus menulis kata “perfect” dulu sebelum menuliskan prompt yang kamu inginkan. Setelah selesai, plugin akan menulis ulang seluruh prompt agar prompt nya jadi lebih detail untuk ChatGPT. Ini bisa membantu chatbot AI untuk memberikan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan kamu. Selain itu, plugin ini tidak memerlukan intervensi lain dan bersifat plug-and-play

2. WebPilot

webpilot
sc: ChatGPT Plugins

WebPilot adalah plugin sumber terbuka serbaguna yang memfasilitasi interaksi lancar dengan halaman web, yang mana kamu bisa berinteraksi dengan konten online. Melalui WebPilot, kamu dapat memasukkan URL dan meminta berbagai interaksi atau ekstraksi informasi terkait dengan konten di halaman, termasuk juga penulisan ulang, penerjemahan, dan banyak lagi.

Meskipun plugin browsing menyediakan akses ke mesin pencari internet, WebPilot mengambil langkah lebih jauh dengan mengaktifkan interaksi dengan satu atau beberapa halaman web. Dengan plugin ini, kamu bisa mempelajari topik tertentu, mencari hasil penelitian, atau memulai perjalanan pembelajaran interaktif tentang subjek baru.

Keuntungan dari WebPilot adalah dapat mengelola beragam permintaan untuk berinteraksi dengan halaman web, mengekstraksi informasi berharga, dan merubah konten seperti menulis ulang atau menerjemahkan. Kamu bisa menyederhanakan dan mengotomatiskan berbagai tugas umum berbasis web, sehingga kamu tidak memerlukan dialog bolak-balik berkepanjangan yang ada pada ChatGPT.

Baca juga: 7 Rekomendasi AI untuk Pelajar dan Mahasiswa Terbaik, Wajib Tahu!

3. OpenTable

opentable
sc: Gold Penguin

Salah satu plugin ChatGPT terbaik yang bisa kamu gunakan adalah OpenTable untuk pemesanan restoran dengan cepat dan lancar saat bepergian. Plugin ChatGPT ini juga memastikan bahwa kamu bisa memesan dengan upaya sesedikit mungkin. 

Oleh karena itu, untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menyediakan semua persyaratan dasar yang dibutuhkan kepada ChatGPT, seperti tanggal, waktu, lokasi, dan jumlah orang sehingga semua data tersebut dapat diproses.

Plugin kemudian mengambil informasi dan secara otomatis menemukan restoran tertentu. Tautan yang disediakan oleh plugin bahkan mengarah ke detail pemesanan yang sudah diisi sebelumnya, menjadikannya salah satu plugin ChatGPT terbaik untuk kenyamanan pemesanan restoran.

4. Wolfram

wolfram
sc: Stephen Wolfram Writings

Meskipun mungkin agak teknis bagi sebagian pengguna, plugin Wolfram ChatGPT adalah salah satu yang terbaik karena kemampuannya yang canggih. Plugin Wolfram ChatGPT adalah alat canggih yang dapat meningkatkan kemampuan ChatGPT dengan menyediakan akses ke berbagai pengetahuan, komputasi, dan visualisasi melalui platform Wolfram Alpha dan Wolfram Language.

Salah satu keunggulan plugin Wolfram adalah perhitungan matematis yang presisi. Fitur ini terbukti sangat berharga bagi ChatGPT ketika menjawab pertanyaan kompleks atau memecahkan rumus matematika. Selain itu, didukung oleh data tingkat lanjut, Wolfram memungkinkan kamu untuk mengakses komputasi tingkat lanjut dan data real-time untuk menyelesaikan semua jenis pertanyaan.

Karena itu, setelah kamu menginstal plugin ini, maka kamu dapat menggunakan ChatGPT untuk memanfaatkan sumber daya yang luas dari Wolfram Knowledgebase, yang mencakup semua jenis topik, seperti contohnya sains, teknologi, geografi, astronomi, sejarah, dan budaya.

5. Kayak

kayak
sc: whatplugin.ai

Kayak merupakan plugin ChatGPT yang populer di kalangan wisatawan yang mencari penerbangan, hotel, atau persewaan mobil. Sebagai salah satu plugin terbaik untuk perencanaan perjalanan dengan ChatGPT. Kayak memungkinkan kamu untuk dengan mudah memesan penerbangan dan hotel serta mendapatkan rekomendasi perjalanan untuk semua kebutuhan perencanaan perjalanan mereka. 

Namun sebelumnya, kamu perlu menuliskan rincian dasar yang diperlukan seperti asal, tujuan, kedatangan, dan waktu keberangkatan. Jelaskan jenis informasi yang kamu inginkan dan kapan kamu butuh penerbangan, kamar hotel, atau mobil sewaan.

Setelah selesai, Kayak akan memandu kamu melalui banyak pilihan penerbangan yang tersedia dari lokasi kamu. AI juga akan menjelaskan pilihan Anda, mencantumkan harga dan menawarkan link ke situs web Kayak yang mana kamu bisa memesan barang yang kamu butuhkan.

6. Zapier

zapier
sc: whatplugin.ai

Dibuat untuk menghilangkan dan memudahkan alur kerja yang tidak perlu, Zapier adalah salah satu plugin ChatGPT terbaik untuk pekerja profesional serta spesialis marketing. Dengan plugin ini, kamu bisa dengan mudah menghubungkan hingga ribuan aplikasi, dan menjalankan tugas langsung di dalam ChatGPT. Kamu cukup meminta ChatGPT untuk menjalankan tugas di aplikasi lain atas nama Anda.

Dengan Zapier, kamu bisa berinteraksi dengan lebih dari 5.000 aplikasi kerja yang berbeda tanpa perlu melakukan langkah tambahan. Ini mencakup semua aplikasi utama seperti Gmail, MS Outlook, Slack, dan banyak lagi. Kamu cuma perlu menyelesaikan koneksi satu kali dan menyetujui beberapa tindakan.

Setelah selesai, kamu bisa buat draft di seluruh email atau mengirim pesan Slack yang mendalam langsung dari ChatGPT. Zapier kemudian bekerja sama dengan ChatGPT untuk melakukannya dan juga memungkinkan pengguna mengedit tindakan mereka.

Baca juga: 8 Produk AI dari Google untuk Kemudahan dalam Bekerja!

Pakai ChatGPT Jadi Makin Gampang Bareng JETE

Itulah deretan plugin ChatGPT terbaik yang wajib kamu ketahui dan bisa kamu coba. Gimana? Apakah tertarik untuk mencobanya? Agar kamu bisa mengetikkan prompt dengan nyaman, kamu bisa menggunakan keyboard terbaik yang tersedia di JETE Store. Yuk! tunggu apa lagi? Nikmatilah kegiatan menggunakan ChatGPT dengan JETE yang bisa buat pekerjaanmu jadi lebih mudah!

 

Penulis: Fedrick Chandra – (Petra Christian University)
Editor: Irfantoni Listiyawan

Artikel terkait:

April 16, 2024

April 15, 2024

April 13, 2024

April 12, 2024

April 11, 2024

April 10, 2024

About the author, JETE Contributor